Tahura Sultan Adam Mandiangin

Hari Minggu kemarin, yang awal nya cuma mau ngikut suami yang cek ricek kerjaan di lapangan Murjani Banjarbaru berlanjut touring ke Tahura Sultan Adam Mandiangin. Dari daerah Kertak Hanyar Banjar, kawasan Tahura ini berjarak kurleb 45km yang bisa ditempuh dalam waktu 1½ jam.

Pada awalnya kata "Tahura" ini saya pikir nama tempat nya tapi ternyata TAHURA adalah singkatan dari "Taman Hutan Raya" 😁. 


AKSES JALAN
Akses jalan yang dilalui menuju Tahura Sultan Adam ini termasuk jalan raya yang lebar dan jalan di kawasan Tahura sendiri juga jalan beraspal yang baik. Cukup mudah untuk sampai di kawasan Tahura karena kita bisa tinggal mengikuti petunjuk jalan maupun juga dari Gmaps.

TIKET MASUK
Sampai di kawasan Tahura Sultan Adam terlebih dahulu kita harus membayar tiket masuk dan karcis parkir yg terbilang murah hanya @10rb saja untuk dewasa. 

Setelah membayar tiket kita bisa melanjutkan perjlanan ke beberapa destinasi wisata yang di tawarkan oleh Tahura Sultan Adam ini

OBJEK WISATA
Kawasan Tahura Sultan Adam merupakan kawasan pegunungan yang menawarkan ekowisata yaitu wisata di area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat.

Nama Sultan Adam sendiri dipilih karena Beliau adalah Raja yang memerintah di Kesultanan Banjar, berkuasa 3 Juni 1825 - 1 November 1857. 
Taman Hutan Raya Sultan Adam memiliki luas 112.000 hektar. Masuk wilayah 2 Kabupaten; yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, di Provinsi Kalimantan Selatan. sumber 1

Memasuki kawasan Tahura Sultan Adam anda akan merasakan udara yang lebih sejuk dan angin semilir sepoi sepoi yang menyegarkan. 
Kawasan Tahura sendiri dibagi menjadi beberapa tempat wisata yang berbeda. 
Diantaranya adalah
1. Penangkaran hewan yaitu rusa & beruang madu
2. Camping Ground
3. Air Terjun
4. Kolam Renang Belanda
5. Villa / Pesangrahan Belanda
6. Paralayang
Dan beberapa spot wisata lain nya.

Kolam Renang di Tahura Sultan Adam berukuran sekitar 30 x 50 meter.
Kolam tersebut berisikan air yang terus mengalir yang berasal dari sumber mata air alami sehingga terasa segar & bersih.

Menurut sejarah yang tercatat, kolam beserta bangunan yang ada di sekitarnya dibangun oleh A.W Rynders yang tercatat sebagai architect bij de Landsgebouwendienst sekitar tahun 1939


Dipuncak tertinggi Tahura Sultan Adam terdapat Villa / Pesanggrahan Belanda yang dibuka untuk umum. Villa ini cocok buat kita yang ingin merasakan udara segar melepas penat dari kesibukan dan cuaca di banjarmasin yang panas.


Menurut sejarah Pesanggrahan Belanda ini adalah dulunya tempat peristirahatan Ambtenaar (pejabat) Belanda yang diresmikan pada tanggal 26 Februari 1939 oleh Gouverneur van Borneo, Dr. Bauke Jan (B.J.) Haga. Haga memerintah di Borneo  tahun 1938 sampai 1942. sumber 2


Dan yang terbaru di Tahura Sultan Adam adalah spot Paralayang yang berlokasi dekat dengan Pesanggrahan Belanda. Lokasi Take off area berada di ujung pesanggrahan, sedangkan landing zone berada dekat pemandian putri kembar. Wisata Paralayang ini baru diresmikan bulan september kemarin tepatnya 24 September 2022 dan tarif promo terbang tandem sebesar 500rb. sumber 3

Namun saat kemarin kami disana hanya terlihat beberapa orang atlet paralayang yang sedang beraksi dan tidak ada wisatawan yg mencoba terbang tandem. Mungkin karena biaya yang terbilang agak mahal sehingga sepi peminat.


Dari kawasan Tahura Sultan Adam ini, kita bisa melihat hamparan tumbuhan hijau dan biru langit yang menyejukkan mata. 


So far lokasi Tahura Sultan Adam recommendes buat kamu yang mencari suasana pegunungan yang segar & sejuk. Mencari inspirasi jauh dari hiruk pikuk kota πŸ˜‰
✓ TerlamaLebih baru ›

26 komentar

  1. Wooo, tiket masuknya cukup murah ya, Mbak.. Kirain di Kalimantan yang semua terbilang mahal, tiket masuk Tahura juga bakal mahal.

    Btw, kukira kemarin itu Mbak Eryka yang nyobain paralayang. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak lumayan murah kan segitu..bisa sepuasnya...disana juga banyak warung2 gt jd gak bakal kelaparan 😁

      Yang paralayang bukan aku mbak..pas aja yaa..yg terbang pas cewek..soalnya temenku juga ngirain akuu 🀭🀭

      Hapus
  2. Keren tempatnya mb, semoga nanti bisa menjelajah juga 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak...masih alami tempatnya 😊
      Aamiin aamiin mg nti bisa menjelajah kemana2 juga ya mbak πŸ˜‰

      Hapus
  3. kereeeennn..... ditunggu review selanjutnya nduk😍😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asikk..asikk...makasihhh
      ..tunggu tulisan selanjutnya..smg tdk lama 😁

      Hapus
  4. Keren cin tempatnya....bnyakin nulis begini buat referensi yg. O piknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeyyy siapppp...mg bisa jd ideee baru yakkk 😘😘

      Hapus
  5. Mantaaappp... ditunggu karya2mu selanjutnya ya, nduk.. kece..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..akhire berani juga nulis yaaa...kalo msh ala kadarnya harap maklum 😁

      Hapus
  6. Tiket masuknya terjangkau banget sih ini. Kalau paralayang kemungkinan kena berapa ya kak? Pasti puluhan kali lipat dari tiket masuk, tapi pengalaman yang dirasakan mantep juga itu.

    BalasHapus
  7. Tiket masuknya murah banget!! Jadi pengen juga deh ke sana, tapi jauh huhuhu. Asik banget kayaknya lihat pemandangan sambil paralayang. Dari dulu pengen banget paralayang, tapi belum keturutan.

    BalasHapus
  8. Taman hutan raya bagus banget ya ga cuma wisata alam , tapi edukasi lain seperti olahraga paralayang, anak anak bagus banget diajak ke taman hutan raya seperti ini

    BalasHapus
  9. murah banget mom biaya keseluruhan ny. itu dewasa aja cuma 10k gimana anak-anak. ditambah lagi ada asuransi jiwa dengan membayar 1k.saja? murah banget bisa healing bareng keluarga

    BalasHapus
  10. Waaah kereen. Aku yang tinggal di Banjarmasin udah lama banget nggak main ke sini kak. Nanti ah mau main ke Tahura

    BalasHapus
  11. Paling suka liburan ke tempat alam-alam kayak gini, seru banget bisa lihat yang hijau-hijau..

    BalasHapus
  12. Di bayanganku saat baca judul Tahura itu restoran. Ternyata maksudnya Taman Hutan Raya. Hehe..
    Duh, aku tertarik banget lihat view di area Paralayang, jadi pengin coba juga wahana Paralayangnya.

    BalasHapus
  13. Dengan tiket cuma sepuluh ribu bisa menikmati suasana adem dan tenang di Tahura itu tergolong Murmer lho, jujur aku pengen coba paralayangnya

    BalasHapus
  14. suka banget deh sama yang hijau² gini, bisa jadi destinasi favorit nih, tp sayangnya jauh banget dari rumah ku huhuhu

    BalasHapus
  15. Tempatnya bagus bgt buat ajak anak2 wisata alam , mana murah lg tiketnya 😍

    BalasHapus
  16. Beb blh spill gak biaya paralayangnya berapa??

    BalasHapus
  17. Bagus nih alami banget tempat nya, tapi capek gak sih beb jalan nya

    BalasHapus
  18. View nya cakep, suasananya juga asri ya. Bangunannya masih classic, suka deh

    BalasHapus
  19. Bangunannya masih terjaga dengan baik, pasti seneng banget bisa liburan di wisata alam seperti ini.

    BalasHapus
  20. Masuk wajib list dateng kalo ke Kalimantan. Harga tiket masuknya murah buat wisata sebagus itu

    BalasHapus
  21. Biaya masuknya murah sekali 😍. Iya ya di mana-mana Tandem paralayang tu lumayan harganya. Aku pun belum bisa menjangkau, walaupun sangat ingin mencoba

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts