Liburan Cara Aku ke Pulau Impian Bareng Traveloka

Tidak terasa sudah menjelang akhir tahun, waktu begitu cepat berlalu. Biasanya waktu akhir tahun sampai awal tahun adalah saat yang tepat untuk liburan. Liburan bersama keluarga bisa menjadi salah satu quality time terbaik setelah beberapa waktu disibukkan dengan kegiatan masing-masing. Atau buat kamu yang masih single kamu bisa memanfaatkan saat liburan ini untuk recharge tenaga serta menambah teman dan pengalaman baru dari tempat yang kamu kunjungi. Sekarang berlibur bukan lagi suatu hal yang mahal. Karena liburan tidak harus pergi keluar kota, keluar pulau atau bahkan keluar negeri. Kamu bisa menciptakan momen liburan terbaik bahkan dari dalam kota. Atau kamu juga bisa melakukan liburan ala backpacker jika kamu mempunyai jiwa petualang. Kecuali kamu yang mempunyai budget lebih mungkin bisa liburan ke kota/negara impianmu dengan fasilitas terbaik. 

Buat kamu yang tidak mau repot, yang mau tau jadi saja, bisa memilih travel agent yang sekarang semakin banyak menawarkan paket wisata baik dalam negeri ataupun luar negeri. Namun buat kamu yang menginginkan liburan yang fleksibel, yang tidak ingin terlalu bergantung pada jadwal/waktu, maka kamu bisa melakukan liburan mandiri dengan mengandalkan Traveloka untuk mendapatkan rekomendasi moda transportasi dan akomodasi sesuai dengan budgetmu.

 

NIKMATI LIBURANMU

Liburan tidak hanya soal mengunjungi tempat baru & menikmati pemandangannya, namun juga saatnya memperluas cakrawala pikiran dan perspektif baru tentang lingkungan, budaya serta orang-orang/penduduk di sekitar tempat wisata. Melakukan perjalanan juga akan menambah kekayaan hati & jiwa kita. Mengunjungi tempat baru berarti juga kita beradaptasi dengan kebiasaan & adat istiadatnya. Sesuatu yang kadang kita anggap biasa, bisa jadi menjadi sesuatu yang sakral untuk daerah lainnya. Dengan berada di lingkungan baru kita juga belajar beradaptasi, belajar memandang suatu hal dari sudut pandang lain. Tidak ada salahnya kamu mempersiapkan liburan spesial/liburan impianmu sekali dalam setahun, apalagi bersama Traveloka segala sesuatu yang sulit akan terasa semakin mudah dan menyenangkan. 

Kamu mungkin bisa mulai mempersiapkan liburan pergantian tahun ini sambil review liburan-liburan sebelumnya. Setiap liburan pasti ada memori yang tak pernah dilupakan karena meninggalkan kesan tersendiri. Begitu juga denganku, aku merasa setiap liburan pasti ada hal-hal yang membuatku terkesan. Entah itu liburan keluar kota, keluar pulau atau bahkan keluar negeri. Selalu excited kalo diajak suami liburan kemanapun itu, dari yang jarak dekat hanya naik motor sampai yang jauh yang harus transit ganti pesawat. Biasanya kalo liburan yang tidak terlalu jauh masih bisa ditempuh lewat jalur darat maka kami akan mencari hotel secara dadakan/pas hari H. Tapi kalau liburan ke luar pulau atau keluar negeri maka kami akan mempersiapkan transportasi & hotel jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya kalau liburan yang sibuk cari transportasi, hotel & inetary adalah suami, aku hanya sekedar memberi masukan yang sekiranya pengen aku datangi atau bahkan aku kadang tau jadi tinggal berangkat 😁

 

MOMENT TAK TERLUPAKAN

Alhamdulillah sudah cukup banyak memori liburan berdua kami yang tak akan terlupakan. Salah satu memori yang tak terlupa adalah waktu pertama kali liburan ke luar negeri yaitu ke Singapura pada tahun 2012, jadi sudah 10th yg lalu. Saat itu aku harus berangkat sendiri dari Solo karena kebetulan suami saat itu sedang dinas di Bangladesh dan kami memutuskan liburan bersama di Singapura yang jadi negara transit pesawat dari Bangladesh sebelum akhirnya menuju Indonesia. Saat itu masih ada route langsung Solo-Singapura dengan pesawat Singapore Airlanes, kalau aku tidak salah ingat. Karena pertama kali ke luar negeri dan harus sendiri, maka saat akan berangkat tanya-tanya ke suami dulu apa yang boleh dibawa ke kabin dan apa yang enggak, cek paspornya bagaimana, setelah sampai di Singapura pemeriksaan imigrasinya bagaimana dll. Meskipun sudah diwanti-wanti dijelaskan ternyata pas pengecekan check in masih saja kecolongan karena aku bawa cairan lotion yang lebih dari 100 ml walhasil kena sita 😁

Akhirnya proses boarding landing semua berjalan lancar. Sampai di Bandara Changi tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada menuju pemeriksaan imigrasi. Tapi bisa dibayangkan, Solo yang bandara hanya kecil tiba-tiba langsung berada di bandara yang super gede dan cantik, berjalan sambal liat kanan kiri takjub dengan fasilitas yang ada. Akhirnya sampailah di pemeriksaan imigrasi, cek paspor, foto, sidik jari dan petugas imigrasi  bertanya berapa hari tinggal di Singapura, lokasi menginap dimana dan dengan siapa. Dan aku masih ingat bahwa petugasnya berkata bahwa ini adalah liburan perayaan ulang tahunku, karena kebetulan saat itu bertepatan hanya beberapa hari sebelum hari ulang tahun, aku pun hanya menjawab dengan senyuman.

Setelah lewat imigrasi disitulah aku mulai bingung mencari keberadaan suami. Sempet jalan bolak balik, mencoba menggunakan telepon umum karena simcardku entah tidak bisa berfungi padahal sudah didaftarkan roaming sebelum berangkat. Setelah beberapa saat mencoba telepon namun tidak berhasil juga kemudian aku memutuskan untuk menunggu saja dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga, rasanya lega tidak jadi hilang di negeri orang. Saat itu fokus liburan kami adalah di Pulau Sentosa Singapura. Tujuan utama kami adalah berlibur di Universal Studio Singapura yang berada di Pulau Sentosa dan kami menginap di Hotel Hard Rock Sentosa. Meskipun itu liburan singkat yang hanya 3 hari tapi itu adalah salah satu liburan berkesan dan tak terlupakan karena pertama kali liburan ke luar negeri dan harus terbang sendiri 😊






Setelah liburan tersebut, kami diberi kesempatan untuk mulai menjelajah negara-negara lain. Kami biasanya liburan secara mandiri tanpa menggunakan travel agent. Sehingga semua transportasi dan akomodasi harus kami siapkan sendiri. Untuk perjalanan dalam negeri bisa dibilang lebih mudah persiapannya tapi kalo perjalanan luar negeri harus benar-benar dipersiapankan dengan matang. Salah satunya adalah mencari rekomendasi makanan halal, karena di luar negeri makanan halal bisa dipastikan tidak sebanyak di Indonesia yang mayoritas muslim. Selain itu juga harus dipelajari sistem transportasi umumnya, karena kami traveling secara mandiri otomatis kalau mau kemana-mana agar lebih hemat kami harus menggunakan moda transportasi umum. Alhamdulillah nya hampir di semua negara yang pernah kami kunjungi transportasi umumnya sudah lebih terstruktur dan mudah dijangkau. Biasanya kami memanfaatkan transportasi MRT, kereta bawah tanah & bus. 

Semenjak adanya traveloka liburan terasa lebih mudah & murah. Biasa nya kami memanfaatkan promo menarik dari traveloka. Jika kamu bisa memanfaatkan promo dari traveloka dengan baik, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dari tarif normal. Sehingga budget lebihmu bisa kamu manfaatkan untuk belanja dan kuliner selama bepergian. Mau pesan jauh-jauh hari ataupun pas hari H, mau di dalam negeri atau diluar negeri Traveloka [asti memberikan rekomendasi terbaik.

 

WISHLIST LIBURANKU

Untuk liburan pergantian tahun ini aku ada wishlist untuk mengunjungi Labuan Bajo NTT. Kenapa aku memilih Labuan Bajo?? Karena Labuan Bajo adalah salah satu tempat liburan yang sudah dikenal didunia dan disana terdapat Taman Nasional Komodo yang memang populer sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu kawasan Labuan Bajo juga mempunyai banyak pantai dan pulau yang menawarkan keindahan alamnya, dimana kita bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling  mulai dari melihat indahnya terumbu karang hingga ragam ikan yang melintas di depan mata. Dan juga ada wisata Kapal Phinisi dimana kita bisa berlayar mengelilingi pulau-pulau sekitar Labuan Bajo.

 

pulau komodo

Seperti biasa, setiap trip pasti aku mengandalkan Traveloka untuk mendapatkan tiket transportasi & akomodasi terbaiknya. Hasil searching di Traveloka, aku menemukan adanya paket liburan menggunakan Kapal Phinisi yaitu paket berlibur Sailing Komodo - 3D2N by Lamboraja Phinisi Labuan Bajo. Paket tersebut menawarkan berlayar dengan menggunakan kapal Superir Phinisi Labuan Bajo selama 3 hari 2 malam. Berpetualang selama tiga hari dengan Kapal Phinisi dan menjelajahi semua destinasi indah di Labuan Bajo. Kita akan diajak menikmati pemandangan yang indah dengan teman-teman baru dan makanan Indonesia yang lezat. Dari melihat Komodo di habitat aslinya di Pulau Komodo hingga berenang bersama Pari Manta dan keindahan bawah laut di Taka Makassar dan Pulau Kanawa. Kita juga akan mengunjungi pemandangan indah Pulau Kelor, Pulau Manjarite, Pulau Kalong, Pulau Padar dan Pulau Pink. Selain itu, trip ini juga menyediakan pemandu/fotografer dalam rombongan untuk mengabadikan momen-momen indah kita selama berlayar. Dan sebagai persiapan tambahan kita juga harus mempersiapkan, baju renang, baju ganti, obat anti nyamuk, sunscreen dan peralatan pribadi lainnya karena kita nanti akan lebih banyak kegiatan luar ruangan seperti trekking dan berenang di pantai.

Karena trip berlayar ini berlangsung selama 3 hari, maka aku memutuskan untuk sampai di Labuan Bajo sehari sebelum berlayar dan akan kembali sehari setelah berlayar. Sehingga jika ditotal maka liburan ini akan berlangsung selama 5 hari. Untuk penginapan, aku akan memilih dua penginapan berbeda saat sebelum dan sesudah berlayar untuk menambah referensi dan agar aku juga bisa lebih mengksplore lokasi yang berbeda. Setelah membaca berbagai review hotel sekitar Labuan Bajo diTraveloka akhirnya aku menemukan 2 hotel dengan pemandangan pantai yang indah, yaitu Sylvia Resort Komodo yang berada di sebelah utara Bandara dan Bintang Flores Hotel yang berada di bagian selatan bandara Komodo. Kedua hotel mempunyai fasilitas yang berbeda karena Sylvia Resort adalah hotel bintang 3 sedangkan Bintang Flores adalah hotel bintang 4. Menurutku yang paling penting yang patut diperhatikan adalah kebersihan hotel karena itu akan memberikan nilai plus bagi tiap pengunjung.

labuan bajo

Untuk transportasi dari Solo tentu harus memilih pesawat sebagai moda transportasi tercepat. Traveloka lagi-lagi jadi andalanku untuk memilih jadwal penerbangan terbaik. Karena penerbangan dari Solo maka aku mencari penerbangan yang tidak terlalu banyak transit dan juga yang tercepat. Akhirnya aku mendapatkan rekomendasi dari Traveloka untuk penerbangan Lion Air jam 08.10 WIB dari Solo transit di Bali selama  1 jam, dilanjutkan penerbangan dengan Batik Air pada pukul 11.40 WITA dan sampai di Labuan Bajo pada pukul 12.50 WITA. Aku rasa ini penerbangan yang cukup bagus karena sampai Labuan Bajo masih siang sehingga kami bisa sedikit eksplore Labuan Bajo di malam harinya. Untuk penerbangan pulang nya, aku juga membeli tiket di Traveloka dan memilih maskapai yang sama yaitu Lion Air dan Batik Air dengan keberangkatan pukul 13.30 WITA dan sampai di Solo pukul 16.10 WIB.

Untuk itinerary secara keseluruhannya  kurang lebih akan seperti ini

 

Hari 1 : 

Penerbangan SOC - LBJ

Makan siang di bandara atau di hotel

Istirahat sejenak di hotel Sylvia Resorr

Malam jalan melihat suasana kota sekalian makan malam

 

Hari 2 :

Pagi sarapan di hotel

Check out hotel 

Berangkat menuju Kapal Phinisi

Trip berlayar hari pertama mengunjungi Pulau Kelor, Pulau Manjarite, dan Pulau Kalong

 

Hari 3:

Trip berlayar hari kedua diawali dengan melihat sunrise di Pulau Padar

Mengunjungi Pantai Pink, melihat komodo di Pulau Komodo dan selanjutnya ke Manta Point

Menikmati sunset di Taka Makasar

    

Hari 4 :

Mengunjungi Pulai Kanawa

Perjalanan kembali ke darat 

Check in di Bintang Flores Hotel

Melihat suasana malam di sekitar hotel dan makan malam

 

Hari 5 :

Sarapan di hotel

Belanja oleh-oleh jika waktu cukup

Penerbangan pulang kembali ke Solo

 

Kurang lebih seperti itu rencana perjalananku di pergantian tahun ini dan semoga nanti bisa mewujudkannya. Bagaimana dengan kamu?? Apakah sudah mempersiapkan liburan pergantian tahun ini? Kalau belum yukkkk segera rencanakan liburanmu di Traveloka. Wujudkan hal-hal luar biasa bersama Traveloka dengan berbagai promo menariknya. Selalu ikuti suara hatimu dan jalani hidup dengan caramu, karena kebahagiaanmu itu kamu sendiri yang buat tidak tergantung dengan kebahagiaan orang lain #LifeYourWay

Selamat berlibur!!! 💚💚

 

sumber foto : dokumen pribadi, traveloka

6 komentar

  1. Sambil baca sambil ngebayangin.... 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...dh bisa dibayangin dh jelas brarti ya ceritanya :)

      Hapus
  2. Sama nih mbak aku pun penasaran sama pulau komodo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat bisa terwujud ya mbak mimpi kita 😍😍

      Hapus
  3. labuan bajo memang salah satu destinasi wisata yang indah ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kak...seperti destinasi yg wajib dikunjungi 😊

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts