Soto Banjar "Bang Amat"

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia dimana setiap daerah hampir mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada soto daging, soto ayam, soto bening, soto santan, soto betawi, soto lamongan dan lain-lain. Tak terkecuali di daerah Banjarmasin juga mempunyai soto khas nya tersendiri yang disebut Soto Banjar.

Salah satu soto yang terkenal di Banjaramasin adalah SOTO BANJAR BANG AMAT. Setiap kamu mencari rekomendasi kuliner di Banjarmasin sudah pasti Soto Bang Amat akan muncul di deretan rekomendasi kuliner tersebut.

LOKASI

Soto Bang Amat berada di lokasi KAWASAN KULINER BANUA ANYAR.
Lebih tepatnya adalah di Jl Banua Anyar No 6 Banua Anyar Kec Banjarmasin Timur, Banjarmasin. 

Lokasi ini berada di bawah jembatan Banua Anyar yang berada diatas Sungai Martapura. Kawasan Wisata Kuliber Banua Anyar ini baru diresmikan sekitar tahun 2019, sehingga masih termasuk kawasan kuliner baru. Di sini terdapat banyak rumah makan yang menawarkan aneka kuliner khas Banjar dari makanan ringan sampai makanan berat dan salah satunya adalah Soto Bang Amat.

soto banjar bang amat

Soto Bang Amat mempunyai lokasi yang strategis karena berada di tepi Sungai Martapura. Dengan begitu anda bisa menikmati kelezatan Soto Banjar sambil menikmati pemandangan indah sungai Martapura yang biasanya masih banyak sampan dayung / jukung yang melintas. Lokasi Soto Bang Amat juga dijadikan tempat pemberangkatan kapal-kapal klotok untuk para pengunjung yang ingin menyusuri sungai Martapura yang luas. Sehingga Soto Bang Amat juga bisa kamu jadikan referensi sarapan setelah kalian mengunjungi Pasar Terapung lok Baintan.

Soto Bang Amat ini buka tiap hari dari jam 07.30 WITA - 16.30 WITA kecuali hari Jumat libur. Paling enak datang ke Soto Bang Amat saat pagi hari karena tempatnya masih relatif sepi sehingga bisa bebas memilih tempat duduk dan lebih tenang menikmati kelezatan Soto Bang Amat. Disini menyediakan tempat duduk dengan kursi di bagian depan & tengah serta gazebo lesehan yang berada di bagian belakang tepat di tepi Sungai Martapura. Biasanya semakin siang maka pengunjung semakin banyak dan semakin ramai. Soto Bang Amat tidak hanya dijadikan tujuan kuliner para wisatawan saja namun juga oleh penduduk lokal. Pengunjung biasanya datang beserta keluarga maupun rombongan dari instansi instansi tertentu. Untuk kamu yang merencakan kunjungan dengan rombongan yang banyak ada baiknya lebih baik pesan tempat terlebih dahulu agar saat datang tidak bingung memilih tempat duduk.

HARGA

Untuk harga, Soto Bang Amat mempunyai harga yang relatif standart yang bisa terjangkau. Biasanya, setelah kamu memilih tempat duduk maka pelayan akan datang untuk mencatat pesananmu yang selanjutkan akan diberikan nota yang nanti kamu bawa ke kasir untuk pembayaran setelah selesai makan. 

daftar menu soto bang amat
Setiap masakan tentu mempunyai ciri khasnya tersendiri tidak terkecuali Soto Banjar Bang Amat. Dibumbui dengan rempah spesialnya menjadikan soto ini cocok dinikmati baik pada saat pagi hari, siang maupun sore hari. Soto Banjar mempunyai kuah yang yang cenderung berwarna putih karena campuran rempah-rempahnya, disajikan dengan suwiran ayam, potongan telur itik, mie soon serta potongan wortel. Dan salah satu yang spesial dari Soto Banjar adalah dia tidak menggunakan nasi namun menggunakan ketupat dan tidak ketinggalan dilengkapi dengan taburan bawang serta irisan jeruk nipis yang menambah kesegarannya.

soto banjar
Soto Banjar Bang Amat

Selain menu soto Banjar, tersedia juga menu-menu khas banjar lainnya. Namun yang tidak boleh kamu lupakan adalah sate ayam yang juga jadi menu wajib yang harus kamu coba. Sate ayam menjadi semacam menu pendamping soto banjar. Selain itu juga ada perkedel dan aneka kerupuk sebagai pelengkap. 

Untuk minuman spesialnya ada es sirup kelapa muda yang segar apalagi diminum saat cuaca panas-panasnya. Salah satu menu minuman yang juga tidak boleh kamu lupakan ketika di banjarmasin adalah es jeruk. Es jeruk banjarmasin terasa berbeda karena berasal dari perasan jeruk buah manis murni sehingga terasa lebih segar. Di Soto Bang Amat juga tersedia beberapa camilan khas banjar yang juga bisa kamu nikmati. Di bagian teras ada juga penjual buah mangga yang bisa kamu pesan & dikupas langsung untuk bisa segera kamu nikmati sambil sambil menunggu soto dihidangkan.
 
soto banjar
Soto Banjar & Sate Ayam

Saya kebetulan baru mengunjungi Soto Bang Amat sebanyak dua kali. Yang pertama adalah saat pertama kali tinggal di Banjarmasin dan yang kedua adalah baru-baru ini saat mencari alternatif untuk sarapan. Saat itu kami memesan soto separuh, sate ayam, es kelapa dan juga teh hangat. Perlu banget diingat kalau porsi makanan banjar itu relatif banyak sehingga buat kamu yang sekiranya porsi makan tidak terlalu besar lebih baik memesan porsi soto yang separuh saja yaa.

Secara keseluruhan Soto Bang Amat patut kamu jadikan referensi kuliner yang wajib di coba saat ke Banjarmasin. Menikmati salah satu kuliner trasidisional yang otentik adalah hal wajib saat kamu mengunjungi daerah baru pastinya.

Selamat mencoba dan sampai bertemu di ulasan jalan-jalan & kuliner selanjutnya.
Salam 💗💗

2 komentar

  1. Aku memang belum pernah makan soto Banjar Di kota asalnya. Tapi pernah coba Bbrp kali di solo dan jkarta. Yg di solo pemiliknya orang Banjar.

    .naah tapi agak beda Ama soto yg di atas ini

    2x icip soto Banjar itu dikasih semacam balado kentang yg dipotong dadu mba.katanya itu ciri khas. Tp di kota asalnya ini malah ga pake ku lihat yaa

    Utk rasa sih, yg aku cobain lumayan enak. Tapi memang pada dasarnya aku suka segala macam soto 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. looo iyakah mbaa pake balado kentang brarti ya?? kalau ini aku coba pakainya perkedel kentang kecil itu mbaa..ada 1 ato 2 itu lupaa hehehe...mungkin memang ada kentang cuma kadang dibalado kadang digoreng gitu kali yaa tergantung yang bikin hehehe..
      iyaa sie mbaa ini enak juga ternyata gurih gitu..waktu pertama lihat sie agak pesimis tapi setelah dicoba bikin nagih hehehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts