Ayam Goreng Kampung Bu Toha Tuntang yang Empuk dan Gurih

Ayam Goreng Bu Toha

Ayam Goreng adalah salah satu kuliner yang ada dimana saja dan cocok dihidangkan kapan saja. Namun setiap tempat mempunyai kuliner ayam goreng yang menjadi ciri khas kota tersebut. Salah satu ayam goreng yang sudah terkenal di Semarang adalah Ayam Goreng Bu Toha Tuntang.


LOKASI

Ayam Goreng Bu Toha berlokasi di Jl. Semarang - Surakarta, Cikal, Tuntang, Kabupaten Semarang. Lokasinya cukup dekat dengan exit tol Bawen, hanya sekitar 5km dari exit tol. Ayam Goreng Bu Toha buka dari jam 10.00-21.00 WIB. Kebetulan kami sudah beberapa kali berkunjung ke Ayam Goreng Bu Toha dan selalu disempatkan mampir kalau sedang perjalanan dari Semarang. Terakhir kami kesana adalah saat perjalanan pulang dari Dieng Wonosobo.


AYAM GORENG KAMPUNG EMPUK DAN GURIH

Ayam Goreng Bu Toha menyajikan ayam goreng kampung yang empuk dan gurih. Seingat saya dulu pembeli memilih menu melalui daftar menu yang disediakan namun sekarang pembeli bisa langsung ayam yang sudah disajikan di etalase. Ada beberapa bagian ayam yang di sajikan terpisah yaitu bagian kepala, sayap, dada, ati ampela selain itu juga menyediakan sop ayam kampung, bebek goreng dan tahu tempe. 

Ayam Goreng Bu Toha

Ayam dan bebek yang berada di etalase adalah ayam dan bebek yang sudah dibumbui terlebih dahulu sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk digoreng dan disajikan. Saat disajikan sudah lengkap dengan nasi, lalapan dan sambal. Biasanya lalalapan yang disajikan cukup lengkap ada mentimun, kol, keningkir dan pete. Namun saat terakhir kesana kami hanya kebagian mentimun dan kol saja mungkin karena kami tiba disana sudah malam.

Meskipun yang disajikan adalah ayam kampung namun sama sekali tidak berasa ulet ataupun keras seperti ayam kampung yang biasanya kita beli. Dagingnya sangat empuk dan gurih, begitu juga dengan bebek gorengnya. 


SAMBAL BAWANG JUARA

Ayam Goreng Bu Toha

Pelengkap yang paling mantap adalah sambal bawang juara yang disajikan dalam cobek kecil. Tebuat dari bawang dan cabe segar yang diguyur minyak panas membuat pedasnya benar-benar nampol. Sambal yang segar ini dijamin membuat kalian ingin nambah nasi berkali-kali 😃

Buat kalian yang tidak suka pedas jangan coba-coba mengambil banyak sambal karena cuma cocol sedikit saja pedasnya sudah berasa. Saya yang bisa dibilang tidah tahan pedas biasanya saya akali dengan dicampur terlebih dahulu dengan kecap sehingga mengurangi sedikit rasa pedasnya 😁


HARGA

Harga menu di Ayam Goreng Bu Toha cukup terjangkau berkisar antara 20-30rb saja perporsi sudah termasuk lalapan dan sambal. Dengan harga yang merakyat dan masakan yang enak tidak mengherankan jika Ayam Goreng Bu Toha selalu dipenuhi dengan pembeli yang mengalir setiap harinya.

Ayam Goreng Bu Toha

Tempat makan yang bersih dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas, dan tersedia area Mushola dan toilet juga menjadi sarana pelengkap bagi para pembeli

Jadi buat kalian yang dalam perjalanan dari arah Semarang atau menuju Semarang wajib mampir ke Ayam Goreng Bu Toha untuk mencicipi kenikmatannya.


2 komentar

  1. Aku tuh padahal kalo ke solo selalu lewat Semarang, tapi jarang mampir 🤣. Pernah sih kesana. Tapi biasa numpang lewat. Yg beneran nginep cuma sekali. Tapi Krn sebentar, blm terlalu eksplor kulinernya mba.

    Suka banget ayam kampung gini. Pernah makan tapi lupa nama restonya, di Semarang, itu juga enak ayam, bebek dan sambelnya. Kayaknya makanan di sana sih enak2 ya 👍

    Kayaknya aku perlu bikin plan utk wisata Semarang 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...nanti lain kali agendakan mbak mampir ke bu toha..deket kok sama jalan tol..biasanya lewat tol kan jkt-solo??

      Ayamnya enak empuk gak alot...Sambalnya ini loo mbakk yang nampol huhahhhh tapi bikin pengen nambah ;D

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts