Bakso Mie Ayam Adit Gambut

Bakso & Mie Ayam mungkin salah satu menu makanan yang mudah kita temukan di Indonesia. Menu makanan yang bisa dibilang menjadi cirikhas kita 😊. Kali ini aku mau berbagi pengalaman, lebih tepatnya rekomendasi tempat makan di daerah banjarmasin. Tapi kali ini menu yang akan aku rekomendasikan bukan menu tradisional yaa, tapi menu nasional yang sepertinya dimana mana sudah ada. Dari judulnya aja sudah tahu donk yaa apa 😉

Jadi Beberapa hari yang lalu saat kami bingung memilih referensi buat makan malam, setelah jalan beberapa saat akhirnya pilihan jatuh ke Warung Bakso & Mie Ayam Adit. Beberapa kali lewat depan resto ini terlihat selalu rame pengunjung mobil mobil dan motor motor yang selalu berderet. Karena penasaran juga akhirnya malam ini aku memutuskan untuk ikut icip icip seperti apa sie enak nya Bakso & Mie Ayam Adit ini.

Bakso & Mie Ayam Adit tepatnya berada di kawasan Gambut Banjar Kalimantan Selatan atau di KM 14,400. Jika anda dari arah banjarbaru ke banjarmasin, anda akan menemukan tempat ini di sebelah kanan jalan, dan sebaliknya apabila anda dari arah banjarmasin ke banjarbaru anda akan menemukan tempat ini disebelah kiri jalan.

Bakso & Mie Ayam Adit mempunyai tempat makan yang lumayan luas, terdiri dari 2 bagian sebelah kanan dan kiri. Para pegawainya juga ramah & cekatan. Tempat parkirnya juga cukup memadai meskipun hanya berada di bangunan semi permanen pinggir jalan.


Menurut keterangan yang kami dapat, Bakso & Mie Ayam Adit ini sudah berdiri sejak tahun 2010, jadi sudah sekitar 12th. Bakso & Mie Ayam Adit buka setiap hari dari pukul 11.00 - 21.00.

Berdasarkan rekomendasi dari suami yang sudah pernah mencicipinya, yang spesial dari Bakso & Mie Ayam Adit adalah rasa kuah nya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Selain itu juga terdapat beberapa sidedish seperti perkedel, sate telur, kerupuk, peyek kacang dan juga samosa yang katanya merupakan sidedish yg paling recommended karena jarang ditemukan ditempat lain 😊. Untuk menu baksonya pun ada bakso tetelan, bakso isi telur, bakso biasa dll, kamu bisa pilih menggunakan mi kuning, mihun ataupun kosongan hanya bakso saja tanpa mie.
Akhirnya aku memutuskan untuk memesan mie ayam bakso, ceker kuah & es jeruk. Sayang untuk sambosa nya saya tidak menemukan mungkin karena kami datang sudah malam jadi sudah sold out. Untung juga cekernya juga masih ready biasanya kalau malam sudah sold out juga.


Pada saat makanan datang, terlihat mie ayam bakso nya cukup menarik namun saat melihat ceker kuah agak sedikit aneh karena warna nya yang bening seperti kuah kaldu/sop. Biasanya kalau ceker mie ayam di jawa sudah dibumbui dengan bumbu kecap sehingga berwarna coklat.

Pertama yang dicoba tentu saja menyruput rasa kuahnya terlebih dahulu. Dan violaaa ternyata memang kuah nya benar - benar kaya rasa manis gurih komplit. Seperti rasa kuah kari namun juga berbeda, yang jelas rasa kuah nya approved di lidahku. Kalo dijawa biasanya rasa kuah mie biasanya berwarna coklat manis, namun kuah mie ayam di Bakso & Mie Ayam Adit  berwarna kuning dan lebih kaya rempah - rempah. Untuk mie nya juga mempunyai rasa yang enak dengan tingkat kematangan yang pas menurutku, tidak terlalu keras dan juga tidak lembek. Selanjutnya aku icip rasa baksonya, untuk baksonya sendiri juga enak. Baksonya bukan tipe bakso yang halus namun masih ada tekstur daging gilingnya. Biar komplit lalu aku icip kuah ceker nya, untuk kuah nya ternyata enak juga seperti kaldu sop gitu, padahal pada saat melihat nya aku berpikiran kalo akan berasa tawar. Untuk cekernya sendiri benar - benar empuk, gampang dipisahin sama tulang - tulangnya. Cuma buat kamu yang pengen lebih berasa di cekernya mending dicelupin aja ke kuah mie ayam nya jadi lebih mantap gaes 😁
Eitsss satu lagi...makan mie ayam belum lengkap kalau gak dikasih sambel donk...iyaa apa iyaaa 😁. Apalagi buat kamu yang hobi pedes pasti udah dituang deh itu sambal sebanyak - banyak nya biar makin mantap. Tapi hati - hati yaa kalao pake sambel disini, karena menurut aku dikasih sedikit saja sudah cukup pedas. Jadi buat amannya kamu nanti icip aja dulu dikit-dikit daripada kebablasan nti kalo kepedesan malah gak bisa menikmati kan 😉.

Dan satu lagi es jeruk disini itu seger banget manisnya pas, benar-benar jeruk peras murni bukan yang hanya minuman rasa-rasa jeruk. Untuk harga juga standart harga banjarmasin. Tahu sendiri kan memang harga di kalimantan memang lebih mahal dengan jawa jadi jangan dibandingkan ya. Untuk Mie Ayam Bakso kemarin itu harga nya @20rb dan untuk ceker @1rb saja dan kalo kamu pesan 1 porsi itu isi nya 5ceker, jadi buat kamu penyuka ceker bisa puas-puasin deh maem cekernya kalau masih ready.

Overall Bakso & Mie Ayam Adit rasanya enak apalagi bila dimakan saat hujan dan sedang lapar dijamin bikin badan lebih hangat. Jadi Bakso & Mie Ayam Adit ini bisa kamu jadikan salah satu alternatif makanan terutama buat kamu para perantauan dari jawa yang merindukan makanan khas jawa terutama Solo 😉

Terima kasih
Salam ❤️❤️


Posting Komentar

Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts