Wisata Alam Patean Tambi Wonosobo

Patean Tambi

Teh adalah salah satu minuman yang pasti ada di setiap rumah di Indonesia. Masyarakat Indonesia biasanya kalau tidak menyediakan teh pasti menyediakan minuman kopi bagi anggota keluarga atau tamu yang sedang berkunjung kerumah. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Salah satu kota penghasil teh di Indonesia adalah kota Wonosobo yang mempunyai banyak perkebunan teh yang tersebar di wilayahnya. Karena Wonosobo terletak di lereng gunung dan dataran tinggi menjadikan Wonosobo sebagai tempat perkebunan teh yang ideal. 

Salah satu perkebunan teh yang tidak boleh dilewatkan ketika kalian berkunjung ke Wonosobo adalah Perkebunan Teh Tambi. Perkebunan Teh Tambi terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Jarak dari pusat kota Wonosobo ke lokasi Kebun Teh Tambi kurang lebih 18km. Kebun Teh Tambi memiliki luas sekitar 830 Ha, dikelilingi dengan pemandangan pegunungan Sumbing dan Sindoro menjadi daya tarik tersendiri tersendiri.

Menurut sejarah, Perkebunan Teh Tambi didirikan sejak tahun 1865, pada saat Indonesia masih dijajah oleh negara Belanda. Sampai saat ini Perkebunan Teh Tambi masih dikelola dan beroperasi bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. Perkebunan Teh Tambi telah menghasilkan berbagai teh pilihan kualitas ekspor. 

Melanjutkan perjalanan kami jelajah Dieng, kami menuju ke Perkebunan Teh Tambi di sore hari. Memasuki wilayah Tambi maka kita akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan kebun teh seluas mata memandang. Ditambah dengan udara yang segar dan angin yang semilir menambah sejuk suasana dan ketenangan hati. 

Pada salah satu bagian Perkebunan Teh Tambi dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam. Wisata alam tersebut disebut dengan nama Patean Tambi. Penduduk Wonosobo biasanya menyebut Kebun Teh dengan nama Patean jadi PATEAN = KEBUN TEH. Patean Tambi menawarkan wisata kebun teh yang sudah dimodifikasi atau dilengkapi dengan berbagai spot dan fasilitas yang instagramable dan pastinya mencuri perhatian para pengunjung. 

Patean Tambi

Saat kami sampai di Patean Tambi, cuaca sedang mendung sehingga beberapa tempat terlihat mulai berkabut. Untuk masuk ke area Patean Tambi kita hanya perlu membayar @10rb saja. Patean Tambi buka setiap hari pada pukul 07.00-16.30 WIB. Disana juga sudah disediakan area parkir yang cukup luas untuk sepeda motor dan mobil di seberang Patean Tambi.

Tiket masuk

Di bagian depan setelah loket tiket, terdapat sebuah jembatan kayu yang cukup panjang mengelilingi kebun teh. Kita bisa menyusuri jalan sepanjang jembatan sambil menikmati hamparan hijau kebun teh sambil mengobrol dan berfoto ria. Terdapat juga beberapa spot area foto lainnya dengan berbagai keunikannya seperti menara pandang, balon udara, ayunan dll.

Patean Tambi

Patean Tambi

Didalam area Patean Tambi juga terdapat sebuah cafe kecil dengan nama "Noname" yang menawarkan aneka macam minuman seperti teh, kopi atau minuman lainnya dan camilan. Terasa makin lengkap saat menikmati keindahan alam dan segarnya udara ditemani minuman hangat di tangan, apalagi saat itu sudah mulai turun gerimis sehingga bisa membantu menghangatkan badan.

noname cafe

Setelah puas keliling Patean Tambi jangan lupa untuk mampir beli oleh-oleh Teh Tambi. Sebuah kios oleh-oleh khas Aneka Teh Tambi terdapat beberapa meter dari Patean Tambi. Di sana menjual aneka macam Teh Tambi baik yang sudah kemasan jual maupun yang kiloan. Dari yang grade tertinggi sampai benalu teh yang biasanya digunakan untuk pengobatan herbal juga tersedia. Teh Grade terbaik biasanya mempunyai bentuk yang halus karena telah melalui beberapa proses penyaringan. Kebetulan kemarin kami membeli Teh Tambi yang Grade Premium dan ternyata rasanya benar-benar nikmat. Aroma Teh alami dengan rasa sepat pahitnya yang khas, ditambah dengan gula batu terasa begitu nikmat saat meminumnya.

Teh Tambi

Buat teman-teman yang ingin menikmati keindahan hamparan kebun teh dan menghirup udara segar pegunungan bisa mengendakan untuk melepas penat di Patean Tambi sambil memborong aneka jenis teh yang tersedia disana. Selamat berlibur!!!


Posting Komentar

Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts