Review Bakso Lombok Uleg Pak Di Khas Temanggung

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Hallo...ketemu lagi disini, ditempat aku menuangkan hasil pengalaman kuliner dan travelling. Kali ini aku akan berbagi cerita pengalamanku selama libur lebaran kemarin. Kebetulan saat libur lebaran kemarin kami merencanakan liburan di daerah Dieng Wonosobo. Perjalanan kami ke Wonosobo melewati kota Temanggung. Temanggung juga dikenal sebagai Kota Tembakau karena disana terdapat area perkebunan tembakau yang luas sehingga juga banyak terdapat pabrik pengolahan tembakau/rokok. 

Temanggung

Saat itu kami melewati kota Temangung pada saat jam makan siang, sehingga kami memutuskan untuk mencicipi kuliner khas Temanggung. Sepanjang perjalanan melewati kota Temanggung kami melihat banyak sekali warung "Bakso Uleg" sehingga kami berkesimpulan bahwa Bakso Uleg adalah salah satu kuliner khas di kota Temanggung. 

Setelah melewati beberapa warung Bakso Uleg, akhirnya kami memutuskan untuk singgah di Bakso Lombok Uleg Pak Di. Dan ternyata Bakso Lombok Uleg Pak Di ini adalah salah satu Bakso Uleg pelopor di kota Temanggung yang sudah berdiri sejak tahun 1950an. Bakso Lombok Uleg Pak Di terletak di pusat Kota Temanggung dekat dengan alun-alun, lebih tepatnya berada di Jl Jampirejo Tengah, Temanggung. Tepat berada di jalan raya utama sehingga tidak sulit menemukan warung Bakso Lombok Uleg Pak Di atau tinggal searching di google map pasti ketemu. 

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Selain di  Temanggung, ternyata Bakso Lombok Uleg Pak Di juga sudah membuka cabang di Yogjakarta yaitu tepatnya di Jl Kaliurang dan di Jl Godean. Warung Bakso Uleg Pak Di Temanggung mempunyai area yang cukup lapang, kita bisa duduk di area dalam ataupun di area teras yang lebih luas.

Sampai disana, kami pun memesan dua bakso komplit dan dua es teh. Kalian pasti penasaran apa yang membedakan Bakso Uleg dengan bakso pada umumnya, karena bisa dibilang bakso adalah salah satu kuliner yang ada di setiap daerah di Indonesia. Yang membedakan Bakso Uleg dari bakso umumnya adalah Bakso Uleg terdiri dari ketupat, bakso, irisan tahu goreng dilengkapi dengan taburan bawang merah goreng dan seledri. Kenapa disebut Bakso Uleg karena pada saat membuat terlebih dahulu diberi ulegan cabai rawit langsung di mangkoknya kemudian baru ditambahkan bahan-bahan lainnya. Dengan begitu kita bisa menentukan tingkat kepedasan sesuai selera kita, apakah mau yang sedang sampai super pedas, ingin cabai satu atau banyak sesuai keinginan kita.

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Untuk menunya, kita bisa memilih sesuai dengan isian yg kita inginkan, apakah bakso komplit, bakso tahu, atau bakso ketupat saja. Selain itu Bakso Uleg mempunyai kuah yang berwarna coklat karena sudah dicampur dengan kecap. Karena kuahnya yang sudah dicampur kecap sehingga membuat kuah Bakso Uleg mepunyai rasa yang cenderung manis. Untuk kalian yang kurang suka masakan manis bisa menambahkan cuka agar terasa lebih segar. 

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Jadi jika kalian melewati kota Temanggung maka kalian wajib mencoba Bakso Uleg ini. Merasakan bakso dengan sajian dan citarasa yang berbeda namun tetap nikmat dan menggugah selera. 

Selamat mencoba dan sampai bertemu di petualangan selanjutnya ❤️❤️

2 komentar

  1. Bbrp hari lalu aku dari godean 🙂, gak tau ada bakso ini 🥲🥲🥲

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh mungkin kelewat kali mbaaa nurul hehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts