Review Bakso Lombok Uleg Pak Di Khas Temanggung

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Hallo...ketemu lagi disini, ditempat aku menuangkan hasil pengalaman kuliner dan travelling. Kali ini aku akan berbagi cerita pengalamanku selama libur lebaran kemarin. Kebetulan saat libur lebaran kemarin kami merencanakan liburan di daerah Dieng Wonosobo. Perjalanan kami ke Wonosobo melewati kota Temanggung. Temanggung juga dikenal sebagai Kota Tembakau karena disana terdapat area perkebunan tembakau yang luas sehingga juga banyak terdapat pabrik pengolahan tembakau/rokok. 

Temanggung

Saat itu kami melewati kota Temangung pada saat jam makan siang, sehingga kami memutuskan untuk mencicipi kuliner khas Temanggung. Sepanjang perjalanan melewati kota Temanggung kami melihat banyak sekali warung "Bakso Uleg" sehingga kami berkesimpulan bahwa Bakso Uleg adalah salah satu kuliner khas di kota Temanggung. 

Setelah melewati beberapa warung Bakso Uleg, akhirnya kami memutuskan untuk singgah di Bakso Lombok Uleg Pak Di. Dan ternyata Bakso Lombok Uleg Pak Di ini adalah salah satu Bakso Uleg pelopor di kota Temanggung yang sudah berdiri sejak tahun 1950an. Bakso Lombok Uleg Pak Di terletak di pusat Kota Temanggung dekat dengan alun-alun, lebih tepatnya berada di Jl Jampirejo Tengah, Temanggung. Tepat berada di jalan raya utama sehingga tidak sulit menemukan warung Bakso Lombok Uleg Pak Di atau tinggal searching di google map pasti ketemu. 

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Selain di  Temanggung, ternyata Bakso Lombok Uleg Pak Di juga sudah membuka cabang di Yogjakarta yaitu tepatnya di Jl Kaliurang dan di Jl Godean. Warung Bakso Uleg Pak Di Temanggung mempunyai area yang cukup lapang, kita bisa duduk di area dalam ataupun di area teras yang lebih luas.

Sampai disana, kami pun memesan dua bakso komplit dan dua es teh. Kalian pasti penasaran apa yang membedakan Bakso Uleg dengan bakso pada umumnya, karena bisa dibilang bakso adalah salah satu kuliner yang ada di setiap daerah di Indonesia. Yang membedakan Bakso Uleg dari bakso umumnya adalah Bakso Uleg terdiri dari ketupat, bakso, irisan tahu goreng dilengkapi dengan taburan bawang merah goreng dan seledri. Kenapa disebut Bakso Uleg karena pada saat membuat terlebih dahulu diberi ulegan cabai rawit langsung di mangkoknya kemudian baru ditambahkan bahan-bahan lainnya. Dengan begitu kita bisa menentukan tingkat kepedasan sesuai selera kita, apakah mau yang sedang sampai super pedas, ingin cabai satu atau banyak sesuai keinginan kita.

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Untuk menunya, kita bisa memilih sesuai dengan isian yg kita inginkan, apakah bakso komplit, bakso tahu, atau bakso ketupat saja. Selain itu Bakso Uleg mempunyai kuah yang berwarna coklat karena sudah dicampur dengan kecap. Karena kuahnya yang sudah dicampur kecap sehingga membuat kuah Bakso Uleg mepunyai rasa yang cenderung manis. Untuk kalian yang kurang suka masakan manis bisa menambahkan cuka agar terasa lebih segar. 

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Jadi jika kalian melewati kota Temanggung maka kalian wajib mencoba Bakso Uleg ini. Merasakan bakso dengan sajian dan citarasa yang berbeda namun tetap nikmat dan menggugah selera. 

Selamat mencoba dan sampai bertemu di petualangan selanjutnya ❤️❤️

20 komentar

  1. Bbrp hari lalu aku dari godean 🙂, gak tau ada bakso ini 🥲🥲🥲

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh mungkin kelewat kali mbaaa nurul hehe

      Hapus
  2. Suka dengan penjelasannya yang detail, mulai dari sejarah, lokasi, menu, hingga rasa.

    BalasHapus
  3. tiap liat postingan makanan gini jadi kepengen blogging tentang makanan juga, tapi kalo lagi jajan keknya keburu makan duluan ga sempet foto-fotonya wkwk
    baksonya terlihat ena banget pula,, harganya juga terjangkau..
    kalo ada di jakarta sih bakal langganan kayanya aku tuh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak sueger banget dan nikmattt hehehe..meskipun pas awal liat agak ragu karena memang sedikit berbeda dengan bakso umumnya tapi ternyata beneran enak dan seger panas2 :)

      Hapus
  4. Nita Juwithafina2 April 2024 pukul 09.34

    Yummy banget ya.. berarti ini jadi most wanted panganan juga ya kalau ke temanggung sana.. smoga suatu saat bisa ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak salah satu kuliner legendaris nya kota temanggung :)

      Hapus
  5. Wah kalau nanti mudik bisa nih mampir Temanggung buat ngebakso. Aku kayaknya harus nambah sambel biar nggak terlalu manis, biasanya aku suka baso kuah bening + sambel aja kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaka mudik kemana kak? lewatin temanggung brarti yaa bisa mampir kesini...iyaa kak klo yg suka pedes memang enaknya tambah sambal karena masakan temanggung cenderung manis ini :)

      Hapus
  6. Harganya cukup terjangkau ya kak dengan porsi yang bikin kenyang. Tapi aku paling suka kalau tahunya ada isiannya. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahu bakso yaa kak sepertinya bakal lebih nikmat kalo yang disini bakso pong biasa kak tanpa isian ;)

      Hapus
  7. Buat yg suka pedes, wajib coba sih ini. Harganya pun terjangkau buat bakso yg bikin kenyang

    BalasHapus
  8. Duniaaa perbaksoaan bikin mupeng, sama harganyaa yang benar benar murah bangeeeets. Apalagi liat prosinya banyak juga. Ditambah sensasi pedasnyaa auto nambah nih

    BalasHapus
  9. Ya ampun kapan yaa bisa mudik ke Jawa lagi, sedihh bangedd DECH, mudah2an ada rejekinya mau mampir kesini akhh, makasih rekomendasinya

    BalasHapus
  10. Salah satu comfort food aku nih kaya happy terus kalo makan baso , apalagi pakai sambel uleg ya lebih fresh bau cabainya

    BalasHapus
  11. Di Temanggung ada makanan khas yang menyegarkan begini ya. Bakalan kurang pas kalau berkunjung ke sana tidak mencoba bakso uleg yang ini. uh, jadi ngebayangin duluan.

    BalasHapus
  12. Wah enak nya, bakso adalah makanan favorite, tapi belum pernah cobain yang pakai lombok uleg, Btw, ini harga es tehnya murah sekali ya mbak, cuma 3000 rupiah

    BalasHapus
  13. Siang-siang gini liat gambar bakso bikin ngiler banget sih, ya ampun. Kalo ke temanggung wajib ya kesini kayaknya.

    BalasHapus
  14. etalase baksonya menarik banget nih, apalagi pas lihat udah di mangkok, beuuuhh bikin perut keroncongan puasa-puasa gini lihat bakso..

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts