Staycation di Novotel Banjarmasin Airport

Novotel Banjarmasin

Staycation adalah istilah yang mulai hits pada saat masa covid menyerang tahun 2020 dimana kita diharuskan untuk lebih banyak dirumah, belajar dan bekerja secara online. Staycation itu berarti kita menginap di hotel yang letaknya masih dalam kota dimana kita tinggal. Dan kebetulan sekali weekend kemarin diajakin paksu buat staycation, pasti gak bakal nolak donk yaa 😁. Padahal dalam hati sebenarnya sudah berniat pengen merengek kalau istrinya ini lagi pengen diajakin healing. Namun ternyata belum sempet terucap sudah diajakin duluan. Mungkin memang ini yang namanya jodoh..halahhh πŸ˜‚

Tempat staycation kita weekend itu adalah di Novotel Banjarmasin Airport. Novotel Banjarmasin ini terletak tepat di seberang landasan bandara Syamsudin Noor itulah kenapa disebut Novotel Banjarmasin Airport. Lebih tepatnya berlokasi di Jl A.Yani km 27 Landasan Ulin Banjarbaru.

Hari itu kami sampai di hotel Novotel saat malam hari sekitar pukul 20.00 WITA. Seharusnya kami bisa checkin dari siang atau sore tapi karena paksu sedang dinas luar kota dan baru sampai di Banjarmasin saat malam hari jadilah saya menunggu beliau saja skalian. 

Novotel Banjarmasin

Masuk menuju lobby hotel terlihat area yang sangat luas dengan beberapa ornamen natal dan tahun baru yang mulai menghiasi hotel. Terdapat juga area playkids di seberag lift pada area dalam lobby. Setelah proses check-in, kami kemudian beranjak untuk mencari lokasi kamar kami. Oiya setiap tamu yang menginap juga mendapatkan voucher welcome drink yang bisa ditukarkan di restoran, namun kami lupa tidak menggunakannya.  

Novotel Banjarmasin adalah tipe hotel yang area lobby terletak di lantai teratas atau lantai 3 sedangkan kamar dan ruangan lainnya berada di lantai dibawahnya. Kami mendapatkan kamar di lantai 2 tepatnya no 2121. Saat mencari lokasi kamar, kami merasa bingung dan sedikit tersesat tampaknya rute menuju kamar tidak semudah yang saya kira. Salahnya juga adalah saya tidak menanyakan ke receptionis rute menuju kamar, hanya diinfo bahwa kamar kami tepat di depan kolam renang. 

Dari lobby kami menggunakan lift untuk turun menuju ke lantai bawah. Begitu keluar lift tampak diseberangnya adalah ruangan restoran. Belok kekiri adalah area kolam renang jadi kami pikir seharusnya kamar kami diantara ruangan-ruangan sekitar kolam tersebut.

Kami melanjutkan berjalan mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan ke nomor kamar kami. Tapi setelah berputar, kami tidak menemukan kamar kami dan keliatannya kami salah belok. Daripada bingung akhirnya saya bertanyalah kepada petugas yang kebetulan sedang membersihkan sebuah kamar. 

     "ibu kamar no 2121 dimana ya? " tanya saya

    "ouww masih turun lagi bu, ada dibawahnya ini. Tapi turunnya pakai tangga saja karena lebih dekat, soalnya kalo lewat lift ada di ujung jalan jauh" kata petugasnya

Namun karena tentengan koper yang lumayan berat, akhirnya kami memilih turun lewat lift saja. Dan memang benar ternyata liftnya berada diujung dan harus jalan lumayan jauh. Turun dari lift kamipun berputar kembali untuk mencari nomor kamar kami. Setelah perjalanan panjang akhirnya kami menemukan lokasi pasti kamar, leganya 😁

Novotel Banjarmasin
Novotel Banjarmasin

Di Novotel, kami mendapat kamar Superior dengan pool acces yang lumayan luas. Terdapat satu double bed, sofa, almari, tv, kulkas dan juga sudah disiapkan welcome cake yang mungil 😁. Untuk air minum disediakan botol kaca yang bisa diisi ulang karena terdapat banyak dispenser di sepanjang lorong kamar. Hal tersebut adalah salah satu upaya hotel untuk meminimalisir sampah plastik. 

Novotel BanjarmasinNovotel Banjarmasin

Untuk area kamar mandi terbagi menjadi dua, yaitu area toilet dan area shower. Kamar mandinya mempunyai kaca besar yang tembus pandang ke area bed. Namun tenang ada roller blind yang bisa digulung ke atas dan ke bawah sebagai penutup. Sepertinya jenis kamar mandi dengan roller blind ini menjadi ciri khas Novotel karena beberapa hotel Novotel yang saya datangi mempunyai model yang sama. 

Novotel Banjarmasin

Saat kami membuka pintu di samping ternyata benar saja, kamar kami memang tepat berada di samping kolam remang dan dilantai bawah restoran. Jadi seharusnya kami tadi dari resto turun lagi mengikuti anak tangga langsung sampai didepan kamar tidak perlu berputar sampai bingung mencari letak kamarπŸ˜…

Novotel Banjarmasin

Pagi pun tiba dan mulai terdengarlah suara anak-anak yang bermain di kolam renang. Saya pun beranjak untuk melihat suasana luar sekalian untuk sarapan. Kolam renang di Novotel Banjarmasin dibagi menjadi dua bagian. Sebelah kiri untuk kolam anak dan sebelah kanan untuk kolam dewasa. Tersedia juga area bilas di sisi kiri.  Saat melihat suasana kolam renang ada satu spot yang menarik untuk saya, yaitu ada kedai mie instan di tengah antara dua area kolam renang tersebut. Berasa Indonesia banget kan ya..capai berenang kemudian langsung makan mie instan😁.

Novotel Banjarmasin
Novotel Banjarmasin

Restoran di Novotel Banjarmasin mempunyai dua area yaitu outdoor dan indoor. Untuk area indoor tidak begitu luas  dengan jumlah meja kursi yang tidak banyak jumlahnya. Entah kenapa Novotel Banjarmasin ini hanya menyediakan meja kursi yang terbatas saya rasa mungkin karena mereka juga menyediakan meja kursi di area outdoor yang cukup banyak.

Saat kami masuk ke restoran terlihat kursi sudah penuh dengan tamu, kami menunggu agak lama untuk meminta  petugas membersihkan meja dan kursi. Kami melihat jumlah pelayan cleaning service sepertinya tidak banyak sehingga menyebabkan pembersihan meja kursi sedikit terlambat. 

Novotel Banjarmasin
Novotel Banjarmasin

Menu sarapan di hotel Novotel Banjarmasin terlihat lengkap, dari menu Western, Indonesia, cereal, egg corner, pastry, jajanan pasar hingga jamu juga tersedia. Jamunya juga ada beberapa macam, jamu temulak, beras kencur, sinom hingga galian singset dan berasa kental sekali. Untuk rasa makanan dan minuman tidak ada yang mengecewakan.

Selesai sarapan, kami lastas kembali ke kamar untuk bersantai sejenak diteras kamar dan berenang. Saat itu terlihat di area kolam renang ramai dengan pengunjung, sepertinya sedang ada acara gathering suatu kantor. 

Saat jam menunjukkan semakin siang, saya mulai bersiap-siap untuk packing dan check out. Pengalaman satu malam staycation di Novoyel Airport Banjarmasin yang cukup memyenangkan. Mendapatkan suasana berbeda untuk sedikit melepas penat dan kebosanan. 

Teman-teman yang berkunjung ke Banjarmasin bisa memilih Hotel Novotel Banjarmasin sebagai tempat menginap. Lokasinya yang dekat dengan bandara dan berada ditengah-tengah antara Banjarmasin dan Banjarbaru memudahkan untuk mobilisasi.

28 komentar

  1. Pak Suami tau banget ya isi kepala istrinya, belum keucap udah diajak healing duluan ehehehe. Posisi kamar yang dipilih kayaknya enak banget deh di samping kolam renang gitu. Fasilitas hotelnya cukup lengkap, tapi paling kagum sama upayanya mengurangi penggunaan plastik sih. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mungkin sudah merasa wajah istrinya kayak buntelan butuh healing kak hahaha

      Hapus
  2. Kalo Grupnya Novotel mah emang gausah diraguin lagi ya kualitas dan pelayanannya. Aku salut sih, hotel-hotel tuh sudah mulai mikir tentang lingkungan. Balik lagi ke botol kaca supaya ga banyak limbah plastik. Ga kayak resto nganu yang katanya cinta lingkungan, tapi malah banyak sampah kertas, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh resto yang mana donk??? spilll spilll donkkk mas hehehe

      Hapus
  3. Jaringan Novotel mah sudah teruji ya. Aku pernah beberapa kali nginep di jaringan Novotel. Dan so far pengalaman menyenangkan. Mau jugalah coba yang di Banjarmasin ini ^^

    Terkesima dengan sajian di atas meja sebagai ucapan selamat datang. Itu bentunya lucu banget, dan kebayang rasanya juga enak. Untuk poolnya emang kayaknya gak terlalu besar (apalagi kalau aku komparasi dengan Novotel Palembang) tapi buat hiburan anak sih udah kece banget itu. Otw nyebur hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mas yang ini novotelnya lebih kecil juga bangunannya drpd yg palembang, pernah juga sie dl ke palembang pas suami dinas disana..jadi sptnya semua fasilitasnya juga lebih minimalis #ikatanistringikutinsuami haha

      Hapus
  4. Rate semalam berapa, Kak? Yg penting hotelnya bersiiih ya. Aku suka interiornya. Lalu salut juga mereka pakai botol kaca dan cinta lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak salah kemarin dapat di 800rban kak...iyaa bersih nyaman cocok buat maen anak2 juga ini :)

      Hapus
  5. Biarpun cuma semalam aja tapi sudah membuat kamu dan anak-anak senang nginep di hotel... Apalagi fasilitas dan pelayanan yg ramah .. Mantull banget nih nginep disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbaaa...meskipun cuma sehari tapi dh hepii hehehe

      Hapus
  6. Hotel Novotel ini berarti termasuk baru ya mba?
    Aku dulu ke Banjarmasin sekitar tahun 2011 kalau ga salah, dan di seberang bandara kayaknya masih berupa lahan kosong
    Jadi pengen balik lagi ke Banjar, pokoknya wishlist bisa balik lagi ke sana dan kulineran lebih banya

    Kamarnya terlihat nyaman mbak, toiletnya juga bersih, vibesnya adem tenang karena di dekat kolam banyak tanaman ijo juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelag aku gugling ternyata memang bari diresmikan tahun 2013 mbaa..bener lah berarti di tahun 2011 masih lahan kosong sekitaran bandara :)
      iyaaa mbaa lumyan buat chaarge tenaga..suasana berbeda ada ijo2nya pulaa :)

      Hapus
  7. Pertama kali denger ada jamu beserta peranakannya di hotel, komplit banget ya bener2 persiapan ya matang untuk menunjukkan khazanah kearifan Indonesia hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa hotel ada juga sie mb yg nyiapin jamu gitu..jamunya ini bener2 kentel banget murni berasa banget jejamuannya :)

      Hapus
  8. Cozy banget ya keliatan banget hotelnya, sudah tidak diragukan sih pastinya kalau Novotel, dimana aja pasti nyaman tempatnya, makanannya juga enak dan banyak tempat yang bisa dibuat spot fotonya, kangen staycation lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaa mbak ini juga staycation yang tida direncanakan :)

      Hapus
  9. Cocok banget memang ya buat staycation, karena semua fasilitas udah lengkap ada di hotel. Setau saya, terakhir ke Banjarmasin itu di antara bandara sampai ke Banjarmasinnya masih belum terlalu ramai dan banyak objek wisata. Jadi, kalau mau stay deket bandara memang lebih nyaman cari yang udah lengkap sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak terakhir ke banjarmasin tahun brp mb?? sekarang dah rame banyak pilihan hotel baik dibanjarmasin atau di banjarbaru :)

      Hapus
  10. Novotel sih percaya deh klo fasilitas dan layanannya okee. Di Banjarmasin posisi hotelnya dekat dgn bandara ya? Noted kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak deket banget sama bandara pas di samping landasan pacu sie klo lokasinya tap klo ke bandaranya ya muter dikit lahh hehehe

      Hapus
  11. Fasilitas hotel Novotel komplit dan oke banget ya, mbak. Meski di awal sempet di bikin muter pas cari kamar. Buat liburan bareng keluarga enakeun apalagi ada akses ke kolam renang dan kamar dekat kolam renang, anak-anak betah nih. Terus resto nya juga nyaman, next kalau ke Banjarmasin aku pasti pilih hotel Novotel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa sempet muter bingung la kok ternyata tepat di depan mata hahaha...yess mbaa bisa jadi rekomendasi kalau ke banjarmasin nanti nie :)

      Hapus
  12. Sebenernya Novotel ini aku lumayan suka. Beberapa kali udh cobain stay di novotel beberapa kota, dan mostly puas, tapi ada juga yg kurang. Pas di solo Krn bangunannya lama, tapi sayangnya kurang terawat termasuk furniture yg dipakai.

    Nah kalo yg di Banjarmasin aku blm pernah mba, cuma kalo liat foto2 mba, oke sih yaa. Aku sukaa liat pool nya. Luas πŸ‘. Anak2' pasti suka ini.

    Untuk makanan, Novotel enak2 memang. Variannya banyak pula πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwww iyaaa kalau novotel solo itu kandh lama banget ya mbaaa sejak jaman aku sekolah sepertinya apalagi skrg banyak hotel baru juga bermunculan di solo sayang ya kalo sampai kalah saing
      mayan ini mba kolamnya ada kolam anak sama kolam dewasa jadi bisa lebih aman buat anak kicik:)

      Hapus
  13. Beberapa kali ke novotel cuma pas ada acara aja di ballroomnya jadi malah belum pernah staycation saking dekatnya sama rumah. Kalo mau staycation kami malah lebih sering ke hotel di bjm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe,,,nyari yang agak jalan jauh dikit ya mbaa..:)

      Hapus
  14. Paling jatuh cinta sama hotel yang menyediakan jamu.
    Uuwwwuu~ buat yang badannya gampang cape lelah letih lesu, langsung semangat laagii... Menu sarapan di Novotel Banjarmasin Airport juga lengkap dan beragam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa nie mba jamu2nya bikin jatuh cinta apalagi kunir asem segerrr hehehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts