Menikmati Keindahan Pantai Watukarung di Istana Ombak

Pacitan adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terletak dibagian selatan. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia maka tidak heran jika kota Pacitan banyak menawarkan wisata pantainya. Salah satu pantai yang terkenal disana adalah Pantai Watukarung. Pantai Watukarung ini letaknya juga berdekatan dengan Pantai Klayar yang sudah lebih dahulu terkenal menjadi obyek wisata.

Untuk mencapai Pantai Watukarung, kita harus melewati jalan pegunungan yang berkelok-kelok naik turun dan lumayan sempit. Sebelah kanan kiri jalan yang dilewati kebanyakan juga berupa pepohonan yang rimbun. Semakin mendekati pantai maka kita akan melewati perumahan penduduk dengan jalan yang tidak terlalu lebar. Namun semua kelelahan di perjalanan akan terbayar saat kita melihat keindahan Pantai Watukarung.

Pantai Watukarung
Pantai Watukarung

Pantai Watukarung ini sering disebut sebagai Raja Ampat-nya Jawa Timur karena di kelilingi bongkahan batu karang yang besar dan juga pasir putih yang bersih serta air yang jernih. Selain itu Pantai watukarung juga dikenal mempunyai ombak kelas dunia. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 4 meter, sehingga tidak heran jika Pantai Watukarung juga dikenal oleh para wisataan mancanegara. 

Di sepanjanng tepi Pantai Watukarung terdapat banyak RM yang menawarkan menu andalan ikan bakar serta minuman kelapa muda. Lengkap dengan gazebo-gazebo untuk tempat berteduh dan menikmati hidangan. Di sekitar Pantai Watukarung juga terdapat berbagai penginapan dari yang harga standart sampai yang pricey, tergantung fasilitas seperti apa yang anda cari. Penginapan yang langsung menghadap ke pantai biasanya agak lebih mahal daripada penginapan yang ada di tengah perkampungan.

Beberapa waktu yang lalu, saya dan suami berkesempatan mengunjungi Pantai Watukarung. Kami mengunjungi Pantai Watukarung melalui perjalanan dari kota Wonogiri. Kami memutuskan untuk bermalam dan mencari penginapan di sekitar Pantai Watukarung. Setelah searching rekomendasi hotel di sekitar Pantai Watukarung akhirnya kami memutuskan menginap di Istana Ombak Eco Resort. Salah satu pertimbangan kenapa kami memilih Istana Ombak adalah karena lokasinya yang menghadap langsung ke Pantai Watukarung. 

Pantai Watukarung
Pantai Watukarung

Saya melakukan pemesanan pada saat perjalanan ke Pantai Watukarung melalui WA yang terdapat di IG Istana Ombak Eco Resort. Selain melalui WA, anda juga bisa melakukan pemesanan melalui e-commerce yang ada seperti tiket atau traveloka. No WA tersebut terhubung langsung dengan Ibu Dewi selaku pemiliknya. Dari percakapan melalui WA atau telepon, Ibu Dewi terkesan sangat ramah sekali dan memang saat akhirnya kami bertemu pun beliau memang sosok yang ramah dan juga banyak bercerita.

Istana Ombak Eco Resort
Villa Jasmine

Dari beliau dijelaskan bahwa Istana Ombak terdiri dari 2 lantai dan mempunyai beberapa tipe kamar dari yang sekamar untuk berdua sampai yang sekamar untuk bersepuluh, jadi bisa disesuaikan dengan jumlah anggota rombongan kita. Semua kamar menghadap langsung ke pantai sehingga kita bisa puas menikmati pemandangan pantai. Akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Villa Jasmine yang berada di lantai 1 sehingga lebih dekat jika kami ingin berjalan ke pantai. Sebenarnya Villa Jasmine ini bisa untuk bertiga karena terdiri dari 1 queen bed + 1single bed, tapi kami memilihnya karena berada di lt 1 sedangkan kamar yg untuk berdua berada di lt 2. Di depan kamar Villa Jasmine ini juga tersedia ayunan yang bisa kita gunakan untuk bersantai menikmati suasana pantai juga langsung menghadap ke kolam renang, jadi lengkap semua nya πŸ˜€

Istana Ombak Eco Resort
Istana Ombak Eco Resort

Ibu Dewi juga bercerita bahwa selama wabah covid19 kemarin, Istana Ombak juga terkena imbasnya yaitu menurunnya jumlah wisatawan sehingga cenderung sepi sehingga diputuskan untuk off sementara selama kurang lebih 1 th sampai wabah covid terkendali dan akhirnya baru mulai aktif kembali sekitar pertengahan tahun 2020. Istana Eco Ombak Resort sebelumnya lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri yang hobi surfing karena Pantai Watukarung yang memang terkenal  sengan ombaknya. Pada saat awal kembali beroperasi, pengunjung Istana Ombak Eco Resort kebanyakan hanya wisatawan lokal tapi untuk sekarang sudah mulai banyak lagi wisatawan luar negeri sejalan dengan sudah mulai dibukanya kembali berbagai penerbangan. 

Istana Ombak Eco Resort
Istana Ombak Eco Resort

Saat itu biaya penginapan kami sudah termasuk paket makan malam & sarapan sehingga kami tidak perlu lagi keluar hotel untuk mencari makan. Disini juga ditawarkan apakah makanan nya mau disediakan di restoran atau dibawa ke kamar, dan saya memilih untuk diantar ke kamar karena tiap kamar ada teras lengkang dengan meja dan kursi. Saat menu makanan diantar ternyata lengkap sekali dan menurutku ini sudah lebih dari cukup untuk kami yang hanya berdua. Menu yang disajikan juga lengkap ada sayur, lauk, buah serta gorengan pastinya. Rasa masakannya pun enak dan segar. Gak bakal rugi lah kalo menurut saya. Sudah satu paket komplit yang sangat memuaskan ☺

Istana Ombak Eco Resort
Dinner & Breakfast

Untuk kebersihannya pun juga sangat terjamin. Area kamar, toilet serta teras juga benar-benar bersih, setiap kamar juga tersedia handsanitiser. Soo buat kamu yang mau cari alternatif liburan dan penginapan mungkin Pantai Watukarung & Istana Ombak Eco Resort bisa kamu masukkan dalam daftar liburanmu.

Selamat mencoba & ketemu lagi di petualangan selanjutnya
Salam ❤❤

32 komentar

  1. Cantik sekali pantainya... Jd pengen healing πŸ₯²

    BalasHapus
  2. Arek Pacitan hadiiirrr❤️πŸ’ͺ Pantai²nya emang super WOW mbaa, aku pribadi paling cintaa ama pantai Klayar. Lokasinya ngga terlalu jauh dari watukarung ini

    semua pantai Amazing spot❤️πŸ’ͺkerennn maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa ketemu penguasa pacitan ini hehehehe....iyaa mba sblm ke watukarung juga sempet mampir ke klayar tapi ruamenyaa pol pol an yaa hehehe akhirnya di klayar cuma bentar aja trus lanjut ke watukarung ini lumayan gak terlalu rame hehe

      Hapus
  3. Wahh pantainya cantik sekali dan bersih. Villanya juga bagus. Rate villanya berapa Kak? Sepertinya emang cocok buat tempat honeymoon ya karena tempatnya nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa kak villa nya bener2 terjaga kebersihannya cocok buat hanimun atopun bareng keluarga dan rame2 krn ada banyak pilihan kamar...
      rate kamar berapa ya waktu itu kok aku lupa hehehe kalo gak salah 1jtan mbaa itu pun sudah bbrp tahun yg lalu pas masa pandemi kalo aku cek sekarang kamar yg aku pesen ini diharga 2,7 kak mayan mahal sie tp servisnya bener2 lengkap apa lagi menu makannya juga..dan juga krn dia fokusnya pengunjung expatriat kak :)

      Hapus
  4. Pacitan adalah salah satu destinasi wisata yang saya ingin datangi. sampai hari belum sempat , tapi melihat foto dan tulisan Watu Karung di sini , bikin saya makin ingin pergi ke sana. pantainya bagus,bersih. Semoga bisa kesampaian juga main ke Istana Ombak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak ini pantainya bersih terus gak terlalu ramai banyak penginapan yang langsung menghadap pantai jadi enak kalo mau berenang apalagi pantai watukarung juga jadi salah satu destinasi buat surfing kak :)

      Hapus
  5. aku tahunya cuma pantai Watuulo aja nih kalau daerah JaTim. Ternyata ada lagi pantai Watukarung yang juga gak kalah cakepnya dan jd wishlist buat didatengin. Vilanya juga menarik untuk dikunjungin, apalagi pas liat foto makanannya. Itu porsi gede banget ya buat sarapan, udah sekalian brunch tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. watuulo itu dimana mbaa? aku malah gak tau hihihi...
      iyaaa mbaa ini villa dan pantainya beneran nyaman banget buat dikunjungi, pantainya gak terlalu ramai, banyak warung2 makan seafood sepanjang pantai juga..
      bener banget ini porsi makannya super banyak, kita aja sampai dibungkus itu camilan pisang goreng dll mayan buat camilan diperjalanan kan hehehe

      Hapus
  6. Cakep dan damai banget di liatnya ya. Saya tuh kaya uda lama naksir ke pacitan ini karena dulu oernah baca novel yg settingnya pacitan. Ternyata aslinya emang indah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi..iyaaa mbaaa adem banget apalagi pas malam cuma kedengeran suara debur ombak passs dah buat tempat menepi dan menyepi ini apalagi pantainya juga bersih jadi nyaman :)

      Hapus
  7. aku taunya pantai klayar mbak, malah aku kira pantai watukarung ini ada di Pulau Sulawesi
    Istana Ombak Eco Resort bagus juga ya, apalagi viewnya juga deket ke pantai, staycation disini asik juga ya, ga perlu jauh-jauh keluar kota, karena di Pacitan ada tempat menarik kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket ini mbaaa sama pantai klayar karena sebelum ke watukarung kami sempet mampir ke klayar dulu hehehe mungkin krn tdk sebesar klayar jadi tdk begitu dikenal..coba kesini mbaa tempatnya nyaman dan bersih kok :)

      Hapus
  8. Recommended nih ya Istana Ombak Eco Resort. Tampak bersih dan rapi, makanannya juga keliatannya enak-enak. Pantainya pun cantik. Kebayang sih serunya abis main air di pantai, terus makan seafood segar di pinggir pantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbaaaa bener2 recommended ini gak nyesel deh kalo kesini dijamin puas 100% hehehe

      Hapus
  9. Indah dan asri banget Pantai Watukarung, pantas mendapatkan julukan Raja Ampat nya Jawa Timur. Aku yang belum kesana pun dibuat takjub lewat foto-foto nya.
    Menarik juga nih Istana Ombak Eco Resort, tempatnya luas nyaman dan cocok buat rehat sejenak dari segala rutinitas 🀩.
    Bisa ku masukkan wish list traveling berikutnya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak masukin wislist tempat liburan selanjutnya yachhh...dijamin gak rugi klo ke watukarung, ada banyak pilihan villa lainnya juga disana selain istana ombak :)

      Hapus
  10. Belum kesampaian main di Pacitan, dulu teman kos ada yang tinggal di sana tapi belum sempat main ke rumahnya. Pantainya cantik yaa mana resortnya dekat banget dengan tepi pantai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. next kalo lagi trip ke jawa timur mampir ke watukarung mba dewi mayan buat rehat sejenak menikmati deburan ombak pantai yang menenangkan hehehe

      Hapus
  11. Dari Sibolga, Aceh titik No sampai Papua sudah dijelajahi malah pacitan belum sempat ditemui, sepertinya tempat ini boleh jadi alternatif buat membuang penat,Pantai Watukarung menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. next mampir kesini kak..recommended kok..salah satu lokasi surfing yang banyak dicari turis manca :)

      Hapus
  12. lihatnya membuat kangen jalan-jalan ke pantai sudah lama tidak main ke pantai lagi, belum pernah mengunjungi Pacitan nampaknya wajib banget untuk dikunjungi dan ternyata punya pantai yang indah ya, jadi pengen nikmatin sunrise atau sunset di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak..pacitan punya beberapa pantai yang cantik cantik kok, next kalo ke jawa timur bisa melipir ke pacitan :)

      Hapus
  13. Kalau ke Pacitan, bisa dicoba mampir ke Pantai Watukarung nih..
    Kalau gak menginap, adakah resto yang rekomended untuk makan di pinggir pantai seperti di Istana Ombak Eco Resort?

    Aku suka sekali pantainya dengan awan yang berbuku-buku.
    Alam suka memberi tanda, akan ada kejadian apa setelahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mbaaa restoran di sepanjang pantai lengkap dengan gazebo2 nya jadi gak harus nginap kok...restoran nya sedia camilan ataupun makanan berat seafood pastinya recommended pokoknya :)

      Hapus
  14. Cakep banget pantainya, mbak. Sampai sekarang aku belum kesampaian eh mau ke pantai di Jawa. Kemarin pas ke jawa itu jalannya ke wisata bukit tapi pemandangan pantai yang indah he

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe kalo ke jawa bingung ya mba mau kemana soalnya banyak banget juga pilihan wisata alamnya ..mungkin next bisa maen ke pantai di jawa mba..watukarung ini juga cantik kok mbaaa :)

      Hapus
  15. Yaaaa' nyesel pas ke klayar dulu ga mampir sekalian ke pantai ini 😍.

    Baru denger malah mbak

    Itu mah sarapannya lebih malah kalo buat berdua πŸ˜„πŸ˜…. Banyaaak loh. Mana kompliiiit. Beneran jadi pengen bgt stay di sana kalo ntr ke Pacitan lagi πŸ˜„

    Dulu itu aku ke Pacitan cuma pulang hari. Langsung balik solo lagi. Memang ga lama jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh sayang ya mba padahal gak terlalu jauh loo kan segaris pantai yaaa, tapi emang yang terkenal pantai klayar sie mbaa ruame banget disana :)
      hehehe bener banget mbakkk kita gak bisa habisin makan malam ataupun sarapannya sampai kita bungkus ini pisang goreng rotinya kan mayan buat camilan dijalan yakk hehehe

      Hapus
  16. Pantainya kelihatan bersih banget, viewnya juga indah . Jadi pengen jalan-jalan ke Pacitan dan menikmati keindahan pantainya ini. Tempat penginapannya juga oke nih, bisa langsung menikmati view pantai dari kamar, full servis pula karena udah include dengan makan malam dan breakfastnya jadi gak perlu repot ya Mbak cari tempat makan

    BalasHapus
  17. Wah Pacitan punya pantai keren juga toh.. penginapannya juga viewnya indah yaa. Baru tau ada yg serupa raja ampat juga di ujung Jawa.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts