Menikmati Warisan Boutique Hotel Yang Asri

Wabah covid yang melanda dunia hampir 2th ini mengharuskan kita untuk lebih banyak melakukan aktivitas dari dalam rumah demi kesehatan bersama. Hal tersebut dapat memicu kejenuhan terutama untuk kita yang sebelumnya banyak melakukan aktivitas diluar rumah. Akhirnya saat wabah covid sudah mulai mereda, saya pun memutuskan untuk mencoba mencari alternatif liburan yang tidak terlalu jauh dari Solo. Hanya untuk mengatasi kebosanan dan mencari udara segar dengan suasana pedesaan saya mencoba untuk menginap di daerah sekitar Solo.

Setelah searching hotel di sekitaran kota Solo akhirnya saya tertarik pada salah satu hotel yang menawarkan suasana tempo dulu dan lingkungan yang segar dan asri. Hotel tersebut adalah Warisan Boutique Hotel yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, lebih tepatnya di Jl. Ovensari Raya No.17, Dusun I, Kadilangu, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo. Warisan Boutique Hotel menawarkan konsep hotel dengan lingkungan yang hijau dengan bangunan yang sebagian besar menggunakan kayu, semakin memberi kesan suasana pedesaan.

Saya memutuskan untuk menginap disana bersama seluruh keluarga besar yaitu kedua orang tua, adik serta keponakan-keponakan. Kami menginap disana pada saat weekend dan ternyata sudah banyak kamar-kamar yang dipesan. Saya memesan tiga buah kamar Superior dengan letak yang berdekatan. Saat itu saya tidak melakukan pemesanan melalui e-commerce seperti biasanya, namun saya melakukan pemesanan via WA karena ada beberapa hal teknis yang perlu saya tanyakan terlebih dahulu kepada petugasnya.

Dari website Warisan Boutique Hotel dijelaskan bahwa hotel ini mempunyai beberapa tipe kamar yaitu :

• Junior Suite Room
  • Family Room
  • Superior Room
  • Duluxe Room
  • Suite Plus
  • Duluxe Suit

Dimana dijelaskan setiap kamar mempunyai konsep dan fasilitas yang berbeda-beda. Untuk kamar Superior terletak di bagian belakang yang merupakan bangunan dua lantai yang terdiri dari 11 kamar. Sedangkan untuk jenis kamar lainnya mempunyai konsep bangunan berupa Rumah Kayu minimalis yang berdiri sendiri-sendiri, sehingga memberikan kesan eksklusif, privasi dan terlihat seperti di sebuah perkampungan.

Warisan Boutique Hotel

Saat memasuki kawasan Warisan Boutique Hotel kita bisa melihat banyak tanaman yang memberikan  nuansa segar dan susunan batako digunakan sebagai jalannya. Dari depan terlihat Warisan Boutique Hotel hanya sebuah hotel kecil namun setelah masuk ternyata hotel ini cukup luas dan berbentuk memanjang ke belakang. Warisan Boutique adalah salah satu hotel berbintang tiga yang menyediakan area kolam renang. Area paling depan adalah area coffee & resto dengan nama Warisan Kopi. Sehingga buat kamu yang hanya ingin sekedar makan atau ngopi/nongki bersama teman-teman tanpa menginap juga bisa memanfaatkan restoran Warisan Kopi karena terbuka untuk umum.

Kopi Warisan
Kopi Warisan Resto

Masuk kedalam adalah area resepsionis dan juga sebagai art galery karena disana ada berbagai macam koleksi barang kuno seperti meja, sepeda, wayang, piring dll. Setelah area resepsionis adalah area kolam renang. Kolam renangnya tidak terlalu besar namun cukup luas untuk berenang, terutama jika kita membawa anak-anak kecil pasti mereka akan senang berenang atau sekedar main air.  Di sekitar kolam renang ini juga digunakan untuk area barbeque yang disediakan oleh pihak hotel untuk tamu yang biasanya menggunakannya untuk acara-acara khusus. Kebetulan pada saat kami menginap disana juga sedang ada pesta barbeque, sepertinya sedang ada acara semacam reuni atau gathering.

Area Kamar Hotel
Area Kamar Warisan Boutique Hotel

Setelah area kolam renang adalah area kamar yang masing-masing berbentuk rumah lengkap dengan terasnya. Lumayan cukup banyak, sepertinya ada lebih dari 10 rumah di bagian kanan kiri jalan utama. Dan bagian belakang adalah bangunan untuk kamar superior yaitu kamar yang kami tempati. Didepan masing-masing kamar tersebut juga dilengkapi 2 tempat duduk  yang bisa digunakan untuk bersantai. Di seberang bangunan dua lantai tersebut ada semacam gazebo/area tempat duduk yang lumayan luas yang bisa kita gunakan untuk bersantai ataupun untuk makan dan ngopi.

Kamar Superior Hotel
Kamar Superior

Saat itu kami tiba di hotel sekitar jam 3 sore. Setelah check in, kamipun diantar ke kamar kami. Karena kebetulan sudah sore akhirnya para krucil pun akhirnya mulai berenang. Anak kecil kalau liat kolam renang memang bawaannya pasti pengen segera nyemplung😀. Malam harinya kami memutuskan makan malam di hotel saja, kami memesan beberapa menu yang tersedia untuk room sercive. Teras yang berada di seberang kamar kami pun terasa semakin bermaanfaat karena kami bisa menikmati makanan sambil duduk bersantai disitu. Setelah kenyang dan puas nongkrong bersama, kamipun memutuskan untuk beristirahat.

Area Santai Hotel
Area Santai

Keesokan harinya seperti sudah bisa ditebak, anak-anak pasti ingin berenang lagi. Akhirnya kami pun menunggu mereka berenang bermain air sepuasnya. Setelah puas berenang dan mandi kami pun memutuskan ke restoran untuk sarapan. O iya untuk menu sarapan biasanya akan ditanya pada saat check in. Dari pihak hotel menyediakan beberapa menu western dan nasional. Untuk sarapannya juga bisa minta untuk disediakan di restoran atau diantarkan ke kamar. Restorannya sendiri juga cukup luas karena ada area indoor dan outdoor. Setelah sarapan, kami pun berkeliling hotel sebentar sekedar foto-foto kemudian lanjut packing dan checkout.

Secara keseluruhan menurut saya, Warisan Boutique Hotel mempunyai fasilitas, pelayan dan menu makanannya cukup memuaskan. Anda juga bisa mengintip beberapa spot cantik dan penawaran spesial di IG Warisan Boutique Hotel. Tempat ini cocok untuk anda yang ingin healing menikmati suasana adem asri pedesaan namun tidak terlalu jauh dari kota Solo. Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung jenis kamar yang kamu inginkan dan juga budgetmu. Tidak ada salahnya melipir sebentar untuk menyegarkan hati dan fikiran, bisa juga anda gunakan untuk salah satu alternatif tempat merayakan Natal & Tahun Baru ini

Selamat mencoba dan sampai bertemu di cerita jalan-jalan & kuliner lainnya