6 Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya

Indonesia terkenal dengan berbagai olahan kuliner khas di setiap wilayahnya. Dan kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman wisata kuliner kami di daerah Surabaya. Kebetulan tahun kemarin kami berkesempatan berkunjung ke kota Surabaya, salah satu kota besar di Indonesia setelah Jakarta. 

Selama di Surabaya kami mampir ke beberapa tempat makan yang sudah terkenal dengan cirikhas Surabayanya. 

Berikut beberapa tempat makan yang berhasil kami kunjungi :

1. Sego Sambal Mak Yeye

sego sambel mak yeye

Surabaya memang terkenal dengan sambel dan masakan yang cenderung pedas. Dan Sego Sambal Mak Yeye ini merupakan salah satu tempat kuliner yang harus anda coba jika anda salah satu penggemar sambal yang pedas.  

Sego Sambal Mak Yeye ini termasuk salah satu kuliner malam. Kalau berdasarkan data di google, Sego Sambal Mak Yeye baru buka pukul 9 malam sampai dini hari, tapi kebetulan saat itu kami sampai di lokasi pada pukul 5 sore dan ternyata sudah buka dan sudah mulai ramai pengunjung. 

Menunya di Sego Sambal Mak Yeye cukup sederhana, hanya nasi dengan toping sambal yang banyak dilengkapi dengan berbagai lauknya. Salah satu lauk yang terkenal adalah "iwak pe" atau yang lebih kita kenal ikan pari. Selain iwak pe tersedia juga lauk lainnya seperti telur goreng, ikan lele, ikan nila, ayam, tahu tempe dll. 

Untuk sambal nya sendiri ada 2 macam yaitu pedas & tdk pedas. Jika anda bukan penyuka pedas maka lebih baik diawal anda pesan sambal yg tidak pedas saja seperti saya saat itu karena sambal tidak pedasnya pun menurut saya sudah pedas hehehe

Warung Sambal Mak Yeye berlokasi di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo Surabaya.

2. Tahu Campur Cak Kahar

tahu campur cak kahar

Salah satu ciri khas masakan Surabaya adalah menggunakan bumbu petis yang terbuat dari udang, dan tahu campur ini adalah salah satu kuliner yang menggunakan bumbu petis.

Tahu Campur Cak Kahar adalah salah satu kuliner tahu campur yang sudah berdiri sejak tahun 1960 dan telah dijalankan beberapa generasi hingga saat ini. Buka dari jam 5 sore sampai tengah malam, kuliner Tahu Campur ini wajib banget anda coba. 

Tahu campur ini terdiri dari tahu, lontong, touge, selada hijau, mie kuning, potongan daging sapi yang disiram dengam kuah panas lengkap dengan bumbu petis dan kerupuknya. Dengan kuah panasnya membuat Tahu Campur ini cocok untuk dijadikan salah satu menu kuliner malam. Makin nikmat dan segar jika ditambah sambal dan jeruk peras, menjadi perpaduan kuliner yang memanjakan lidah.

Tidak hanya menyediakan tahu campur, di Cak Kahar juga menyediakam menu tahu tek dan tahu telur. Jika tahu campur menggunakan kuah peris maka tahu tek dan tahu telur menggunakan bumbu kacang dan telur tahu goreng.

Tahu Campur Kak kahar berlokasi di Jl Embong Malang no 78, tepat berada di depan Hotel JW Marriot Surabaya. 

3. Soto Lamongan Cak Har

soto lamongan cak har

Soto lamongan adalah salah satu soto kuah bening dengan taburan koya yang gurih. Apa itu koya? Koya adalah campuran kerupuk bawang dan bawang putih yang digoreng kemudian di tumbuk halus. Koya akan menambah rasa gurih yang semakin matap saat ditaburkan diatas soto lamongan.

Soto lamongan sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal dan hampir setiap daerah ada penjual soto lamongan. Di Surabaya sendiri salah satu soto lamongan yang cukup terkenal dan berdiri sejak lama adalah Soto Lamongan Cak Har.

Soto Lamongan Cak Har sudah ada beberapa caabng dan salah satu cabang besarnya berada di Jl Ir Soekarno Surabaya. Lokasi rumah makannya cukup strategus karena mempunyai area parkir yang luas dan juga area makan yang sangat luas juga. Di lokasi ini terdiri dari ruangan biasa dan ruangan privat ber-AC yang biasanya direservasi untuk acara tertentu.

Soto Lamongan menggunakan irisan ayam kampung ditambah irisan kol, bihun dan daun bawang. Anda bisa memesan soto dan nasi secara dipisah atau campur langsung. Kita juga bisa meminta tambahan irisan daging ayam atau hanya kulitnya saja, juga tersedia aneka lauk dan kerupuk sebagai pelengkap.

4. Rawon Kalkulator

rawon kalkulator

Salah satu kuliner yang tidak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke surabaya adalah Rawon. Rawon adalah kuliner berkuah yang mirip dengan soto dengan menggunakan irisan daging sapi, bedanya pada kuahnya yang berwarna hitam gurih karena menggunakan bumbu khas yaitu kluwek yang berwarna hitam.

Salah satu Rawon yang terkenal adalah Rawon Kalkulator. Kenapa namanya Rawon Kalkulator?? Karena disini petugas kasirnya sangat cepat dalam menghitung harga. Biasanya petugas kasir menghitung harga dengan menggunakan kalkulator namun di Rawon Kalkulator ini petugasnya menghitung tanpa menggunakan alat apapun hanya bermodalkan ingatannya. Karena saking cepat dan ahlinya petugas kasir dalam berhitung seperti kalkulator, akhirnya rawon ini dikenalah dengan sebutan Rawon Kalkulator. 

Makan rawon akan terasa makin lengkap dengan tambahan telur asin dan kerupuk udang. Selain itu juga banyak terdapat lauk lainnya sebagai pelengkap seperti daging empal, tahu, tempe dll. 

Rawon kalkulator berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Buka dari jam 08.00 - 24.00

5. Sate Klopo Ondomohen

sate klopo ondomahen

Sate Klopo adalah salah satu kuliner khas di kota Pahlawan ini. Tidak seperti sate pada umumnya, sate klopo ini mempunyai cirikhas taburan serundeng. Sate yang sudah dibakar dan ditambahkan bumbu kacang dan kecap kemudian ditaburi serundeng sebagai pelengkap sekaligus penambah rasa gurih.

Salah satu sate klopo legendari adalah Sate Klopo Ondomahen. Sate Klopo Ondomahen menyediakan sate ayam dan juga sate sapi. Kita juga bisa memesannya menggunakan nasi atau lontong. Sebagai pelengkap tidak lupa disediakan irisan cabe dan bawang merah yang akan menambah kenikmatan sate klopo ini. Jika anda memang penikmat sate, maka saya sarankan untuk jangan melewatkan olahan Sate  Klopo Ondomahen yang unik ini. 

Sate Klopo Ondomahen sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dengan mempertahankan cita rasa khasnya. Dan salah satu yang menarik juga disini adalah bahwa seluruh pelayannya adalah wanita dari bagian bakar-bakar di depan sampai bagian bersih-bersih.

Sate Klopo Ondomahen berlokasi di Jl. Walikota Mustajab No.36, RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya dan buka dari jam 07.00 - 22.00.

6. Rawon Setan

rawon setan

Satu lagi rawon legendaris di kota Surabaya adalah Rawon Setan. Seperti nasi rawon pada umumnya, disini juga tersedia aneka lauk pendamping seperti aneka kerupuk, telur asin, daging empal, tempe, tahu, sate usus dll. Disini anda juga bisa memesan nasi dan rawon yang langsung dicampur satu piring maupun secara terpisah. 

Kenapa disebut Rawon Setan? Apakah karena rasanya yang pedas?? Ternyata bukan. Disebut Rawon Setan karena pada saat awal berdiri, rawon ini hanya beroperasi pada waktu petang hari sampai menjelang pagi. Namun karena pelanggan yang semakin banyak akhirnya Rawon Setan buka dari pagi hari. 

Rawon ini cocok untuk menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Dengan kuah yang panas membuat rawon terasa nikmat dimakan setiap waktu.

Rawon Setan berlokasi di Jl. Embong Malang No. 78/I, Genteng, Surabaya sederetan dengan Tahu Tek Cak Kahar depan hotel JW Marriot. Pada hari Rabu-Sabtu buka dari jam 08.00-04.30 sedangkan pada hari Minggu-Selasa buka dari jam 08.00-23.00

Itulah cerita kami tentang beberapa tempat makan khas Surabaya yang berhasil kami kunjungi. Jika anda sedang berkunjung ke Suranaya mungkin review ini bisa jadikan referensi tempat makan selama di kota Pahlawan. 

Terima kasih sudah membaca & sampai bertemu di petualangan selanjutnya❤️❤️

22 komentar

  1. Pernah dinas di surabaya selama sebulan tp belum nyoba ini semua kecuali rawon setan, itupun awalnya karena deket bgt dari penginapan. Eh taunya enak, jadi tiap makan kesitu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee iyaaa mbaa surabaya terkenal banget ya dengan aneka rawon nya ada macam2 rekomndasi:)

      Hapus
  2. duh rawonnya bikin ngiler nih mbak. Aku pikir rawon setan tuh rawonnya pedes loh, langsung dicari tuh foto sambelnya wkwk, eh ternyata keburu dijelasin juga. Kapan2 kalo ke surabaya pengen banget mampir kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe samaaa mba aku dlu mikirnya juga apa pedas..kan biasanya setan identik dengan yg pedas2 yaaa hehe

      Hapus
  3. Wah aku langsung ngekek baca Rawon kalkulator sambil ngebayangin kasirnya itung itungan hihihi.. Aku udah lama banget nggak ke Surabaya nih. Jadi kangen sama kuliner khas Surabaya euy.. makasih rekomendasi tempat makannya ya Mbak, semoga next bisa liburan ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe semoga mbaa bis kulineran di surabaya nantiii..agendakan :)

      Hapus
  4. Aku 4 tahun di Surabaya, tapi belum pernah cobain semua :D Rame mulu soalnya, jadi males antre-nya. Kalau Ramadan begini masih rame nggak ya, kak? Btw, makasih ya rekomendasinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan pas aku kesana gak rame sie mba..normal2 aja gak yang sampe antri mungkin kalo lebaran nie malah ruameee kan banyak yg mudik ;)

      Hapus
  5. Wah, semua makanan kesukaanku ini. Cuma kadang nggak sukanya antrenya lama banget, beberapa juga ada yg rasanya nggak se-woth it itu. Coba rekomendasiin hidden gem kuliner Surabaya yang nggak begitu rame, dong, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini gak rame looo kak...pas aku kesana normal aja sie pengunjungnyaa apa karena aku kesana enggak pas hari libur yacchh hehe..klo liburan pasti ramee sie ini

      Hapus
  6. Wah, mbak juga orang Surabaya ya? Kapan-kapan kopdar yuk, saya juga di Surabaya. Saya penasaran dengan Sego sambel Mak yeye karena selalu ramai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukann mbaaa..aku orang solo ini hehehe...ituu hasil recap pas beberapa kali kesempatan ke surabaya sie ;)

      Hapus
  7. untuk soto lamongan cak har udah masuk wishlist aku kalo ke surabaya sih, karna kepo banget di jakarta kan juga ada tapi apakah rasanya beda atau sama gitu..
    cuma lucu juga yah, kuliner surabaya tapi sotonya lamongan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena mirip mba soto lamongan sama soto surabaya tapi lebih terkenalnya soto lamongan gt kali yakkk hehe

      Hapus
  8. Jadi pengen kulineran di Surabaya deh. Aku suka banget tahu campur, pengen coba yang asli dari Surabaya jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh iyaa mbaa tahu campur itu ternyata enak banget yaaaa..aku makan pertama kali juga dari suami karena dia dr jawa timur hehe

      Hapus
  9. Rawon setan nih favorit banget, tapi agak ngelus dada pas bayar bill, hiks. Mbak pernah cobain kupang di Surabaya gak?? Next time cobain mbak!! Tapi aku belum nemu tempat yg oke sih buat direkomendasikanšŸ˜­šŸ˜­

    BalasHapus
    Balasan
    1. kupang apa itu mba?? aku belum pernah coba sie..wahh bisa masuk list brarti nanti klo ke sby yaa

      Hapus
  10. Soto lamongan Cak Kahar sih pasti pengen aku coba kalau ke Surabaya. Karena aku suka persotoan. Di sana ada tempat private ber AC juga ya kak kalau mau ngadain acara. Noted. Oalah yang rawon setan ternyata asal usul namanya karena dulunya hanya beroperasi pada waktu petang sampai menjelang pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba klo mo adain acara adara ruang private nya juga...
      kebanyakan ngira rawon setan krn pedes...aku dl ngira jg gt soalnya hehe

      Hapus
  11. Wah aku langsung flashback masa kuliah aku di surabaya.. rawon kalkulator sudah jadi tempat fave malam2 si hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakk ya mbaaa malem2 makan yang anget2 hehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts