Museum Angkut, Destinasi Wisata Ramah Anak

Libur lebaran adalah musim liburan yang paling dinanti di Indonesia, tidak hanya oleh kaum muslim namun juga nonmuslim. Kenapa begitu?? Karena liburan lebaran adalah salah satu musim libur panjang ditengah-tengah jadwal pekerjaan & pendidikan yang padat. Pada saat libur lebaran biasanya lalu lintas padat dengan para pemudik yang kembali ke kampung halamannya untuk berkumpul dengan keluarga besar di Hari yang Fitri. Jadi jangan heran jika pada saat libur lebaran beberapa destinasi wisata pasti penuh dengan pengunjung. 

Tempat wisata yang ramah anak juga menjadi salah satu incaran untuk berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Tempat wisata yang ramah anak akan membuat waktu liburan terasa lebih menyenangkan dimana anak-anak akan bergembira menikmati liburan mereka. Anak-anak akan bisa memilih spot wisata atau atraksi yang tersedia sesuai dengan keinginan mereka. 

Untuk kalian yang sedang berkunjung ke daerah Jawa Timur atau lebih tepatnya ke daerah Malang, saya mempunyai salah satu rekomendasi tempat wisata yang dijamin anak-anak pasti senang berkunjung kesana. Tempat wisata tersebut adalah Museum Angkut Batu Malang. Kebetulan tahun kemarin saya dan suami juga berkesempatan berkunjung ke Museum Angkut. Saat itu kami berkunjung tidak di peak season sehingga suasana di Museum Angkut  tdak begitu ramai. 

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Kalian yang berkunjung ke Museum Angkut bisa menghabiskan waktu seharian jika ingin benar-benar menjelajah setiap areanya. Museum Angkut ini memadukan konsep atraksi hiburan dan sejarah alat transportasi dari seluruh dunia.


JAM OPERASIONAL & TIKET

Museum Angkut buka setiap hari dari jam 12.00-20.00 WIB. Harga tiket masuknya memang sedikit mahal namun hal itu sepadan dengan berbagai atraksi dan pertunjukan yang bisa kita lihat di Museum Angkut. Harga Tiket untuk weekday adalah 100k dan untuk weekend atau hari libur nasional adalah sebesar 120k. 


DENAH MUSEUM ANGKUT

Museum Angkut sendiri dibagi menjadi beberapa zona atau area, yang tiap zona mempunyai kharakteristik masing-masing sesuai dengan namanya. Berikut zona-zona yang ada di Museum Angkut :

1. Zona Hall Utama

Zona ini adalah area yang berada di paling depan. Begitu kita masuk setelah pembelian tiket Museum Angkut maka kita akan berada di Zona Hall Utama ini. Disini pengunjung akan melihat berbagai koleksi mobil atau sarana transportasi dari waktu ke waktu dari berbagai negara berikut lengkap dengan penjelasan dan sejarahnya.

2. Zona Garbarata

Zona ini dimanfaatkan sebagai sarana edukasi untuk para pengunjung museum. Disini ditampilkan beberapa moda transportasi dengan penjelasan yang detail dari transportasi zaman dahulu sampai perkiraan transportasi di masa depan. Di zona ini juga terdapat replika mobil dan arena balap/paddock  F1 serta terdapat game simulasi mengendarai mobil F1.

3. Zona Runway 27 Airport

Di zona ini ditampilkan replika Pesawat Keprisedenan yang didesain menyerupai pesawat kepresidenan pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Selain itu juga terdapat area flight simulator dimana pengunjung akan belajar menjadi seorang pilot dengan duduk langsung di area kokpit pesawat. Terdapat juga beberapa jenis helikopter yang dipajang di sebelah Pesawat Kepresidenan. 

4. Zona Pecinan

Zona Pecinan menampilkan suasana khas kota Pecinan yang memang didominasi dengan ornamen china. Terdapat berbagai toko-toko khas kota china di sebelah kanan kiri lengkap dengan lampion-lampion yanh didominasi warna merah dan tak lupa aneka mobil dan alat transportasi lain yang terparkir di pinggir jalan.

5. Zona Batavia 

Di zona ini, kita akan dibawa ke nuansa Sunda Kelapa atau Batavia tempo dulu. Disini terdapat miniatur kapal yang sedng berlabuh dan berbagai alat transportasi pada jaman dahulu yang masih menggunakan sapi sebagai alat penggerak kereta kayu.

6. Zona Amerika

Zona ini menampilkan suasana kota gangster yang identik dengan arena balapan mobil dan tembak-tembakan dengan lingkungan yang biasanya banyak terdapat kedai minuman keras. Namun suasana kota kelam telah diubah menjadi suasana kota yang lebih bercahaya dengan dilengkapi panggung pertunjukan Broadway.

7. Zona Uni Eropa

Menonjolkan beberapa daerah di Eropa seperti Inggris, Perancis, German dan Italy. Zona ini juga terdapat miniatur menara Eiffel Paris dan replika Stasiun Kereta pada film Harry Potter. Juga pastinya terdapat beberapa mobil antik khas Inggris. 

8. Buckhingham Palace

Menampilkan suasana sekitar Buckingham Palace di Inggris lengkap dengan beberapa pos penjagaan serta taman bunga di depan istana.

9. Zona Las Vegas

Dari namanya saja kita sudah tahu pasti zona ini  menampilkan kemewahan dan kemeriahan kota Las Vegas yang identik dengan kehidupan malamnya di kasino dan pesta.

10. Zona Hollywood

Zona Hollywood menampilkan mobil-mobil yang digunakan pada film boxmovies Hollywood seperti mobil Batman dan beberapa mobil lainnya. Selain itu juga terdapat patung Hulk besar yang tengah beraksi menghancurkan tumpukan mobil.

11. Zona Pasar Apung

Setelah puas menjelajah didalam area Museum Angkut maka kita beranjak keluar dan di bagian luar terdaat zona terakhir yaitu Zona Pasar Apung. Disini terdapat berbagai macam souvenir dan cinderamata yang dijual untuk oleh-oleh. kita juga bisa menikmati kuliner sambil berada di atas perahu pada sebuah sungai kecil. Kegiatan jual beli juga bisa kita lakukan diatas perahu ini seperti yang terdapat di daerah Banjarmasin. Disekitar zona ini juga terdapat Museum Topeng dan juga pojok seni dimana dipajang berbagai jenis topeng dari berbagai kota di Indonesia serta berbagai senjata tradisionalnya. 

Denah Museum Angkut


SPESIAL SHOW

Selain menampilkan aneka koleksi mobil dan alat transportasi di masing masing zona, Museum Angkut juga menampilkan berbagai atraksi menarik di masing-masing zona tersebut pada jam - jam yang sudah ditentukan. Berikut adalah detail show setiap harinya

Selain jadwal tetap tersebut, untuk event atau hari libur khusus biasanya juga ada atraksi tambahan di luar jadwal tetapnya.

Bagaimana menarik bukan mengunjungi Museum Angkut?? Dijamin anak-anak bakal betah keliling di Museum Angkut atau bahkan enggan diajak pulang saking asiknya 😁.

Didalam lokasi Museum Angkut juga sudah lengkap terdapat area toilet, mushola, foodcourt, minimarket sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir kalau merasa haus dan lapar. 

Jika anda berkunjung pada saat High Season seperti Libur Lebaran ini ada baiknya anda bisa membeli tiket secara online terlebih dahulu untuk menghindari antrian yang panjang. Pembelian tiket bisa dilakukan melalui web jawatimurpark  selaku pengelola maupun lewat ecommerce tiketing lainnya seperti tiket.com maupun traveloka. 

Selamat menikmati liburan di Museum Angkut bersama keluarga tercinta ❤️❤️


Foto dokumentasi pribadi & https://jtp.id/museumangkut/

Posting Komentar

Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts