Angkringan Omah Semar Danliris : Kenyamanan dan Sambal Juaranya

Angkringan Omah Semar Solo

Angkringan adalah salah satu jenis kuliner yang terkenal di sekitar Jawa Tengah dan Jogja. Di Angkringan biasanya menyediakan menu aneka nasi bungkus seperti nasi oseng, nasi sambal dll yang dilengkapi berbagai lauk gorengan dan sate tusuk. Namun seiring dengan perkembangannya sekarang angkringan tidak hanya menyedikaan nasi bungkus dan gorengan saja namun juga menyediakan aneka menu tradisional khas daerah tersebut seperti bakmi jawa, nasi goreng dll.

Salah satu angkringan yang terkenal di daerah Solo adalah Angkringan Omah Semar. Angkringan Omah Semar Solo mempunyai dua cabang yaitu yang pertama di daerah Jajar tepatnya di Jl Duku 1 Jajar dan yang kedua adalah di daerah Danliris Colomadu. Kali ini aku ingin menceritakan pengalaman kuliner kami di Angkringan Omah Semar Danliris.

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Angkringan Omah Semar Danliris beralamatkan di Jl Danliris no 88 Blulukan Colomadu atau lebih mudahnya di jalan samping Hotel Alana. Angkringan Omah Semar Danliris buka setiap hari dari jam 10.00-21.00 WIB. Dari tampilan depan Angkringan Omah Semar terlihat kecil namun ternyata bagian dalamnya cukup luas dan terdiri dari dua lantai sehingga bisa menampung banyak pengunjung. Angkringan Omah Semar sudah cukup terkenal di daerah Solo bahkan sudah banyak pejabat tinggi hingga menteri atau anggota DPR yang berkunjung ke Angkringan Omah Semar ini.

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Angkringan Omah Semar menonjolkan konsep arsitektur Jawa dimana terdapat beberapa patung-patung khas Jawa. Selain itu juga banyak terdapat kayu-kayu gebyok ukiran Jawa dan juga meja kursi kayu berukir khas tempo dulu. Bagian dalam Angkringan Omah Semar terlihat sejuk dimana banyak terdapat tanaman hijau dan juga gemericik air kolam membuat pengunjung merasa betah dan nyaman. Angkringan Omah Semar Danliris juga dilengkapi Mushola yang berada di lantai 2.

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Angkringan Omah Semar Danliris selain menyediakan area makan di dalam ternyata di bagian luar atau tepatnya di samping area parkir juga terdapat area makan dan juga dapur terbuka. Area luar tersebut digunakan sebagai dapur untuk memasak Bakmi Jowo dan Nasi Goreng. Sehingga jika kita memesan menu tersebut kita bisa menikmatinya di area luar maupun di area dalam.

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Selain menyediakan bakmi jowo, Angkringan Omah Semar Danliris menyediakan menu lainnya seperti ayam goreng, iiga goreng, aneka sayuran tradisional spt oseng, lodeh dll. Dan di malam hari ada tambahan menu khusus yaitu aneka nasi bungkus serta sate tusuk seperti yang ada di angkringan pada umumnya. Karena kami berkunjung ke Angkringan Omah Semar pada siang hari sehingga kami tidak berkesempatan mencoba aneka nsai bungkus dan sate-sateannya. Angkringan Omah Semar juga menyediakan aneka minuman tradisional seperti wedang jahe, wedang tamansari bahkan ada wedang jokowi. Katanya wedang Jokowi ini adalah minuman yang menggunakan bahan-bahan seperti jamu yang biasa dikonsumsi Bapak Jokowi.

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Di Angkringan Omah Semar kami memesan ayam goreng, empal goreng, bakwan dan es teh. Menu ayam dan empal goreng sudah dilengkapi dengan aneka lalapan yang komplit  dan sambal terasi. Ada juga taburan serundeng diatas ayam/iga sehingga menambah rasa gurih saat kita memakannya. Nasi yang disajikan sangat pulen dan yang paling juara adalah sambal terasinya yang terasa nikmat. Sambal terasinya dilengkapi dengan jeruk nipis sehingga menambah aroma segar. Saking nikmatnya sambal terasi sampai-sempai teman saya habis dua porsi sambal sekaligus 😁

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Angkringan Omah Semar Danliris Solo

Secara keseluruhan masakan yang dihidangkan di Angkringan Omah Semar cukup nikmat. Dengan suasana yang nyaman dan hommy membuatnya cocok untuk dijadikan salah satu tempat makan keluarga. Mungkin yang perlu dipertimbangkan adalah area parkir yang perlu diperluas, karena saat banyak pengunjung biasanya parkir mobil berada di pinggir jalan umum yang sebenarnya jalan tersebut tidak terlalu luas sehingga bisa mengganggu pengguna jalan yang lain.

Sekian cerita pengalamanku kuliner di Angkringan Omah Semar Danliris sampai bertemu di cerita selanjutnya💓💓

20 komentar

  1. Weleeeh, ini mah angkringan level highclass ya, wkwkwk. Soalnya keliatan otentik banget dari segi arsitektur, menu sampe ke penyajiannya juga. Wajar aja kalo pejabat banyak juga yang melipir.

    Disini mah, angkringan rata-rata cuma pinggir jalan doanggg. Terkenal sama sate jeroan yang harganya lumayan pricy, ngoehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bener banget mas,,,ini angkringan memang highclass..enggak yg bener2 angkringan pinggir jalan itu yg murmer 10rb dh kenyang :)

      Hapus
  2. tempatnya estetik sekali dan terlihat sangat tradisional namun tertata apik. Awalnya berpikir apa iya Angkringan Omah Semar Danliris jualan nasi kucing dan sate satean gitu hehehe ternyata makanannya sudah dibua ciamik tampilannya dan menggugah selera. Jadi laper dong ya apalagi aku pecinta sambel yang pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi kucing dan aneka sate jeroannya sdh dimodifikasi kak sesuai dengan tempatnyaa hihihi to gak tau juga kenapa namnya masih tetep angkringan yaa nah loo ;D

      Hapus
  3. Angkringan nya mewah banget yaa ini resto dengan konsep angkringan ya mana makanannya enak semua...bintangi ahh buat referensi

    BalasHapus
  4. ini angkringan mewah juga ya, biasanya selama ini kalau ada sebutan nama angkringan selalu berlokasi di pinggir jalan dan lesehan
    Kalau angkringannya senyaman ini, bisa betah juga disana ya, terus pilihan makanannya juga cukup banyak, ada makanan beratnya juga, ada bakmi jowo, astagahh aku lama banget ga makan bakmi jowo khas jawa tengah. Jadi kangen jawa tengah jadinya

    BalasHapus
  5. Aku jd laper mbakkk liatnya kok kayanya wuenak tenan to. Kaya gini sih worth it banget buat di coba ya, apalagi aku suka banget sambal2an gitu

    BalasHapus
  6. Walopun suami ku solo, tapi aku ttp aja ngerasa takjub tiap balik ke solo kok ya makin banyak resto yg aku baru tahu 🤣🤣. Pengen banget cobain ntr. Malah seneng sih dpt rekomendasi tempat makan begini di solo. Jadi aku bisa cobain yg belum pernah aku coba mba. Bosen juga soalnya kalo yg itu2 aja.

    BalasHapus
  7. Aku di Jakarta dan Bogor sering liat angkringan ala kami tuh bener-bener warung tendaan yang buka sore sampe malem. Takjub lho lihat Angkringan Omah Semar yang sedemikian epik, nuansa Jawa nya di arsitektur terasa kental, aku suka sama vibes nya, tempatnya luas dan terasa elite, makananya pun sangat menggoda, boleh lah next trip aku coba mampir icip-icip menu dan nikmatin kenyamanan tempat nya.

    BalasHapus
  8. Angkringan sebenernya konotasinya jajanan kaki lima ya. Kalo resto gini mah naik level banget. Menunya jg so pasti mewah.. Suasana restonya asyik nih tuk bawa makan rame²..

    BalasHapus
  9. ini kayaknya lebih tepat disebut rumah makan ya ketimbang angkringan hehe. penasaran eh sama kota solo kemarin cuma sempat ke jogja semoga nanti bisa ke solo

    BalasHapus
  10. Ini bukan angkringan sembarang angkringan ya, mewah dan nyaman banget tempatnya kak buat makan, menunya menggoda selera pagi-pagi pengen banget nyobain makan di situ, semoga kalau ke Jogja bisa nyobain makan ke sini

    BalasHapus
  11. Yakin enak banget sih makan di Angkringan Omah Semar Danliris.
    Tatakannya masih daun pisang, jadi wangiii~
    Dan ditambah suasananya Jawa banget. Serasa makan dirumah nenek.

    BalasHapus
  12. Kalau makan di angkringan ini, mungkin aku gak mau pulang. Soalnya nyaman banget bisa sekalian ngobrol sama teman atau kerabat. Buat acara gathering juga oke

    BalasHapus
  13. Ini buat orang yang demen makan angkringan sekaligus pengen dapetin suasana ala rumah orang kaya jawa jaman dulu ya...
    Penataannya pun bagus dan cantik... pas buat ngajak tamu makan di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa ini semacam angkringan yang naik kelas sie kalo aku soalenya menu nya juga ada macem2 dan tempat nya jawani banget :)

      Hapus
  14. Wah suka lihat suasana angkringannya, nyaman dan tradisional banget. Bisa memberikan pengalaman makan yang berbeda dan menyenangkan ya. Menu-menunya juga begitu menggoda. Kalau ke Solo kudu mampir nih ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi boleh banget mbakk agendakan mampir ini klo pas ke solo yaa :)

      Hapus
  15. Suasana yg jarang ditemukan di ibukota, bikin kangen kampung halaman deh jadinya. Apalagi liat menu2 makanannya, duuh bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. agendakan buat mudik mbaaa biar bisa kulineran khas yng tidak ada di ibukota :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts