Borneo Wonderland : Destinasi Wisata Baru di Kalimantan Selatan

Borneo Wonderland

Kalimantan Selatan banyak menyuguhkan wisata alam yang dimiliki dan ada beberapa spot pariwisata yang telah aku tulis sebelumnya. Beberapa destinasi wisata di Kalimantan Selatan tersebut diantaranya adalah Riam Kanan , Pasar Terapung Lok Bintan , Tahura Sultan Adam dan pasti ada beberapa destinasi wisata lainnya yang belum kami kunjungi.

Kali ini aku ingin bercerita tentang salah satu destinasi wisata baru di Kalimantan Selatan yaitu Borneo Wonderland. Borneo Wonderland tepatnya berada di wilayah Pulau Nyiur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Kawasan wisata Borneo Wonderland ini adalah satu bagian dengan Tahfidz Land yang sekarang masih dalam tahap pengembangan. Kawasan Tahfidz Land sendiri mempunyai luas sekitar 55ha yang nantinya akan dibangun pondok pesantren Tahfidz, masjid, villa dll.

Borneo Wonderland

Dari kota Banjarmasin ke kawasan Borneo Wonderland berjarak sekitar 60km yang bisa kita tempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. Secara keseluruhan jalan yang dilalui menuju Borneo Wonderland sudah bagus semua kecuali di 4km terakhir kita diharuskan melewati jalan berbatu yang masih belum diaspal. Jadi sebelum menuju ke Borneo Wonderland sebaiknya dipersiapkan dulu kendaraan dan stamina karena melewati jalan berbatu itu lumayan menguras tenaga 😀. Dijalan tersebut kita juga akan melewati perkebunan karet di sebelah kanan kiri, namun sayang perkebunan dan pengolahan karet tersebut sekarang sudah tidak difungsikan kembali.

Borneo Wonderland

Borneo Wonderland baru saja dibuka pada bulan Desember 2022, sehingga sepertinya masih dilakukan beberapa penyempurnaan fasilitas. Borneo Wonderland dibuka dari pukul 08.30-18.00 WITA dengan tiket masuk seharga 40rb/orang. Borneo Wonderland biasanya akan lebih ramai pada saat sore hari dimana panas sudah tidak terlalu terik dan merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan suasana matahari terbenam.

Borneo Wonderland

Sampai di kawasan Borneo Wonderland kita akan disuguhi pemandangan pegunungan dan langit biru yang indah memanjakan mata. Di Borneo Wonderland ada beberapa spot foto menarik yang cocok kita gunakan untuk dokumentasi. Spot foto tersebut diantaranya adalah jaring-jaring, pigura, ayunan dan lain-lain. Ada juga spot foto Balon Udara namun sayang pada saat kami disana tampaknya penutup balon udaranya sudah lepas sehingga tidak tampak estetik lagi. Namun ada salah satu spot foto yang paling menarik buat saya adalah Jembatan Langit dimana jembatan ini berdiri sendiri menjulang ke atas seakan-akan mengarah naik ke langit.

Playground area

Borneo Wonderland

Jembatan Langit

Selain beberapa spot foto yang menarik, Borneo Wonderland juga menyediakan beberapa wahana seperti ATV, Playground, Bioskop 3D mini dll. Borneo Wonderland juga menyediakan fasilitas camping ground pada weekend lengkap dengan tenda dan perlengkapan lainnya. Untuk kalian yang ingin melakukan camping kalian bisa revervasi telebih dahulu di Reservasi Camping. Ada juga wahana memanah dan berkuda tapi sayang pada saat kami kesana sepertinya wahana tersebut sedang tutup. Mungkin wahana tersebut hanya dibuka untuk saat tertentu atau saat ada kunjungan rombongan dengan reservasi.

Borneo Wonderland

Di Borneo wonderland para pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar karena di Borneo Wonderland sudah tersedia foodcourt yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan. Buat kalian yang hobi kopi juga tidak perlu khawatir karena di Borneo Wonderland juga tersedia Coffeeshop di samping area foodcourt. 

Foodcourt Borneo Wonderland

Selesai kita menikmati pemandangan dan bersantai di Borneo wonderland maka saat kita menuju jalan keluar kita akan dilewatkan pada area oleh-oleh. Disini dijual aneka macam kerajinan dan makanan khas Kalimantan Selatan. Secara keseluruhan Borneo Wonderland adalah tempat wisata yang menarik bagi seluruh keluarga. mungkin nanti setelah jalan menuju Borneo Wonderland sudah halus terasapal maka perjalanan akan lebih nyaman lagi.

Oleh-oleh

Oleh-oleh

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

Posting Komentar

Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts