Desa Salira, Rumah Makan Dengan Menu Khas Pedesaan

Desa Saliran Gonilan

Desa Salira adalah salah satu rumah makan yang berada di daerah Gonilan Suhoharjo atau lebih tepatnya di Jl. Rajawali Raya No.32, Nilagraha, Gonilan, Sukoharjo. Meskipun baru berdiri sekitar satu tahun namun rumah makan ini sudah cukup terkenal apalagi dikalangan mahasiswa karena Desa Salira berlokasi di belakang kampus UMS (Universitas Muhammadiyah Solo). 

Saya sendiri juga sudah sering mendengar nama Desa Salira dari teman-teman dan beberapa kali ingin mencobanya namun akhirnya baru kesampaian hari kamis kemarin. Saya kesana bersama seorang teman untuk makan siang sekaligus tempat berbagi cerita. Desa Salira buka dari pukul 09.00-23.00 WIB sehingga bisa dijadikan tempat untuk sarapan, makan siang maupun makan malam.

Pertama kali sampai di Desa Salira terlihat area parkir yang sangat luas namun cukup terik karena sedikit pohon yang ada disekitarnya. Setelah masuk ke dalam area tempat makan barulah terasa suasana yang sedikit sejuk karena terdapat banyak pepohonan. Tempat makannya terdiri dari beberapa bangunan joglo terbuka dan area outdoor di bagian samping dan paling belakang.

Desa Saliran Gonilan

Memasuki bangunan pertama terdiri dari sebuah etalase yang menyajikan aneka masakan rumahan khas tempo dulu yang berjejer rapi. Ada aneka sayur seperti sayur lodeh, aneka oseng-oseng, bakmi goreng, telur balado dll. Selain aneka sayuran rumahan, tersedia juga aneka nasi cobek seperti ikan goreng, ayam goreng dan telur goreng. Tersedia juga kids meal yang terdiri dari nasi katsu dan nasi sosis nugget.

Desa Saliran Gonilan

Berjalan masuk dari area etalase makanan adalah kasir dan juga tempat kita memesan minuman dan aneka camilan. Camilan yang tersedia berupa aneka gorengan seperti bakwan, mendoan dll yang digoreng hangat saat pemesanan. Untuk minuman, Desa Salira mempunya minuman signature diantaranya Tirtonadi, Bengawan, Kauman dll. Minuman tersebut ada yang berbahan dasar teh ada juga yang berbahan dasar kopi. Selain minuman tersebut tersedia juga minuman tradisional lainnya seperti teh jahe, wedang jeruk dll.

Setelah melakukan pemesanan dan pembayaran maka kita bisa memilih tempat duduk yang kita inginkan. Tak perlu menunggu terlalu lama makan pesanan kita pun diantar. Untuk harga juga relatif standart dan masakannya pun juga enak-enak sehingga meskipun hanya menawarkan menu yang sederhana namun akan terasa nikmat.

Dengan menawarkan konsep tempo dulu maka meja kursi yang disediakan juga meja kursi kayu khas dari desa. Suasana di Desa Salira cocok untuk kita yang ingin berlama-lama hangout bersama keluarga atau teman tanpa merasa harus diburu-buru. Disamping area joglo terdapat area outdoor dimana jika kita membawa anak-anak maka bisa leluasa bermain disana karena  terdapat ayunan dan perosotan. Desa Salira dilengkapi juga area mushola yang cukup luas dan area toilet yang bersih.

Desa Saliran Gonilan

Meskipun saat itu siang namun tidak berasa terlalu panas karena berasa hembusan angin sepoi-sepoi. Mungkin saat malam hari suasana terasa lebih nyaman karena ada hiasan lampu disekitarnya. Juga saat weekend terdapat performance live accoustic yang memanjakan pengunjung di malam panjang. Untuk teman-teman yang berada di daerah solo dan mencari kuliner tempo dulu mungkin Desa Salira bisa dijadikan salah satu pilihan.

2 komentar

  1. Suamiku orang solo, dan kami sebenernya sering mudik ke sana mba. Tapi baru tau desa salira ini 😅. Padahal tempatnya lumayan gede juga yaa, menunya juga aku suka yg ala kampung atau rumahan gini.

    Next kalo mudik solo, aku coba mampirin deh. Biasanya saking udah banyak wiskul di solo, kami pun suka bingung mau makan di mana lagi 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh ternyata suaminya dari solo tooo :D
      Solonya mana mbaa? Klo Desa Salira deket UMS jd masuknya daerah Sukoharjo hehehe
      Tempatnya luas kok, recommended kalo mau ajak keluarga besar kesini, masakannya juga enak2 khas masakan rumahan jawa :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts