Aranaway Banjar : Destinasi Wisata Keluarga dengan Penginapan di Tepi Sungai

Aranaway

Menemukan tempat wisata di Kawasan Banjarmasin dan sekitarnya memang susah-susah gampang, hal ini karena banyak wisata alam yang belum dikembangkan. Dan seperti yang sudah saya ceritakan di artikel sebelumnya, saat kami berjalan pulang dari Bukit Mawar kami memutuskan untuk mampir ke tempat wisata Aranaway. Kenapa lokasi Aranaway menarik perhatian kami?? Karena pada saat kami lewat terlihat sangat indah dan rapi serta berada di tepi sungai  yang ramai dengan beberapa anak kecil dan dewasa duduk santai dan bermain di aliran sungai tersebut. Hal itulan yang mencuri perhatian kami sehingga memutuskan untuk singgah ke Aranaway.

LOKASI & TIKET MASUK

Aranaway

Wisata Aranaway berlokasi di desa Kiram Atas Kec Banjar Kalimantan Selatan dan kita pasti melewatinya saat hendak berkunjung ke Bukit Mawar. Aranaway sendiri ternyata adalah nama sebuah sungai yang mengalir dari hulu di pegunungan Kiram Atas menuju hilir ke desa Kiram. Sungai inilah yang juga dijadikan tempat bermain air di Wisata Aranaway. 

Aranaway

Tiket masuk ke Wisata Aranaway cukup murah yaitu @5rb saja. Memasuki kawasan Wisata Aranaway terlihat kawasan parkir yang cukup luas. Tempatnya menurut saya sangat bersih dan rapi sehingga kita merasa lebih nyaman saat berada di sana untuk bersantai. Di Aranaway terdapat beberapa gazebo yang disewakan untuk umum dengan harga 50rb/3jam. Pada saat kami tiba di Wisata Aranaway tampak gazebo sudah penuh dengan pengunjung. Aranaway dilengkapi juga toilet umum dan area mushola yang cukup luas dan bersih.

FASILITAS & SUASANA

Aranaway

Tempat wisata Aranaway juga menyediakan berbagai penginapan/villa dalam berbagai ukuran dengan harga sewa antara 500rb-950rb. Villa tersebut berbentuk rumah panggung dimana masing-masing Villa dilengkapi dengan bed lantai, AC, dispenser dan peralatan lainnya. Villa terkecil bisa digunakan untuk 5 orang dan villa terbesar bisa mencakup 15 orang. Dengan adanya fasilitas penginapan yang cukup banyak, Villa Aranaway cocok untuk liburan keluarga dan juga acara gathering.

Aranaway
Aranaway

Villa di Aranaway juga bisa disewa setengah hari dengan harga sewa setengah dari harga normal. Karena bangunan villa yang dari kayu dan full karpet maka tamu villa dilarang memasak di dalam ruangan kamar namun bisa dilakukan di teras maupun gazebo yang telah disediakan. Selain itu tamu villa juga diperkenankan untuk membawa tenda maksimal 2 buah dengan kapasitas 2 orang. Jadi kita juga bisa merasakan suasana camping di Villa Aranaway.

Aranaway

Terdapat juga sebuah cafรฉ yang menyediakan aneka minuman dan makanan. Untuk makanan besar cafรฉ Aranaway hanya menyediakan ayam rempah dan aneka mie instan. Saat itu kami hanya memesan mie instan dan teh botol sebagai menu makan siang karena memang tidak terlalu lapar๐Ÿ˜Š.

Jika teman-teman datang rombongan dan ingin memesan menu yang berbeda, maka teman-teman bisa melakukan reservasi menu terlebih dahulu sebelum ke Aranaway. Di Wisata Aranaway juga memperbolehkan pengunjung untuk membawa makanan sendiri dan memasaknya disana. Jadi teman-teman bisa membawa kompor portable dan aneka bahan dan perlengkapannya untuk kemudian dimasak disana dengan menyewa gazebo yang tersedia sebagai tepat berteduh.

Aranaway

Aranaway juga menyediakan sewa sepeda listrik, ATV, Scooter dan minicross yang bisa digunakan untuk berkeliling sekitar Villa dengan harga sewa antara 25rb-60rb per 30menit. Untuk teman-teman yang ingin bermain air juga tersedia river tubing namun ketika kami disana, river tubing sedang tidak beroperasi karena debit air sungai yang masih minim akibat kemarau panjang. Disana kami memutuskan untuk menyewa sepeda listrik untuk berkeliling.

Aranaway

Villa Aranaway mempunyai lokasi yang cukup luas dan terdapat beberapa spot foto yang estetik. Ditambah dengan berbagai pohon besar yang rindang dan aneka bunga yang cantik membuat pengunjung merasa betah. Pengunjung juga bebas untuk bermain air di Sungai Aranaway. Pertama saya kira kalau sungai tersebut jernih seperti sungai dari mata air namun ternyata Sungai Aranaway berwarna coklat. Meskipun begitu terlihat banyak pengunjung yang bermain air disana ataupun sekedar berfoto cantik.

Aranaway

Setelah puas berkeliling dengan sepeda listrik sambil berfoto ria kamipun memutuskan untuk beranjak pulang karena hari juga sudah sore. Jadi untuk teman-teman yang ingin berwisata keluarga sejenak melepaskan diri dari rutinitas bisa mengunjungi Wisata Aranaway sebagai salah satu referensi ๐Ÿ˜Š

Sekian cerita pengalaman kami, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya ๐Ÿ’–๐Ÿ’–

29 komentar

  1. Sukaaaa liat design villanya. Apalagi kayu ❤️❤️. Kesan nya honey dan hangat kalo kayu itu. Ga terlalu mahal sih ya mba, apalagi kan kalo perginya rame2, bisa sharing cost. Dan sungainya juga tipe yg bisa dimainin anak2 buat main air.

    Ga tau nih kapan bisa ke Kalimantan ๐Ÿ˜„. Banyak bgt tempat yg mau aku datangin, cuma waktunya ga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba enaknya ini buat rame2 soalnya kan mayan gede2 juga kamarnya yaa..cocoklah buat healing keluarga..yang tua bisa menikmati alam yg bocah bisa maen air ato sewa atv muter2 nti malemnya bbq an hehe

      Hapus
    2. Aku tuh banyaaak baca ttg wisata Kalimantan, walopun yg paling sering itu ttg Pontianak. Tapi bikin makin kuat pengeen bgt bisa injakin kaki kesana mba. Kalo bisa visit semua kotanya bagus, tapi kalo ga, bisa datangin 2 aja deh, biar bisa ngerasain kuliner asli Kalimantan dan tempat wisata ๐Ÿ˜„

      Hapus
    3. ponti kuliner nya enak-enak katanyaaa mbaaa...kalo dibanjarmasin terbatas sie kulinernya hehe...aku juga pengen ih bisa ke pontianak mungkin karena banyak peranakan jd kulinernya lebih bervariasi kali yaa

      Hapus
  2. Tarifnya kenapa ada +50k nya ya kak? Biaya admin, pajak atau apa tuh? Kenapa nggak disatukan aja sama harganya ya? Duh maaf aku banyak nanya habis kepo huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. keliatannya sie untuk deposit ya kak...nanti dikembalikan lagi kalau dh selesai hehe

      Hapus
  3. Cantik sekali Aranaway. Vilanya juga unik. Bisa puas banget untuk refreshing sekalian foto2 di sana๐Ÿ˜„

    Eh kak adik iparku ada yg orang Sampit. Dari Sampit ke sana jauh banget kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mayan jauh bunda kalo banjarmasin ke sampit ada sekitar 10 jam :)

      Hapus
  4. Wah suka sekali dengan tempat menginap yang sangat fleksibel seperti di villa aranaway ini bisa menyewa setengah hari boleh membawa makanan sendiri yang kadang-kadang merupakan tantangan besar buat Resort lainnya biasanya soalnya dilarang kan.Tapi kalau bawa keluarga senangnya bawa makanan sendiri karena kita bisa menyesuaikan dengan jatah dan juga saudara keluarga masing-masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari pengamatanku selama ke beberapa tempat wisata di kalsel..mereka kebanyakan bawa bekel sendiri kak..jadi ditempat wisata mereka gelar tikar dan buka deh bekal makanan nya..
      jadi mungkin dr kebiasan masyarakat tersebut sehingga dibebaskan membawa makanan sendiri :)

      Hapus
  5. Villanya bentuknya estetik banget yhaa. Aku sebenernya suka banget sama villa yang modelan kayu begitu, asalkan di pegunungan yhaa. Soalnya kalo di daerah pantai, ga cocok. Pengap dan panas bangettt kalo siang bolong wkwkwk

    Ini potensi wisatanya bagus banget sih. Plus ada dukungan penyewaan transport ramah lingkungan juga. Tinggal menanti waktu, mungkin kalau ibukota sudah pindah ke IKN, barulah progressnya bakal lebih cepat lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak sebenernya di kalsel banyak obyek wisata alam yang perlu lebih dikembangkan lagi..yupp mungkin benar setelah IKN beroperasi mungkin akan berimbas ke kalsel juga :)

      Hapus
  6. sepeda gak ada ka hehehe..adanya yang bermesin jadi tinggal werrr gasss jalan dehhh..mungkin konsepnya untuk memanjakan pengunjung biar gak kecapekan kalo muter2 hihihi

    BalasHapus
  7. duhhh cakep tempatnya, disediakan villa buat staycation. Jadi seru aja bisa liburan bareng keluarga. Pasti menyenangkan sekali suasananya dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Cakep sih ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting ini nie jauh dr kota biar bisa mendengarkan gemericik air sungai dan suara alam ;D

      Hapus
  8. Bagus rumah panggungnya. Harusnya ada foto² ruangannya kak.. Pingin liat dalemnya hehe. Pemandangan di sana kynya lebih menarik klo sungainya ada airnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa yaa kak harusnya sie sekalian cek ruangan villanya ya..gak kepikiran sie kemarin sibuk muter2 pake sepeda listrik haha

      Hapus
  9. Masyaallah, villa yg indah ditambah sungainya yg ramah anak. Nah, soal bawa makanan sendiri ini nih yg saya suka, bisa makin hemat kan yah. Karena biasanya kalau beli di area wisata itu harganya mahal-mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemat plus bisa disesuaikan dengan selera kita ya kak jadi pasti nanti gak ada makanan yg mubadzir :)

      Hapus
  10. Wah seru banget ini bisa nginep di tempat kayak gini. Huhu mupeng banget deh. Kepengen bisa ajak keluarga. Anak-anak, suami, dan mama ke tempat kayak gini. Seseruan di alam. Udah bosen main di mall mah ya. Semoga segera bisa main dan nginep di tempat kayak gini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak healing terbaik emang di alam sie ya kalo menurut aku malah bisa quality time banget sama keluarga..semoga segera diberi kesempatan kak buat berlibur ke alam :)

      Hapus
  11. Menyenangkan banget tempatnya yaa cocok untuk liburan bersama keluarga menyatu dengan alam, banyak fasilitas yang menarik pula seperti sepeda listrik dan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak wisata alam anak2 juga gak gabut karena bisa keliling naik sepeda listrik atv atopun main di sungai hehe

      Hapus
  12. Kalau menginap di villa secantik Aranaway Banjar ini bikin merasakan hidup ala ala orang Banjar yaa.. Back to nature is the best way of life.
    Hehhee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sedikit merasakan kehidupan banjar di alam kak :)

      Hapus
  13. Masyaallah ini kalo ajak pasukan kesini pasti mereka suka semua ... kayaknya bisa jadi destinasi pas libur nataru nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kak masukin list buat liburan nataru nanti pasti seruuuu!!

      Hapus
  14. Rumah panggungnya cantik bangettt... dan semua penginapannya terlihat nyaman ya... yang penting tu kalo penginapan adalah kenyamanan... catet dulu ah, buat referensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp bener banget harus nyaman karena kita bakal tidur disitu kalau gak nyaman dijamin gak bisa tidur nyenyak nantinya...masukin wishlist kak :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts