Review : Kampung Lauk Dengan Aneka Olahan Seafood Yang Memanjakan Lidah

Kampung Lauk Palangkaraya

Saat eksplore tempat baru kurang lengkap rasanya kalau kita tidak mencoba kuliner khas daerah tersebut. Tak terkecuali saat kami mengunjungi kota Palangkaraya kemarin. Saya sangat ingin mencoba kuliner khas daerah Kalimantan Tengah dan seorang teman merekomendasikan Restoran Kampung Lauk sebagai salah satu tempat yang wajib dicoba. Restoran Kampung Lauk beralamatkan di Jl. Bukit Rawi Km No.2, Pahandut Seberang, Palangkarya.

Restoran Kampung Lauk menyediakan aneka menu seafood dan ikan dimana beberapa ikan hanya ada di daerah Kalimantan. Selain digoreng atau dibakar, aneka ikan dan seafood tersebut juga diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Kalimantan Tengah. Tersedia juga aneka sayuran khas Kalimantan Tengah diantaranya adalah oseng kalakai dan sop rotan. Rotan?? Iya kayu rotan tapi tentu saja yang diolah adalah rotan muda sehingga tidak keras😊

Hari minggu akhirnya kami menuju Kampung Lauk untuk makan siang. Saat itu cuaca sedang syahdu hujan gerimis sejak pagi hari. Untungnya pada saat kami menuju Kampung Lauk hujan sedikit mereda. Setibanya di Kampung lauk terlihat beberapa mobil yang sudah terparkir, tampak ramai dengan pengunjung. Kesan pertama yang saya dapat Restoran Kampung Lauk terlihat luas dan rapi.

Kampung Lauk Palangkaraya
Area Kasir & Pemesanan
Kampung Lauk Palangkaraya
Area Minimarket
Restoran Kampung Lauk mempunyai area lobi yang cukup lapang. Sebelah kanan pintu masuk adalah minimarket yang menyediakan berbagi minuman kemasan dan camilan sedangkan area kiri adalah bagian pemesanan dan kasir. Jadi saat kita datang kita langsung diarahkan untuk memesan menu makanan terlebih dahulu. Disediakan beberapa buku menu lengkap dengan berbagai lauk, sayur dan minuman. Tersedia menu personal maupun menu paketan jika kita datang rombongan. Setelah selesai memesan maka kita akan diberikan no meja oleh petugas resepsionisnya.

Kampung Lauk Palangkaraya
Area Lesehan dan Kursi Depan
Masuk ke dalam terlihat area restoran yang sangat luas. Ada area lesehan dengan gazebo-gazebonya dan juga ada area meja kursi. Saaat itu kami mendapat no meja "patin 3" yang merupakan area gazebo di sebelah kiri. Sambil menunggu hidangan disajikan, saya mencoba berjalan keliling melihat area sekitar restoran. Dan ternyata bagian belakang Restoran Kampung Lauk berbatasan langsung dengan sebuah sungai yang cukup lebar.

Kampung Lauk Palangkaraya
Area Kursi Belakang
Kampung Lauk Palangkaraya
Pemandangan Sungai
Terdapat juga area live music ditengah restoran sehingga kita bisa menikmati makanan sambil mendengarkan alunan musik band yang sedang tampil saat itu. Terlihat juga banyak petugas yang siap sedia selalu membersihkan guguran dedaunan dan meja kursi para tamu sehingga kebersihan di area Kampung Laut cukup terjaga menurut saya.

Kampung Lauk Palangkaraya
Live Music
Kampung Lauk Palangkaraya
Area Lesehan Belakang
Tak perlu menunggu lama akhirnya pesanan kami datang. Kami memesan minuman jus jambu, jus alpukat, ikan nila bakar, sop udang, seluang goreng dan oseng kalakai. Saya memilih sop udang karena sepertinya menu ini juga jarang saya temukan di tempat lain. Sedangkan oseng kalakai adalah pesanan pak suami, saya sendiri juga belum pernah mencoba seperti apa kalalakai itu. Teman-teman tahukah apa itu kalakai? Kalakai adalah tanaman sejenis pakis atau paku-pakuan. Kalakai ini banyak kita jumpai di daerah Kalimantan Tengah dan menjadi salah satu sayuran khas disana.

Kampung Lauk Palangkaraya
Ikan Bakar & Oseng Kalakai

Satu persatu saya coba pesanan kami, namun tidak untuk oseng kalakaiπŸ˜€. Karena merasa asing saya memilih untuk tidak mencoba oseng kalakai, jadi pak suami yang menghabiskan karena beliau yang memesannya 😁. Pertama saya coba nila bakar, menurut saya bumbu bakarannya sudah pas terasa gurih manisnya apalagi dicocol sambal makin mantap. Sambalnya jenis sambal yang saya suka, sambal terasi matang yang tidak terlalu pedas namun segar.

Kemudian saya mencoba sop udangnya, pertama saya pikir mungkin agak amis atau gimana namun ternyata rasanya kuahnya sangat gurih dan enak. Kuah gurih yang panas terasa cocok di tenggorokan saat suasana sedang gerimis saat itu. Sop udang terdiri dari 5 ekor udang yang lumayan besar dan dagingnya padat berisi, sooo yummy menurut saya 😁. Sop udang ini benar-benar cocok untuk menghangatkan badan, teman-teman wajib coba menu ini kalau ke Kampung Lauk.

Selanjutnya saya coba ikan seluang goreng. Ikan seluang adalah ikan kecil-kecil yang banyak terdapat di daerah Kalimantan Tengah dan Selatan. Ikan seluang goreng disajikan dengan cara digoreng tepung. Rasanya sangat garing dan gurih meskipun terlihat banyak namun ternyata lama-lama habis karena rasanya yang kriuk-kriuk bikin susah berhenti πŸ˜ƒ.

Kampung Lauk Palangkaraya
Sop Udang & Seluang Goreng

Secara keseluruhan saya suka dengan semua masakan di Kampung Lauk kecuali oseng kalakai yang memang tidak saya icip. Dan semua pesanan kami akhirnya habis tak bersisa kecuali nasi tentu saja.

Harga menu di Kampung Lauk saya rasa cukup bersahabat, seperti semua pesanan kami tersebut 182k sudah termasuk pajak. Di buku menu yang disediakan juga sudah lengkap dengan harga sehingga kita bisa memilih menu sesuai dengan budget yang kita sediakan. Untuk menu paket juga tersedia dari harga 160k untuk 4 orang sudah lengkap dengan nasi dan minuman, murah bukan??

Tempat yang sangat luas, pelayanan dan kebersihan yang cukup baik juga menjadi nilai tambah dari Kampung Lauk. Jadi Buat teman-teman yang ke Palangkaraya wajib coba ke Restoran Kampung Lauk untuk merasakan beberapa menu otentik khas Kalimantan Tengah.
Sekian dulu cerita dari saya, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya πŸ’šπŸ’š

6 komentar

  1. indonesia memang kaya akan jenis dan aneka makanan yang sangat mengguga selerah, apalagi jika dinikmati bersama dengan suasana dan pemandangan alam yang menarik. jadi pengen berlibur ke tempat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betah kak kalo di kampung lauk..makanan nya oke vibes nya juga oke ditemani suara sungai dan live music jadi enggan beranjak hehe

      Hapus
  2. Uwaaaaaahhhhh SOP udang aku juga penasaraaan mba 😍😍😍😍. Pasti enak itu mah. Oseng kelakai jadj mirip pakis lah yaa..kalo pakis mah aku doyaaan banget Mbaa. Soalnya di Tapanuli kampungku Ini banyak. Tapi biasanya di gulai . Cuma kebayang sih rasanya kalo di oseng πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbaaa enak ini sop udangnya gurih anget langsung berasa mak nyesss saat dicoba hehehe...
      iyaaa mbaa kalakai klo dikita disebut pakis lah,,masih satu famili hehe

      Hapus
  3. Salah satu destinasi kuliner paling favorit nih di kota palangka raya.. Cita rasa khas makanan pulau kalimantan pasti bakalan ditemukan di Kampung Lauk.. sya sudah bbrapa kali mampir ke sini & selalu kangen makanan di sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok ya mas mo digunakan makan bareng teman atau untuk acara rombongan, makanan nya juga bener2 enakk khas kalimantan

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts