Selera Jawa Sunda (SJS) : Review Restoran khas Sunda di Solo

Selera Jawa Sunda

Masakan Sunda adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal di wilayah Jawa. Masakan Sunda sendiri mempunyai citarasa yang cukup kompleks dan unik, ada rasa manis, asin, pedas dan segar. Salah satu kuliner Sunda yang cukup terkenal adalah aneka pepes. Di Solo sendiri sekitar tiga tahun ini telah dibuka tempat makan khas Sunda yang bernama Selera Jawa Sunda. 

Selera Jawa Sunda pada awalnya hanya mempunyai satu cabang yaitu di Jl Pakel no 4 Klodran Banyuanyar Solo. Namun kini Selera Jawa Sunda telah membuka cabang kedua yang berlokasi di Jl Ir Sutami no 19 Jebres Solo. Saya sendiri belum pernah ke SJS yang cabang Jebres karena rumah kami yang lebih dekat dengan SJS Pusat yaitu yang di Klodran. Saya bersama teman atau keluarga telah beberapa kali mencoba kuliner di SJS dan merasa cocok dengan masakan yang ditawarkan. Kalau kami sedang ingin makan dirumah saja maka biasanya kami memesan lewat layanan online yang tersedia di gofood, grab maupun shopee.

Selera Jawa Sunda mempunyai menu andalan aneka pepes dan bebakaran. Terdapat beberapa aneka pepes diantaranya adalah nila pepes, lele pepes dan tahu pepes. Untuk menu bebakaran juga sendiri ada ayam dan aneka ikan. Selain kedua menu tersebut terdapat juga menu lainnya diataranya sop, bebek, seafood, aneka sambal dan camilan seperti tahu, tempe, jamur dan lain-lain.

Minuman yang ditawarkan di SJS juga bisa dibilang cukup lengkap dari aneka es teh, jeruk, kelapa muda hingga wedangan khas Solo seperti wedang jahe, wedang uwuh juga tersedia. Dengan harga yang relatif terjangkau dan citarasa yang cukup khas membuat tempat makan ini selalu ramai dengan para pengunjung. Teman-teman bisa cek aneka menu dan daftar harganya di Daftar Menu ini.

Sop Iga Selera Jawa Sunda

Salah satu menu yang saya suka di SJS adalah Sop Iga Sapi. Sop Iga ini terasa cocok ketika dinikmati pada siang ataupun malam hari membuat badan berasa hangat dan segar. Potongan daging iganya juga sangat empuk sehingga mudah untuk dinikmati. Dilengkapi dengan aneka sayuran segar seperti wortel, kentang dan brokoli menjadikannya sebuah hidangan yang lengkap. O iya buat teman-teman yang ingin memasak Sop Iga sendiri dirumah, saya punya rekomendasi resep Sop Iga yang telah dimasak secara turun temurun. Teman-teman bisa mencoba memasak Sop Iga dengan resep Sop Iga kuah bening dijamin nanti akan mendapatkan sajian yang mirip dengan yang di SJS.

Terakhir saya pergi ke SJS adalah pada hari Senin kemarin bersama seorang teman. Kami kesana karena teman saya yang sedang ngidam sayur asem khas SJS yang segar katanya 😁. Kami hanya memesan beberapa menu sederhana yaitu sayur asem, tahu goreng, cumi asam manis dan telur gobal-gabul serta es teh kampul sebagai penyejuk dahaga ceileeeee πŸ˜…. 

Selera Jawa Sunda

Teman-teman sudah tau kah apa itu telur gobal-gabul?? Telur gobal-gabul adalah telur dadar dengan irisan cabe rawit yang cukup banyak πŸ˜…, meskipun terlihat sederhana namun telur gobal-gabul ini mempunyai banyak peminat lhoo. Buat saya perpaduan nasi hangat dan telur gobal-gabul saja sudah sangat nikmatπŸ˜€. Kalau es teh kampul adalah es teh yang diberi irisan jeruk segar atau bisa dibilang es teh kampul ini mirip dengan es lemon tea. 

Saat pesanan sudah lengkap kamipun mencobanya satu persatu. Sayur asem yang dihidangkan bener-bener segar cocok dengan cuaca panas hari itu. Berbeda dengan sayur asam Jawa Tengah yang cenderung manis asam maka sayur asam di SJS berasa segar dan sedikit pedas seperti sayur asam Jakarta. Tahu gorengnya juga enak, kering diluar namun lembut di dalam. Cumi asam manisnya dimasak dengan pas, tidak alot dengan kuah asam manis yang nikmat. Kesimpulannya semua masakan yang kami pesan tidak ada yang failed πŸ˜€

Cumi Asam Manis Selera Jawa Sunda

Selain masakannya yang enak-enak, Selera Jawa Sunda Klodran mempunyai lokasi yang cukup strategis meskipun berada di pinggir kota. SJS Klodran menawarkan konsep terbuka dan suasana jawa tempo dulu, terdiri dari sebuah bangunan utama berbentuk joglo/pendopo terbuka dan empat buah bangunan terpisah diantara nya. Dua buah bangunan menawarkan konsep lesehan yang berada di kanan kiri bangunan utama. 

Selera Jawa Sunda
Selera Jawa Sunda

Terdapat juga satu buah bangunan yang disebut "kandang kebo". Bangunan ini disebut "kandang kebo" karena mempunyai bentuk seperti kandang/tempat untuk memelihara kebo/kerbau yang ada didesa yaitu sebuah bangunan yang terdiri dari kayu-kayu yang cukup besar beratapkan genteng. Didalamnya terdapat sebuah meja besar dan kursi panjang disebelah kanan kirinya yang cukup untuk 8-10 orang. Sebuah bangunan baru di sisi kiri adalah bangunan kaca yang dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Suasana di SJS Klodran cukup asri dengan angin yang sepoi-sepoi karena terdapat banyak pepohonan di sekitarnya. Terdapat juga area parkir motor dan mobil yang cukup luas sehingga kita tidak perlu khawatir jika membawa rombongan. Dengan berbagai nilai plus yang dimilikinya maka Selera Jawa Sunda menjadi  tempat yang cocok untuk makan bersama keluarga ataupun mengadakan pertemuan kelompok kecil. Recommended!!

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita kuliner selanjutnya πŸ’“πŸ’“

32 komentar

  1. Makiiiin banyak ya mba tempat makan di solo ini πŸ˜„πŸ‘. Tiap balik solo, aku ngerasa udh cobain banyak, tapi pas balik lagi, adaaaa aja yg baru 🀣. Dulu pas mama mertua masih ada, kami sering wiskul , cari tempat makan baru. Mama suka bgt kulineran. Dan tau banyak tempat makan di solo. Namanya juga dulu sekolah di sana πŸ˜„

    Aku sukaaa makanan Sunda. Trutama sambelnya dan aneka lalapan mereka. Pepes kurang doyan sih, tapi masih mau kalo untuk pepes jamur atau tahu. Pepes ikan aku ga suka samasekali πŸ˜…

    Kalo ke resto Sunda yg aku doyan ya lalap, karedok, sambel atau SOP.

    Ini SOP iganya kliatan sih enak. Apalagi pake wortel, kentang dan sayur juga. Ntr kalo ke solo, aku pasti datangin. Pak suami juga suka bgt iga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak solo sekarang makin menjamur kuliner dan coffeshop nya...kuliner legendaris juga masih banyak yang eksis..sepertinya karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke solo jadi makin rame mbaa...

      Ada kok mba pepes tahu jamur jadi masih aman buat mb fanny yaa hehehe...Sop iganya recommended kok mba..aku sie suka ;D

      Hapus
  2. Wah tempat yang nyaman buat makan ini mah. Pasti bakal nambah nasi apalagi menu yang bervariasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya kak..bakal habisin nasi ini..meskipun sederhana tapi enak dan mantap ;)

      Hapus
  3. Sangat Informatif mas artikelnya jadi ngiler pengen makan wkwk
    Monggo jangan lupa mampir Cara Mengatur Pola Makan agar Tidak Gemuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak untuk referensi artikelnya :)

      Hapus
  4. Aku sangat suka dengan masakan sunda, terimakasih atas informasinya. semoga bisa berkunjung ke tempat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga diberi kesempatan berkunjung ke solo ya kak

      Hapus
  5. sangat informatif bagi yang d luar jawa, nanti kalo main ke pulau jawa mau cobain berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar-kabar kak kalo ke solo siapa tau saya bisa nganterin ;)

      Hapus
  6. Wisata kuliner yang menarik untuk di coba terimakasih untuk saran dan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak dan menambah referensi :)

      Hapus
  7. Solo emang gak pernah gagal untuk traveling. Jadi pingin ke solo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo kak ke solo...kulinernya murah dan enak lhoooo hehehe

      Hapus
  8. Belum pernah ke solo tpi liat makanan dan tempatnya jadi pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...iyaa kak, kpan2 bisa lah mampir ke solo..kulinernya murah taopi enak hehe

      Hapus
  9. Makan makan aku suka itu soto bayak macamnya tempatnya rekomen banget cus otw lah mumpung masih di solo ggaass

    BalasHapus
    Balasan
    1. loooo kakak di solo juga?? cusss kak dicobain, beneran rekomended deh

      Hapus
  10. bagaimana untuk harga menu disana mbk, dan apakah bisa take home hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga dan menu bervariasi kak, sudah saya selipkan juga diatas daftar menu beserta harganya, ready di ojol juga kok :)

      Hapus
  11. Uwahh, sangat menarik tempatnya rekomended kyanya deh pingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kak..enak buat santai...chit chat sama sahabat atau keluarga 😊

      Hapus
  12. Rekomended masakan sunda, ini akan jadi referensi buat kuliner ketika jalan-jalan ke solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..ke solo makan masakan sunda ya kakk 🀭🀭

      Hapus
  13. Makanannya menarik bgt, apalagi pas ngeliat cumi asam manis.. Hehee.. Dan dekorasi tempat makan nya bagus, lumayan bikin betah buat para pengunjung dan bisa menjadi destinasi wisata kuliner yg mudah viral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mas..tempatnya lumayan luas dan adem..bikin betah..apalagi menu makanannya juga komplit 😁

      Hapus
  14. Jebres banyak kuliner menarik, termasuk didaerah ringin semar.
    Apa kabar kandang menjangan ?
    Apa makin rame.
    Follow me back ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. looooo pernah tinggal di solo juga kah mas???
      Jebres deket kampus uns solanya jadi banyak pilihan kuliner...kandang menjangan masih awet jadi kopassus mas hehehe..
      folbek done yach

      Hapus
  15. Wah, menu-menu nya sangat menggugah selera, Kak. Kalau berkunjung lagi ke Solo, saya mau coba mampir ke tempat makan ini. Terima kasih informasinya ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama -sama kaksemoga bisa jadi salah satu referensi kalo main ke solo nanti meskipun bukan kuliner asli solo hehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts