Cashflow Aman Bisnis Tenang dengan Fitur COD KiriminAja

Bisnis Tenang KiriminAja

Sebagai salah seorang yang pernah berkecimpung dalam bisnis online yang saya handle semua sendiri,  tentu saya pernah merasakan suka duka dalam dunia online. Pekerjaan rutin seorang online seller adalah proses pengiriman produk yang dimulai dari packing paket, menulis alamat kirim hingga mengantar paket ke eskpedisi dan rutin memantau pergerakan paket. Paket yang terkendala karena lebih lama dari waktu yang diperkirakan kadang membuat saya selaku online seller tentu merasa dikejar tanggung jawab yang belum selesai. Sesuatu yang sepertinya sederhana namun ternyata memakan cukup banyak waktu.

Bertemu dengan berbagai tipe konsumen juga salah satu seni dalam dunia online, meskipun kita tidak bertemu langsung namun kita juga harus bisa memberikan pelayanan maksimal. Berjumpa konsumen yang tidak rewel dimana mereka langsung pilih produk dan melakukan pembayaran adalah sebuah kebahagiaan sendiri bagi online seller. Namun tak jarang juga online seller harus berhadapan dengan konsumen yang detail bertanya tentang produk dan proses pengiriman, atau meminta perbandingan harga ongkos kirim antar ekspedisi agar mendapatkan harga termurah. Hal tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang wajar karena itu merupakan hak pembeli untuk mendapatkan yang terbaik.

Konsumen yang menginginkan pembayaran secara COD (cash on delivery) juga menjadi salah satu kendala para online seller saat ini. Tidak semua ekspedisi bisa melakukan pengiriman COD. Kebanyakan pengiriman COD hanya bisa kita lakukan melaui e-commerce sedangkan tidak semua konsumen kita adalah pengguna e-commerce. Jika online seller tidak bisa memenuhi permintaan konsumen untuk pembayaran COD maka hal itu tentu akan mempengaruhi omset. 

E-commerce memang sebuah platform yang membantu para online seller dalam memasarkan produknya namun tak jarang adanya biaya admin dirasa sedikit memberatkan terutama bagi para UMKM yang sedang merintis karena otomatis memotong laba yang mereka dapatkan. Hal tersebut bisa disiasati dengan menaikkan harga jual namun itu juga akan berpengaruh pada persaingan produk dimana saat ini banyak online seller yang tengah perang harga.

Bisnis Tenang KiriminAja

Berdasarkan hasil survey dari Badan Pusat Statistik yang telah dipublikasikan dengan judul Statistik ECommerce tahun 2022/2023 terlihat bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu sekitar 82,26% memilih pembayaran COD sebagai salah satu pembayaran terfavorit. Baru kemudian disusul dengan pembayaran via transfer bank sebanyak 13,03% dimana pembayaran ini bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking maupun internet banking. Sisanya konsumen melakukan pembayaran via ewallet sebesar 4,11% dan yang terakhir pembayaran via kartu sebanyak 0,60%. 

Tingginya animo konsumen dalam melakukan pembayaran secara COD tentu akan berpengaruh besar terhadap laju cashflow sebuah bisnis online. Jika online seller tidak siap dengan pengiriman secara COD maka mereka bisa kehilangan konsumen dalam jumlah besar.

Bisnis Tenang KiriminAja

Hasil survey Jakpat pada tahun 2021 tentang Alasan Konsumen Memilih Pembayaran Secara COD, terlihat bahwa sebanyak 73% konsumen ingin memastikan barang mereka terima terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Sedangkan 60% konsumen memilih COD karena dianggap sebagai cara pembayaran yang simpel, 30% merasa malas kalau harus ke ATM, 14% karena tidak mempunyai akun bank dan 13% karena tidak mempunyai ewallet.

Survey tersebut dilakukan pada 25 propinsi di Indonesia dimana 50% responden berasal dari luar Jawa dan 54% berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Berdasarkan survey tersebut terlihat bahwa konsumen akan lebih nyaman melakukan pembayaran setelah mereka menerima barang dan memastikan barang tersebut sesuai dengan pesanan. Sebuah kenyamanan dari para online seller yang harus bisa diberikan kepada para konsumennya.

Berbagai lika-liku dalam dunia jual beli online tersebut tampaknya saat ini bisa diatasi berkat adanya aplikasi KiriminAja! 

KiriminAja adalah salah satu agregator logistik yang melayani pengiriman barang dari berbagai ekspedisi baik secara COD atau nonCOD. Bisa diartikan agregator logistik adalah sebuah perusahaan yang menjadi penghubung antara penjual, pembeli dan jasa ekspedisi. KiriminAja menawarkan sebuah platform yang menawarkan kemudahan kepada pebisnis online dalam memantau pengiriman paket serta bisa membandingkan biaya pelayanan paket dari berbagai ekspedisi ternama dalam satu platform.

Platform KiriminAja sangat mudah untuk diakses karena bisa langsung diinstal melalui Playstore ataupun AppStore tanpa biaya pendaftaran maupun biaya layanan. Ada berbagai kemudahan yang di tawarkan oleh aplikasi KiriminAja, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Layanan Pickup/Jemput Paket tanpa minimal paket

KiriminAja melayani penjemputan paket di lokasi penjual tanpa ada tambahan biaya dan tanpa minimal paket. Sehingga meskipun hanya ada satu paket maka kurir tetap akan datang sesuai dengan alamat pengambilan. Layanan ini akan lebih menghemat waktu para online seller sehingga bisa memanfaatkannya untuk melayani konsumen lainnya.

Berbagai jenis ekspedisi terbaik tersedia di KiriminAja dengan pilihan layanan kurir baik sameday, reguler maupun kargo. Online seller bisa merekomendasikan layanan terbaik dari perbandingan berbagai ekspedisi tersebut sesuai budget konsumen.

2. Salah Satu Platform yang Pertama Kali Melayani Paket COD

Bisnis Tenang KiriminAja

KiriminAja menawarkan jasa pengiriman paket COD dengan pencairan dana yang bisa dilakukan setiap hari dan secara realtime. Begitu paket sudah diterima oleh konsumen dengan adanya POD (Proof of delivery) maka online seller bisa langsung dilakukan pencairan dana. KiriminAja juga menyediakan sebuah fitur khusus dimana penjual bisa melakukan pencairan dana hingga 50% dari total COD saat barang sudah diambil oleh kurir. Dengan adanya fitur ini maka akan mengurangi resiko dana yang tertunda selama menunggu proses pengiriman barang sehingga cashflow lebih aman.

3. Paket Aman Laporan Aktual

KiriminAja memberikan laporan paket yang dikirim oleh penjual secara lengkap dan aktual sehingga penjual bisa lakukan tracking setiap saat. Paket akan dipastikan aman sampai ke tangan konsumen. KiriminAja juga menyediakan layanan CS yang siap 24jam dalam memantau pengiriman paket tersebut.

4. Fitur Undelivery dan Retur

Bisnis Tenang KiriminAja

Fitur Undelivery membantu online seller dalam melacak paket yang belum terkirim sampai ke tangan konsumen. Dengan fitur ini penjual tidak hanya bisa melacak paket yang belum terkirim namun juga bisa mengetahui alasan kenapa paket tersebut belum sampai ke tangan konsumen.

Melalui fitur ini penjual bisa meminta pengiriman kembali ke alamat konsumen jika pada pengiriman sebelumnya tertunda karena konsumen sedang tidak ada dirumah. Penjual juga bisa meminta retur tanpa biaya jika memang paket tidak bisa dikirimkan karena alamat yang tidak ditemukan ataupun konsumen yang tidak bisa dihubungi.

5. Promo Diskon Ongkir

KiriminAja menawarkan berbagai diskon ongkir bagi para online seller dari berbagai ekspedisi. Dengan adanya diskon ongkir akan membantu online seller untuk menarik lebih banyak konsumen karena biaya pengiriman yang lebih murah.

Itulah beberapa point penting yang menjadikan KiriminAja menjadi salah satu platform yang wajib digunakan oleh para pebisnis online saat ini. Namun selain kelima point diatas tentu masih banyak lagi fitur unggulan KiriminAja yang sangat membantu online seller dalam menjalanankan bisnisnya diantaranya Fitur Staff, Fitur Auto Whatsapp,dan fitur-fitur lainnya.

Connect to Make an Impact bersama KiriminAja untuk kemajuan bisnis online yang lebih baik dan berkembang!!

Langsung instal aplikasi KiriminAja dan dapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis online. Pengiriman lancar, bisnis jadi tenang!!



Sumber :
  1. https://kiriminaja.com/
  2. https://www.bps.go.id/
  3. https://katadata.co.id/
  4. https://jakpat.net/

20 komentar

  1. Artikel ini memberikan wawasan yang sangat berguna bagi para pelaku bisnis online, terutama yang bergerak dalam penjualan produk. Pembahasan mengenai pengiriman barang dan pilihan pembayaran COD yang menjadi favorit konsumen sangat relevan. KiriminAja tampaknya adalah solusi yang inovatif untuk mengatasi kendala dalam pengiriman COD. Dengan fitur-fitur seperti penjemputan paket tanpa minimal, pencairan dana yang mudah, dan kemudahan melacak paket, KiriminAja dapat membantu online seller meningkatkan efisiensi dan layanan kepada konsumen. Terima kasih atas artikel yang informatif ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak KiriminAja menjadi alternatif pilihan bagi para online seller untuk mengembangkan bisnisnya dengan berbagai fitur-fitur menariknya yang sangat membantu dalam bisnis online

      Hapus
  2. Aku mau langsung download aplikasi kirimin aja dong, sebagai penjual online ini benar-benar memudahkan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh wajib banget ini kak apalagi buat penjual online karena ada pengumpulan poin juga yg bisa ditukar dengan reward kak

      Hapus
  3. Saya baru tahu nih ada layanan kirimin aja. Jadi kepo soalnya saya lumayan sering kirim barang ke luar kota. Tar kepoin dulu ah ig nya sama testimoninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cusss kak kepoin IG nya dan dapetin berbagai keuntungan kirimin aja !!

      Hapus
  4. Menarik, ya 😇 Saya nggak pernah sih COD, tp setelah baca ini jd tertarik pengen nyobain. Makasih infonya, kak 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama kak..semoga bermanfaat siapa tau pengen cobain cod :)

      Hapus
  5. Ini wajib coba, nih. Lebih aman dan nyaman buat pembeli dan seller. Gampang dipake dan beragam fiturnya. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kak...salah satu aplikasi yang wajib dipunya terutama buat online seller ini :)

      Hapus
  6. Coba nanti klu ada customer ingin kirim barang, saya tawarkan pake jasa KiriminAja untuk mengirim barang. Thanks ya ka infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa kaka online seller juga ya?? bisa nanti dicoba aplikasi kiriminaja..banyak fitur menariknya juga kak :)

      Hapus
  7. Ini jasa kirim baru ya kak? Jujur baru tau..
    Wah boleh juga dicoba untuk olshopku, kebetulan aku punya olshop hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ekspedisi sie kak tapi semacam aplikasi yang menyambungkan antara penjual-ekspedisi-pembeli :)

      Hapus
  8. Ternyata banyak yang memilih COD ya, memang dilain sisi menguntungkan bagi pembeli yang tidak mau repot bayar di gerai atau minimarket yang menyediakan pembayaran e-commerce tapi dilain sisi seller yang tidak siap maka akan berpengaruh pada omset

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak pembeli COD terutama banyak di daerah pinggiran yang kadang masih susah akses internet dan jauh dari atm sehingga mereka memilik COD ksrens lebih praktis :)

      Hapus
  9. Suka banget sama diskonan nih emak emak kayak saya, selain harga barang, pengiriman juga butuh banget di diskon, biar makin untung, jadi pengen nyobain juga sistem COD nih, selama ini masih belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cusss kak cobain sistem COD apalagi klo proses pengirimannya dengan KiriminAja nanti banyak promo diskon ongkir :)

      Hapus
  10. Kalau ada fitur COD ini jadi lebih memudahkan sih. Soalnya kadang pingin make sure ajan kan. Jadi memudahkan para pebisnis juga ya, terutama yang online. Bakal aku kepoin deh si KiriminAja ini, next ikut cobain ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak sama-sama enaknya apalagi dengan KiriminAja dimana saldo bisa ditarik di awal untuk penjual juga jd perputaran uang tidak terhambat :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts