Review : Gudeg Solo Bu Joko di Banjarmasin

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin

Tinggal di luar kota/pulau kadang menimbulkan rasa kangen dengan kampung halaman. Salah satu yang pasti membuat rindu adalah aneka masakan di tempat asal kita. Seperti juga yang saya rasakan saat saya tinggal di daerah lain. Dan ketika tinggal di Banjarmasin ini saya juga merasakan hal sama, apalagi masakan di Banjarmasin memang berbeda dengan masakan khas Jawa. Namun untungnya saya menemukan salah satu kuliner khas Solo di kota Banjarmasin. Kuliner tersebut adalah Gudeg Solo Bu Joko. Saya mengetahui kuliner ini dari seorang teman dari Solo yang sudah lama tinggal d Banjarmasin.

LOKASI & JAM OPERASIONAL

Gudeg Solo Bu Joko berlokasi di daerah perumahan, lebih tepatnya di Jl Agastis III no 6 Sungai Miai Banjarmasin. Meskipun terletak di perumahan namun mudah ditemukan karena terdapat banyak papan petunjuk yang mengarah ke Rumah Makan Gudeg Solo Bu Joko. Berlokasi di teras rumah yang luas dengan kursi meja kayu berukir membawa kesan yang "njawani" di Rumah Makan Gudeg Solo Bu Joko. 

Gudeng Bu Joko buka setiap hari dan dibagi menjadi 2 shift, yaitu : 

  • Pagi buka dari jam 06.00 - 13.00 WITA
  • Malam buka dari jam 17.00 - 21.00 WITA
Kecuali hari Kamis, Gudeg Bu Joko hanya melayani pagi hari, malam Jumat libur. Gudeng Solo Bu Joko meskipun bisa dibilang baru berdiri sekitar 3th namun sudah mempunyai banyak pelanggan dan terus mengalami perluasan setiap tahunnya.

MENU

Gudeg Bu Joko menyediakan Gudeg lengkap dengan sambel goreng, telur coklat, ayam suwir dan aneka lauk lainnya. Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung. Selain menyediakan nasi gudeg juga menyediakan bubur gudeng, nasi liwet, salad solo, nasi pecel dll. Khusus hari Sabtu dan Minggu pagi, Gudeg Solo Bu Joko menyediakan bubur manis khas Solo yang terdiri dari bubur sumsum, bubur mutiara, bubur ketan hitam dan lainnya.

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin

Gudeg Solo Bu Joko juga menyediakan beberapa minuman khas Jawa diantaranya adalah wedang ronde, teh kampul dan wedang jahe. Sebagai pelengkap terdapat beberapa aneka sate tusuk seperti sate uritan, sate paru, sate babat, sosis solo dll. Harga di Gudeg Solo Bu Joko cukup bersahabat, untuk porsi normal berkisar antara 15rb-23rb.

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin
Nasi Gudeg Suwir
Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin
Nasi Liwet Suwir

Kebetulan saya sudah mencoba Gudeg Solo Bu Joko dua kali, saat pertama dulu saya datang waktu pagi dan mencoba nasi gudeg. Kali kedua saya datang saat malam dan mencoba nasi liwetnya. Malam itu kami memesan nasi gudeg suwir, nasi liwet suwir serta teh kampul. Yang saya suka dengan Gudeg Solo Bu Joko salah satunya adalah dari segi penyajian. Untuk nasi liwet dan nasi gudeg yang kami pesan disajikan dalam pincukan daun pisang sehingga terasa lebih sedap. Minuman juga di sajikan dalam cangkir blirik sehingga memberi kesan jawa tempo dulu๐Ÿ˜Š

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin
Nasi Liwet Suwir & Teh Kampul

Penyajian nasi gudeg cukup lengkap terdiri dari nasi, suwiran ayam, gudeg, telur coklat, tempe bacem dan sambel goreng krecek. Untuk nasi liwetnya juga hampir mirip yaitu nasi liwet, suwiran ayam, telur coklat, sambal dan sambel goreng labu siam. Rasa gudeg nya menurut saya pas dan tidak terlalu manis. Sambal goreng krecek ataupun labu siamnya juga tidak terlalu pedas sehingga pas menurut saya.

Nasi liwet saya rasakan sedikit berbeda dengan nasi liwet yang biasa saya beli di Solo. Nasi liwetnya terlalu pulen dan kurang gurih jika dibandingkan nasi liwet di Solo. Namun secara keseluruhan saya cukup menyukai masakan di warung Gudeng Solo Bu Joko ini, mengobati rasa kangen dengan kuliner Solo๐Ÿ˜‰

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin
Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin

Selain masakan dan penyajiannya yang menggugah selera ada beberapa hal lain yang menjadi nilai tambah Rumah Makan Gudeg Solo Bu Joko. Tempatnya yang bersih dan juga area parkir yang cukup luas di belakang memberikan kenyamanan tersendiri. Tersedia juga toilet yang bersih di dekat area parkir. Para pelayan yang sigap dan ramah membuat kita merasa diperhatikan dengan baik. Mungkin lain waktu saat saya kembali ke Gudeg Solo Bu Joko saya ingin mencoba Selad Solo atau nasi pecelnya sehingga bisa merasakan semua menunya๐Ÿ˜€.

Sekian cerita kuliner Solo saya di Banjarmasin, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita lainnya๐Ÿ’š๐Ÿ’š


11 komentar

  1. Review : Gudeg Solo Bu Joko di Banjarmasin pasti punya uang buanyak

    BalasHapus
  2. Ternyata gudeg juga ada di banjarmasin. Makanan khas jogja dalam sajian menarik di banjarmasin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai obat kangen masakan solo di banjarmasin kak :)

      Hapus
  3. Wow, sangat menarik untuk melihat ulasan tentang Gudeg Solo Bu Joko di Banjarmasin! Sudah menjadi hal yang menarik ketika kuliner khas dari satu daerah menjadi populer di daerah lain. Saya penasaran dengan apa yang membedakan Gudeg Solo Bu Joko di Banjarmasin dengan versi aslinya di Solo. Mungkin ini adalah bentuk adaptasi yang menarik dengan citarasa lokal. Bagaimana rasanya? Apakah tetap mempertahankan kelezatan dan keharuman asli? Saya ingin mendengar lebih banyak tentang pengalaman Anda dalam mencicipi Gudeg Solo Bu Joko di Banjarmasin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa nya sama kak mirip dengan rasa gudeg yang ada di solo masih tetap mempertahankan kelezatan khas gudeg solo :)

      Hapus
  4. Di kotaku nda ada yang jual gudeg dan bagi penduduk p.sumatra pastinya merasa asing dan penasaran dengan gudeg. Sekilas bentuknya seperti nasi lemak disini pake nasi+telur+tempe+sambel nah kak xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,iyaa kak sepintas mirip dengan nasi lemak yaaa,,beda di sayuran sama ayam nya aja..rasa cenderung manis kalau kuliner jawa

      Hapus
  5. Duuuuh mbaaa gudegnya memang keliatan enak, trus pake pincuk daun yaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Udh jaraaang pakai begitu.

    Harganya pun masih murah. Di JKT ada tempat yg jual gudeg enak, tapi harganya ampuuuun ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Porsi personal 50an RB ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Untung enak, kalo ga bisa ngomel aku.

    Aku pun ga suka gudeg yg terlaku manis. LBH suka yg gurih. Dan kreceknya hrs pedeees ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa karena pake pincuk daun pisang ini yang bikin makin sedap juga ya mbaaa..
      he em mba ini harganya termasuk murah juga disini,gak nyangka bisa nemu makanan murah seenak ini di banjarmasin :)
      wajib banget itu mba krecek pedes buat yang hobi pedes biar makin nikmat makannya yaa mba :)

      Hapus
  6. Ini harganya jauh lebih murah dari gudeg di kotaku jember sini mbak.
    kaget juga liat harganya

    teruss pilihannya juga lumayan beragam menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kan mbaaaa harganya beneran murah juga ini untuk level kota banjarmasin yang biasanya apa2 mahal hehe..apalagi ini juga msh disajikan dengan daun pisang bikin tambah nikmat kan mbaa :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts