Bukit Mawar Kiram Banjar : Keindahan Alam yang Tersembunyi

Bukit Mawar

Saat jiwa butuh yang hijau-hijau alias wisata alam disitulah paksu mengajak jalan-jalan, semacam gayung bersambut๐Ÿ˜‰. Sebalik mudik dari Solo jadi pengen jalan-jalan dan baru nyadar kalau ternyata selama 3 minggu di Solo tapi sama sekali tidak mengunjungi tempat wisata satupun selain hanya untuk makan siang dengan beberapa teman. Adanya insiden jempol bengkak karena tercepit pintu mobil dan berakhir dengan pencabutan kuku membuat beberapa hari berasa malas kemana-mana karena jempol yang tidak estetik๐Ÿ˜

LOKASI

Dengan berbekal gmap untuk mencari spot wisata akhirnya diputuskanlah hari minggu ini kami akan menuju ke Bukit Mawar. Bukit Mawar berlokasi di Kiram Kec Karang Intan Kab Banjar Kalimantan Selatan. Dari Banjarmasin bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Menuju Bukit Mawar kita bisa melewati dua rute yaitu melalui Desa Cempaka atau melalui jalur Tahura Sultan Adam. Pada saat berangkat kami melewati jalur Cempaka sekaligus untuk mengeksplore tempat baru sedangkan di perjalalanan pulang kami menggunakan jalur Tahura Sultan Adam.

Bukit Mawar

Jalur Cempaka ini adalah jalur baru untuk kami karena kami baru pertama kali itu melalui jalur tersebut. Sepanjang jalan dihiasi dengan perkebunan warga serta hutan karet dan pinus. Jalan yang dilewati juga sudah beraspal sepenuhnya sehingga memudahkan perjalanan. Dalam perjalanan tersebut kami melewati tempat wisata baru yaitu D'Legenda Castel dan Alaska Park Banjarbaru. Kami memutuskan untuk tidak mampir di kedua destinasi wisata tersebut karena tujuan kami adalah menuju Bukit Mawar, mungkin lain waktu kami akan mengunjungi destinasi wisata tersebut. 

D'Legenda Castel obyek wisata yang baru dibuka sekitar bulan April 2023 dengan menawarkan konsep aneka bangunan berupa kastel/menara yang ada pada kerajaan-kerajaan Eropa. Sedangkan Alaska Park Banjarbaru adalah sebuah destinasi wisata yang lebih dahulu beroperasi yaitu sekitar bulan Oktober 2022. Alaska Park mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap seperti aneka sopt selfie, aneka wahana bermain, taman dan kolam. Kedua destinasi wisata tersebut terletak pada satu jalur dan cukup berdekatan.

Melanjutkan perjalalanan, kami juga melewati Villa Aranaway yang juga salah satu tempat wisata keluarga lengkap dengan fasilitas penginapan yang disewakan untuk umum. Kami memutuskan akan mampir ke Villa Aranaway saat perjalanan pulang dari Bukit Mawar.

TIKET MASUK

Bukit MawarBukit Mawar

Sekitar perjalanan 15menit dari Aranaway akhirnya kami sampai di kawasan Bukit Mawar. Meskipun berada di puncak bukit namun ternyata jalannya benar-benar mulus dan terlihat beberapa bagian adalah jalan/aspal baru. Masuk menuju area Bukit Mawar maka kita harus membayar retribusi sebesar @5rb saja, cukup murah bukan?๐Ÿ˜ƒ. Area Bukit Mawar adalah sebuah area lapang dimana terlihat ada sebuah gazebo di bagian bawah, warung makan, dua buah rumah panggung dan area toilet pada bagian belakang.

FASILITAS & SUASANA

Bukit Mawar
Bukit Mawar

Untuk menuju ke area puncak Bukit Mawar maka kita harus menaiki deretan anak tangga yang cukup luas. Ada sekitar 33 anak tangga menuju puncak Bukit Mawar. Di puncak Bukit Mawar terlihat sebuah gazebo besar dan beberapa tempat duduk untuk bersantai menikmati pemandangan pegunungan. Dari puncak bukit terlihat hamparan luas pegunungan yang sepertinya juga bagian dari Tahura Sultan Adam. Pepohonan yang sebelumnya tampak mengering karena kemarau panjang kini sudah mulai menghijau karena hujan sudah mulai membasahi bumi Banjar, seperti saat kami tiba di Bukit Mawar juga disambut dengan gerimis. 

Bukit Mawar
Bukit Mawar

Dari keterangan petugas jaga, Bukit Mawar juga merupakan salah satu area favorit untuk camping. Biasanya Bukit Mawar akan dipadati pengunjung pada hari sabtu malam minggu untuk melakukan camping. Dan ternyata dua buah rumah panggung yang berada di area pelataran adalah penginapan yang disewakan untuk umum dengan harga berkisar 500rb per malam. Selain gazebo dan penginapan, di Bukit Mawar tidak ada wahana bermain lainnya sehingga memang hanya digunakan untuk yang ingin recharge energi merasakan kembali suasana alam yang damai dan tenang.

Untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Bukit Mawar saya sarankan jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman atau camilan sendiri, meskipun tersedia juga warung namun sepertinya pilihannya juga terbatas. Setelah puas bersantai dan hujan reda kamipun memutuskan untuk beranjak pulang. Searah dengan perjalanan pulang kami akan singgah di Villa Aranaway seperti yang sudah kami rencanakan tadi. Cerita lengkap tentang Villa Aranaway akan ada di artikel selanjutnya. So stay tuned dan tunggu tanggal tayangnya ya ๐Ÿ˜‰

Terima kasih sudah membaca sampai bertemu di cerita selanjutnya ๐Ÿ’“๐Ÿ’“

20 komentar

  1. Wah, alamnya indah. Paling suka di bukit karena bisa nelihat jauh ke depan dengan pandangan luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa buuu menghirup udara segar alam dan mengistirahatkan mata buat liat yg hijau2 :)

      Hapus
  2. Tiket masuknya mirah bangetttt, btw nanjak ke bukitnya cape ga kak? Banyak ga sih anak tangganya? Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma 33 anak tangga aja kak...ganjil kok hahaha

      Hapus
  3. Saya kira di Bukit Mawar ini kita bisa lihat bunga mawar juga hehe. Ternyata cuma namanya aja ya kak? Saya lihat sekilas dari fotonya kayaknya tempatnya luas banget ya, seru nih buat ajakin keluarga nginep sambil healing lihat pemandangan hijau dari atas bukit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak hanya sebuah nama...gak tau juga kenaoa disebut bukit mawar, belum nemu penjelasannya hehhe...iya kak lumayan luas bisa buat camping rame2 :)

      Hapus
  4. Emang cocok buat camping, menyatu dengan alam yang tentunya bikin otak jadi fresh kembali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupppp betul banget kak..emang yang paling oke buat otak itu kembali ke alam yach :)

      Hapus
  5. Murah banget biaya masuknya, cuma lima ribu. Udah kebayang aja duduk-duduk di gazebo sambil minum kopi. Plus dapat pemandangan yang bikin hati terasa tenang. Energi pasti terasa makin penuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa cocok banget itu mbaa..duduk santai ngopi sama makan gorengan..nikmat mana lagi coba :)

      Hapus
  6. pemandangannya seger bangett, bikin pengen traveling lagi. Udah lama banget gak traveling di alam bebas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agendakan kak travelling ke alam recharge energi :)

      Hapus
  7. Aku kira bakal ada mawar sepanjang jalan kak ๐Ÿคญ Emang paling enak melepas penat di tempat yg asri begini ya kak. Adeemm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..sama kak kukira juga balak bawang bunga mawar tp ternyata hanya namanya saja..
      yupp bener banget kak kembali ke alam itu bikin fresh :)

      Hapus
  8. Meski rumah mertua ada di Kalimantan tapi buat ke Palangkaraya ini jauhhh banget sih :D. jadi ada tempat seindah itu ya di sana, semoga bisa menikmati di lain kesempatan.. Kalimantan memang terbaik kalau soal hijau hijau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah ke palangkaraya mbaa..lumayan sie kalo ke banjarmasin 5-6 jam..tapi pasti di palangka juga banyak hutan alam indahnya mbaa secara masih banyak yg hijau-hijau klo di kalimantan :)

      Hapus
  9. jadi ingat ketika mau ke bukit mawar, ku pikir banyak bunga mawarnya yang ada di sana, eh tahunya salah haha. Tempatnya memang secakep itu dan pastinya healing anak kalsel rata-rata ke sini hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh loh kak khairunnisa tinggal di banjarmasin juga toh?? wahhh bisa nie kasih rekomendasi buat kita yg pendatang :)

      Hapus
  10. Iya yaa mba, biasanya tempat yg berupa bukit begini, banyaknya utk camping atau sekedar menikmati alam. Aku justru suka yg begitu. Drpd dibikin macam2 wahana, yg ada crowded banget. Refreshing nya ga dapet.

    Mungkin enak juga utk cobain nginep di villanya ๐Ÿ˜„๐Ÿ‘. Ntr ah baca lanjutan ttg villa yg mba mampirin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang khusus buat yang pengen bener2 menikmati alam ya mba bebas dari hiruk pikuk kotaaa :)

      cuma ada 2 ato 3 villa aja mba disitu kalo malam makin berasa sunyi sepi kali ya soalnya pas siang aja juga hanya ada beberapa pengunjung :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts