Pelayanan Digital BRI Untuk Seluruh Lapisan Masyarakat Indonesia

Digitalisasi BRI

Membahas tentang dunia perbankan maka kita tidak bisa lepas dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI adalah salah satu bank pelopor di Indonesia yang pada tahun ini telah menginjak usia ke 128th. Di usianya yang ke 128th maka tidak salah jika BRI menjadi andalan masyarakat Indonesia dari perkotaan hingga ke pelosok daerah. Bank BRI telah menjangkau sekitar 74ribu desa, melayani 514 kabupaten kota yang tersebar di lebih dari 17ribu kepulauan Nusantara hingga menjelajah ke mancanegara.

Bank BRI senantiasa berusaha memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melayani para nasabahnya. BRI juga selalu berinovasi untuk memenuhi segala macam kebutuhan perbankan seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan digital di Indonesia. Bank BRI selalu menyediakan berbagai produk dan jasa perbankan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia.


DIGITALISASI BRI

Pada masa sekarang ini, transaksi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup. Saat ini semua kegiatan hampir bisa dilakukan dari rumah secara digital, mulai belanja, melakukan pembayaran dan tagihan hingga membuka tabungan juga bisa dilakukan secara digital.

Digitalisasi BRI

Jika dulu masyarakat harus datang langsung ke unit bank untuk melakukan transaksi keuangan kemudian bergeser ke sistem ATM dan SMSBanking maka sekarang sudah berkembang dengan menggunakan Mobile Banking yang berbasis data internet.

Berdasarkan Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP Oktober 2023) yang dikeluarkan Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi dengan mobile banking pada tahun 2023 sampai dengan bulan September terus mengalami peningkatan.

Digitalisasi BRI

Dengan perkembangan transaksi digital tersebut maka Bank BRI juga sudah menyediakan berbagai produk digital untuk masyarakat, diantaranya adalah :

1. Uang elektronik

Uang elektronik adalah jenis pembayaran berbasis kartu dimana kartu tersebut dapat menyimpan nominal uang tertentu. Uang elektronik berbasis kartu dari BRI disebut BRIZZI. Dengan kartu BRIZZI maka nasabah bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi seperti pembayaran e-toll, parkir, transportasi umum dan belanja di minimarket.

2. Internet Banking

Layanan internet banking BRI dapat diakses melalui https://ib.bri.co.id/. Setelah melakukan login, nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas seperti cek saldo, pembayaran, isi ulang, mutasi rekening, hingga transfer antar rekening Bank BRI. Layanan internet banking BRI dapat diakses selama 24 jam.

3. Mobile banking (m-banking)

Mobile banking adalah aplikasi layanan digital perbankan dengan menggunakan handphone dan berbasis internet. BRI mempunyai BRImo sebagai financial superapp dimana nasabah bisa melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan aplikasi tersebut. Melalui BRImo maka nasabah bisa melalukan transaksi transfer, pembayaran tagihan, topup e-wallet, virtual account hingga QRIS. Aplikasi BRImo sangat mudah diakses karena nasabah hanya perlu mendownload aplikasi BRImo di PlayStore ataupun AppStore.

Digitalisasi BRI

Mengamati perkembangan keuangan digital di Indonesia yang semakin meningkat, maka BRI yang selalu berkembang dengan memberikan pelayanan terbaik telah melakukan redesign BRImo dengan mengedepankan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. 

Berikut beberapa kemudahan yang diberikan BRImo bagi para penggunanya :

  • Fitur lengkap dari seluruh channel yang sebelumnya terdapat di ATM, SMS Banking dan Internet Banking
  • Bagi calon nasabah BRI bisa melakukan pembukaan rekening melalui BRImo tanpa harus ke BRI unit sehingga secara otomatis akan teregistrasi dengan BRImo untuk melakukan transaksi finansial
  • Nasabah BRI bisa melakukan registrasi internet banking financial melalui aplikasi BRImo tanpa harus le unit kerja BRI
  • Adanya Personal Financial Management yang membantu nasabah dalam menginformasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran selama transaksi menggunakan BRImo
  • Fitur Fast menu yang memberikan kenyamanan bagi pengguna dengan memilih menu-menu yang sering digunakan oleh nasabah BRImo.
Dan untuk menjamin keamanan transaksi BRImo, maka ada beberapa tips sehat yang bisa nasabah BRImo terapkan:
  1. Gunakan jaringan internet yang aman (hindari penggunaan wifi publik)
  2. Jangan gunakan user ID dan password yang mudah ditebak
  3. Hindari pemakaian tanggal lahir untuk PIN BRImo
  4. Rahasiakan User ID, password dan PIN dari orang lain
  5. Ubah password dan PIN secara rutin
  6. Periksa mutasi rekening secara rutin
  7. Aktifkan SMS notifikasi di kantor BRI terdekat
  8. Pastikan log out sempurna saat selesai memakai BRImo.

Aplikasi BRImo saat ini telah mengunakan fitur fingerprint dan face recognition untuk login. Dengan BRImo kita bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan dan beberapa fitur menarik lainnya dengan pilihan sumber dana dari rekening Giro atau Tabungan. Dengan berbagai fitur menu yang ditawarkan oleh BRImo maka nasabah tidak perlu lagi mengantri di teller atau CS untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.

Berdasarkan konferensi pers dari Gubernur BI Perry Warjiyo setelah rapat Dewan Gubernur Bulanan pada bulan Agustus 2023, dijelaskan bahwa nilai transaksi uang elektronik meningkat 10,50% secara tahunan atau mencapai Rp 39,21 triliun. Menurut beliau pertumbuhan utama transaksi digital adalah melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standart) yang nominal transaksinya mengalami pertumbuhan pesat mencapai 84,5% atau sekitar Rp 18,01 triliun.

Digitalisasi BRI

Pembayaran dengan menggunakan QRIS melalui mobile banking, saat ini menempati posisi tertinggi karena mudahnya dalam melakukan pembayaran. Berikut beberapa kelebihan transaksi menggunakan QRIS diantaranya adalah :

1. Praktis dan efisien
Transaksi digital dapat dilakukan tanpa perlu mengantri atau membawa uang tunai
2. Aman dan terjamin
Keamanan yang canggih sehingga data dan transaksi terlindungi dari resiko penipuan
3. Hemat waktu dan biaya
Tidak perlu ke bank atau ATM untuk transaksi
4. Lebih fleksibel
Dapat dilakukan dimana saja kapan saja selama ada akses internet

Dalam perkembangannya BRI terus menunjukkan kinerja positif dari transformasi digital yang dilakukan. Kinerja superapp BRIMo mendapatkan respon positif dari masyarakat. QRIS BRImo sendiri saat ini juga sudah hadir di negara Singapura, sehingga masyarakat bisa melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan mudah tanpa harus ke money changer.

Digitalisasi BRI

Digitalisasi BRI tidak hanya menyediakan berbagai produk keuangan digital namun juga menyediakan pelayanan secara digital yaitu dengan Digital Customer Service. BRI Digital CS ini merupakan mesin one stop service untuk melayani berbagai transaksi nasabah secara self service. Melalui Digital CS, nasabah bisa melakukan pembukaan rekening, penggantian/penerbitan kartu debit, pencetakan rekening koran dan lainnya.


PAHLAWAN UMKM

Bank BRI selain melayani kebutuhan perbankan masyarakat pada umumnya, saat ini juga telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Seperti yang kita tahu, bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak tak terkecuali dari Bank BRI. Sesuai dengan tujuan Bank BRI yang ingin memajukan UMKM untuk semakin berkembang maka tidak salah jika Bank BRI disebut sebagai Pahlawan UMKM Indonesia.

Bank BRI telah membantu para penggerak UMKM untuk memajukan dan meningkatkan omset usahanya. Salah satu usaha Bank BRI untuk membantu para penggerak UMKM adalah dengan memberikan tambahan modal melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bagi pelaku UMKM, produk KUR dari Bank BRI ini sangat membantu karena mereka bisa mendapatkan tambahan modal kerja dari 50jt sampai dengan 500jt hanya dengan bunga 6% pertahun.

Peran BRI yang ditugaskan oleh Pemerintah untuk semakin fokus pada segmen UMKM telah membuahkan hasil dimana pada kuartal 1 tahun 2023, BRI telah berhasil mencatat pertumbuhan kredit pada sektor UMKM. Penyaluran kredit dari BRI pada kuartal tersebut di segmen UMKM mencapai Rp 989,6 triliun mengalami peningkatan dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 903,3 triliun.

Digitalisasi BRI

Komitmen Bank BRI untuk mendukung perkembangan sektor UMKM tidak hanya dalam sektor permodalan saja, namun juga mencakup sektor lainnya secara menyeluruh. BRI juga melakukan pendampingan dalam upaya pengembangan produk melalui berbagai pelatihan dan juga upaya digitalisasi UMKM.

Menurut Gubernur BI pada konferensi bulan Agustus 2023 tersebut juga menyebutkan bahwa pengguna QRIS sekitar 38,4jt merchant adalah sebagian besar UMKM. Karena hal itulah bisa dikatakan penggunaan transaksi digital ikut mendorong UMKM agar semakin go public.

Dengan semakin banyak pengguna metode pembayaran nontunai, pelaku UMKM yang belum menyediakannya pun perlu segera menyiapkan metode tersebut. Terlebih, tren pembayaran nontunai akan terus meningkat dari tahun ke tahun. BRI telah menyediakan fasilitas EDC Android, QRIS, serta akseptasi pembayaran secara daring bagi para pelaku UMKM.


BRI UNTUK INDONESIA

BRI sebagai salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia mempunyai nasabah dimana sebagian besar adalah masyarakat ekonomi kecil dan menengah termasuk mereka yang tinggal di daerah terpecil. Melalui pengembangan digitalisasi produk dan layanannya, BRI telah berhasil menjangkau populasi masyarakat yang lebih luas. 

Digitalisasi BRI

Bank BRI berkomitmen untuk menjangkau pasar dan masyarakat dari kecil hingga ultra mikro (Go Smaller), membuat produk dengan tenor yang lebih singkat (Go Shorter), serta memanfaatkan teknologi digital agar layanan lebih cepat (Go Faster) dan pada akhirnya menghasilkan efisiensi (Go Cheaper). Untuk mengimbangi pelayanan digital tersebut maka BRI selalu mengedukasi nasabah untuk melek layanan digital melalui penyuluhan digital yang mempunyai tiga tujuan utama yaitu rekening digital, transaksi secara digital dan pelatihan pengamanan rekening dari kejahatan digital.

Bank BRI selalu berinovasi untuk dapat menyesuaikan tren baru yang ada dipasaran dengan tidak lupa memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada di daerah terpencil. Dengan adanya digitalisasi dari BRI membuat transaksi keuangan dan perbankan berjalan lebih cepat dan praktis. Semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat dari produk dan jasa keuangan BRI maka akan membantu menaikkan kualitas hidup dan perekonomian nasional secara keseluruhan. Bersama BRI untuk Indonesia yang lebih Maju!!!




Sumber :

  1. https://bri.co.id/brimo
  2. https://bri.co.id/info-perusahaan
  3. https://developers.bri.co.id/id/news/briapi-sediakan-alat-pembayaran-non-tunai-untuk-umkm
  4. https://developers.bri.co.id/id/news/menilik-tren-pembayaran-digital-di-indonesia-dan-peran-briapi-di-dalamnya
  5. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/spip/Pages/SPIP-Oktober-2023.aspx
  6. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230201121936-17-410032/transformasi-digital-bri-sukses-berkat-strategi-ini
  7. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230824144408-17-465852/transaksi-digital-ri-tumbuh-pesat-qris-juara
  8. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200731192004-297-531086/peran-bri-dalam-percepatan-pemulihan-ekonomi-nasional
  9. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230814204325-293-986036/bri-tegaskan-komitmen-dukungan-di-hari-umkm-nasional-2023

16 komentar

  1. Nice share mba, BRI ternyata sudah kontribusi ke Indonesia selama itu yaa. Luar biasa

    BalasHapus
  2. Siapa sih yang nggak kenal BRI? Dan yang membanggakan adalah BRI terus berinovasi dan makin memudahkan kita, apalagi di era digital ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena BRI ada dimana-mana jadi setiap orang pasti tau BRI ya mbaa :)

      Hapus
  3. Inovasi pelayanan digital BRI memang keren! Memastikan inklusivitas finansial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRI selelu berusaha mengikuti perkembangan digital saat ini :)

      Hapus
  4. dengan hadirnya BRI yang sudha 128 tahun pastinya kehadirannya sangat membantu banyak masyarakat Indonesia yang ada di berbagai wilayah Indonesia, apalagi mengingat BRI sekarang sudah dilakukan digitalisasi besar-besaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbaaa BRI sudah banyak memberikan manfaat bagi Indonesia :)

      Hapus
  5. Saya juga pengguna BRI layanan digitalnya keren dan cepat jadi praktis kalau ada keperluan transaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. memudahkan aktifitas banget ya mba berkar brimo

      Hapus
  6. Bangga banget akutu baca artikel ini sebagai salah satu nasabah bank BRI yang emang merasakan kinerja bank BRI yang makin baik

    BalasHapus
  7. Klu sy pelanggan setis BRi kak, tpi untuk apps brimo berguna pisan buat sgala transaksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRImo sangat membantu dalam semua transaksi ya kak :)

      Hapus
  8. Ingat BRI ingat tabungan mamaku :) btw memungkinkam ga yaa, bikin rekening ATM tanpa datang ke bank? pengen punya tpi malas ke bank haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buka rekening bisa lewat BRImo kak tapi kalo ATM sptnya harus ke bank unit deh :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts