Kuliner di Ayam Goreng Mbah Karto Tembel Favorit Pak Jokowi

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam Goreng adalah salah satu kuliner yang sangat mudah kita temukan disetiap daerah. Setiap daerah juga mempunyai olahan ayam goreng yang khas ditambah dengan sambel dan lalapan yang menjadi pelengkapnya. Salah satu ayam goreng yang terkenal di sekitar Solo adalah Ayam Goreng Mbah Karto Tembel. 

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan semakin dikenal karena merupakan ayam goreng favorit Pak Jokowi. Ternyata Pak Jokowi sudah menjadi langganan sejak menjadi walikota Solo dan semakin terkenal karena beliau menjadi Presiden RI. Selain Pak Jokowi juga banyak pejabat dan kalangan artis lain yang berkunjung ke Ayam Goreng Mbah Karto Tembel. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya foto artis yang dipasang di dinding restoran.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Dinding RM penuh foto Artis & Pejabat yang pernah berkunjung

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel berlokasi di Jl Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo yang merupakan lokasi pertama dan menjadi lokasi pusatnya. Saat ini Ayam Goreng Mbah Karto Tembel mempunyai 2 cabang yaitu di Jl Kepatihan no 6 Jebres Solo (Ayam Goreng Mbah Karto Tembel 2) dan yang terbaru di Jl Lawu Ngarjosari Popogan Karanganyar (Ayam Goreng Mbah Karto Tembel 3).

Kami sudah beberapa kali kulineran di Ayam Goreng Mbah Karto Tembel dan kebetulan liburan tahun baru 2024 kami sedang berada di Solo jadi kami pun berencana untuk kembali mampir menikmati Ayam Goreng Mbah Karto Tembel. Kami biasanya berkunjung ke Ayam Goreng Mbah Karto Tembel Pusat yang berada di Sukoharjo. Ayam Goreng Mbah Karto Tembel Pusat buka dari jam 08.00-19.00 WIB jadi teman-teman bisa datang untuk sarapan, makan siang maupun makan malam.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Salah Satu Sisi Area Indor Rumah Makan

Kami berkunjung ke Ayam Goreng Mbah Karto Tembel pada siang hari sekitar jam 2 siang. Sesampainya disana terlihat beberapa kendaraan para pengunjung yang mengular. Meskipun ramai namun terlihat masih ada beberapa space yang kosong, mungkin karena sudah lewat jam makan siang sehingga tidak begitu penuh.

Restoran Ayam Goreng Mbah Karto Tembel Pusat mempunyai area makan indoor dan outdoor. Untuk area outdoor juga tersedia area lesehan, jika pengunjung membludak dan memungkinkan biasanya akan digelar tikar dibawah pohon sebagai area lesehan di halamannya. Saat kami datang, kami masih mendapatkan area tempat duduk indoor dekat dengan pintu utama.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel hanya menyediakan satu menu saja yaitu ayam goreng kampung. Karena kami sudah pernah mencoba dan memang merasakan seenak itu ayam gorengnya maka kami memesan satu ekor ayam goreng, 2 nasi dan 2 teh hangat. Kalau mau potongan, teman-teman juga bisa memesan bagian dada, paha, kepala ataupun ampela. Untuk pemesanan bisa langsung dilakukan di area kasir dan nanti petugas akan mencatat nama pemesan. Hidangan nanti akan diantar oleh pelayan dengan memanggil nama pemesannya.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Porsi Satu Ekor Ayam Goreng lengkap dengan Sambal & Lalapan

Karena ayam baru digoreng saat ada pesanan jadi kita harus sedikit sabar menunggu pesanan diantarkan. Sebagai pelengkap juga terdapat beberapa macam gorengan dan kerupuk sebagai camilan yang tersedia di area kasir/pemesanan. Tak berapa lama satu persatu pesanan kami pun datang. Satu piring ayam goreng yang sudah dipotong lengkap dengan kepala dan hati ampela. Untuk pesanan ayam goreng juga sudah dilengkapi dengan kemangi, mentimun dan touge sebagai lalapan. Juga disediakan dua buah sambal yaitu sambal bawang dan sambal blondo yang menjadi cirikhas Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.

Ayam Goreng di Mbah Karto Tembel meskipun ayam kampung namun empuk dan gurih sangat mudah untuk digigit dan dinikmati. Ayam kampung yang biasanya memang agak alot dan keras namun di Mbah Karto Tembel memang benar-benar empuk sekali. Rahasia keempukan ayam goreng Mbah Karto Tembel ini ternyata berasal dari cara memasakanya. Sebelum digoreng terlebih dahulu ayam direbus dan dimarinasi dengan bumbu dan santan selama kurang lebih 1,5 jam. Setelah cukup empuk dan matang, kemudian ayam baru diangkat dan ditiriskan. Saat ada pesanan baru ayam digoreng sebentar sehingga saat dihidangkan kepada pelanggan dalam keadaaan hangat.

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Sambal Bawang & Sambal Blondo

Sambal blondo yang menjadi cirikhas di Ayam Goreng Mbah Karto Tembel ternyata terbuat dari sisa bumbu dan santan dari rebusan ayam tadi yang kemudian terus dimasak hingga menjadi kental berwarna hitam dan mengeluarkan minyak. Sehingga sambal blondo ini mempunyai rasa yang gurih dan semakin nikmat saat dicampur dengan sambal bawang yang nampol pedesnya. Perpaduan gurih manis pedas yang sempurna ditambah dengan ayam goreng kampung hangat yang sangat empuk terasa sekali nikmatnya. Kami pun menikmati ayam goreng sampai ludes hehe...

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Area Kasir & Pemesanan yang tidak pernah sepi

Selesai makan dan istirahat sejenak kami pun memutuskan untuk beranjak pulang karena juga terlihat tamu yang berdatangan semakin banyak. Saat membayar saya sedikit kaget karena dengan semua pesanan kami ternyata totalnya hanya 104rb saja. Meskipun sebelumnya saya sudah pernah kesana namun saya lupa berapa harganya dulu karena memang saya mudah lupa soal harga-harga segala macam barang hehe. Usut punya usut ternyata memang harga satu ekor ayam di Mbah Karto Tembel hanya sekitar 80rban termasuk harga yang murah untuk jenis ayam goreng kampung. Apalagi juga sudah lengkap dengan aneka sambal dan lalapannya.

Sooo buat teman-teman yang sedang berkunjung di daerah Solo dan sekitarnya yang hobi ayam goreng bisa mampir ke Ayam Goreng Mbah Karto Tembel baik yang di Solo, Sukoharjo maupun Karanganyar. Pilihan ayam goreng kampung yang empuk, gurih, nikmat dengan cirikhas sambal blondo yang jarang kita temukan di tempat lain dan sambal bawang yang nampol.

31 komentar

  1. Ini sih pantesan jd favoritnya pak jokowi lah dilihat juga keliatan enak gitu.. aku penasaran sama sambal blondonya masaa huhu semoga kesampaian bisa kesini jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi,,,sambal khas yang cuma ada disini loo mbaaakkk...mungkin sebutannya harusnya bukan sambal kali yakk soalnya kan gak pedas hehe

      Hapus
  2. wah sambalnya menarik banget ini itu yang hitam itukah mbak yangs ambal blondo-nya? kalau masak ayam kampung ini memang tricky ya kalau nggak jago jadinya alot

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa..yang warna item itu sambal blondonya..rasanya manis gurih gitu cocok pake sambal bawangnya jadi makin mantap hehe

      Hapus
  3. Huaa murah itungannya ya Kak. Di sini (Malang) ayam kampung mentah harganya 75-90 ribu, kalau matang bisa lebih mahal kan yaa. Di sana yg matang malah cuma 80ribu. Penasaran ama sambal blondonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa..makanya pas bayar juga agak kaget lahh murahh donk ayam kampung cuma 80rban hehehe..mana sudah enak pula kan jadi bikin ketagihan yakkk :)

      Hapus
  4. Kalo udah jadi langganan Presiden mah, kayaknya ga perlu diragukan lagi deh dari segi cita dan rasanya. Ini aku liat ayam kampungnya aja ngilerrrr bangettttt.... Syumpah.

    Ayam kampung tuh emang agak tricky sih sisi pengolahannya. Soalnya badannya kurus, ga montok gemoy macem ayam broiler. Tapi kalo diolah dengan benar, dari segi teksturnya bakal empukk dan jawara banget pas digigit. Aku nandain ah suatu waktu kalo ada kesempatan, mau mampir ke Mbah Karto jugaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi bener banget masss..sudah langganan pak presiden dan segala macam artis pejabat pulakk hehe jadi gak diragukan lagi..meskipun langganan papan atas tapi harga tetep merakyat loo inii...
      cusss masss tandain klo pas ke solo mampir yakk :)

      Hapus
  5. langsung ditandain siapa tau berkesempatan berkunjung ke Solo. Ayam kampung kan biasanya mahal yaaaa, tapi di restoran ini harganya masih make sense. Padahal kalau dipikir2 sudah tinggal makan saja gitu loh. Dan penasaran sama sambal blondo

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh kan murah kan ya ini termasuk nya soalnya kan ayam kampung mana lengkap banget pulak dengan sambal dan lalapan..agendakan kak klo nanti mampir ke solo ya :)

      Hapus
  6. Bener kata temen saya yang dari Solo kalo kulineran di Solo tuh murah-murah 😍. Sebagai yang suka kuliner, jadi ngiler nih liat ayamnya. Apalagi ada sambelnya tampak enak sekalii. Bisalah kapan2 kalo ke Solo melipir kesana. Hihi. Thank you infonua

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihi bener banget kakakkk di solo makanan murah meriah dan ada banyak pilihan serta enak2 pastinya kalo menurut aku sie yaaa :)

      Hapus
  7. Bener kan, baca tulisan ini udah pasti akan batal puasanya, sambal khususnya itu loh, kebayang dan entah kenapa udah dilidah aja, Solo itu memang satu diantara terbaik kota kuliner yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe untung aku nulisnya pas gak puasa ya mbaaa...nanti selama puasa kurang2in nulis tentang kuliner kalo gitu hehehe

      Hapus
  8. Walaupun baru sekali cobain Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, jujur ini ayam goreng kampung yang enak banget apalagi di cocol pake sambal bawang dan sambal blondo, makin yummy meningkatkan selera makan. Bisa nambah nasi, duhhh jadi pengen liburan kesana lagi deh dan makan di
    Ayam Goreng Mbah Karto Tembel. Harganya pun cukup ramah dikantong, beneran ayam goreng the best..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh kan bener kannn testimoninya gak cuma satu aja ternyata hehehe...besok kalo kunjungan ke soloraya wajib cobain lagi ya mbaa lalaaa :)

      Hapus
  9. Ya ampun jadi ngiler, apalagi ayamnya ayam kampung euy terus sambal blondo unik dan menggugah selera makan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa sambal khas disana mbaa cuma ada di ayam goreng mbah karto tembeljadi wajib coba ya nanti kalo ke solo ;)

      Hapus
  10. Dari penampakan fotonya keliatannya memang enak sih ayam gorengnya, bentuknya segar gitu hasil gorengnya, tempatnya juga keliatan nyaman, pengen cobain jadinya

    BalasHapus
  11. Favoritkuuuuuuu 😍😍😍😍😍. Trakhir ke solo ga sempet ke sini, Krn buru2. Tapi biasanya ini tempat selalu jadi pilihan kami kalo kangen ayam goreng mba. Dulu diajak kesini Ama mama mertua.

    Sejak itu jadi sukaaaa banget. Mereka juga jual kue2 kan kalo ga salah. Itu pun enaaak.

    Sambel ayam goreng ini memang beda sih. Itu yg bikin nikmat bangettt.

    Trus ayam kampung juga ksh rasa tersendiri. Walo kecil tapi daging lebih manis 🤤❤️.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbaaa ada jajanan2 pasar sama gorengan gitu sie tapi karena kami dh menjelang sore keliatannya dh mulai sold out jajanan nya hehe...
      iyaa mba dagingnya juga empuk gak alot kok..sambel blondo campur sambel bawang makin nikmat pedes gurih manis hehe

      Hapus
    2. iyaa mbaaa ada jajanan2 pasar sama gorengan gitu sie tapi karena kami dh menjelang sore keliatannya dh mulai sold out jajanan nya hehe...
      iyaa mba dagingnya juga empuk gak alot kok..sambel blondo campur sambel bawang makin nikmat pedes gurih manis hehe

      Hapus
  12. nambah lagi list kulineran aku di Solo
    saking banyaknya wishlist, kadang bingung mau kulineran kemana dulu hahaha
    ayam goreng juga jadi salah satu makanan favoritku mbak, meskipun cuman dimakan sama sambel tapi maknyus pokoknya

    nah ini yang bikin aku penasaran, seempuk apa ayam kampung di mbah karto ini, dan bener juga kalau rata-rata ayam kampung pasti alot

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun namanya sama yaitu ayam goreng tapi pasti rasa dan tekstur nya berbeda beda ya mbaa hehe
      ini ayam goreng bener2 empuk mbaaa gak perlu effor buat makan nya klo menurut aku sie yaa ;)

      Hapus
  13. Catet niiih...
    Aku kalau ke Solo suka keliling-keliling cari makan enak, tapi kayaknya tempat ini terlewatkan... liat sambelnya ngiler banget, apalagi di cocol sama ayam kampung goreng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam goreng mbah karto tembel klo yang di kota solo memang tempatnya agak di pinggir sie mba agak masuk gak dijalan utama..kalo yang lainnya ada di jalan menuju ke daerah tawangmangu karanganyaar klo yang pusat di sukoharjo mbaa daerah soloraya laaahh hehehe

      Hapus
  14. Dengan embel-embel nama presiden, memang seharusnya ayam goreng ini top. Kok aku naksir sama sambelnya, kelihatan enak itu kalau dikombinasi berdua. Marinasi ayamnya juga enggak kaleng-kaleng ya kak, jadi pantas kalau rasanya juara .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk embel2 nama presiden dan beberapa tokok artis papan atas lainnya mbaaa dari yang memang sudah rame jadi tambah rame pastinya,,soal rasa dan sambal tidak perlu diragukan lagi :)

      Hapus
  15. Waduh kok enak sekali Ayam gorengnya apalagi pakai sambal istimewa yaitu sambal blondo , yang ternyata digemari oleh presiden kita. berarti memang secara kualitas dan rasa sudah sangat terbaik di kota Solo

    BalasHapus
  16. Mantap!
    Aku suka kebingungan kalo ke Solo tuh mau cobain makan apa yaa..
    Soalnya punya sodara sepups yang rumahnya Solo, jadi Solo tuh berasa bestie-an ama aku kan yaa.. hehhee...

    Nuhun rekomendasi Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.
    Ini hidden gems yang cuma orang Solo yang tau nih..

    BalasHapus
  17. Saya penasaran sama sambal blondo, itu warnanya coklat karena pakai apa yah. Kalau sambal bawang sudah biasa ditemukan di warung dan di tempat makanan lainnya. Sayang telat banget saya tahu ini, padahal akhir tahun 2022 saya berkeliling di Solo waktu hadiri Muktamar Muhammadiyah.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts