Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering Akibat Pemakaian Laptop

Insto Dry Eyes

Saat ini hampir setiap hari bisa dipastikan dari kita tidak ada yang bisa lepas dari layar monitor baik layar hp maupun layar komputer bahkan layar televisi, tak terkecuali saya pun demikian. Mungkin sebagian besar waktu kita habiskan didepan layar gadget entah untuk belajar, menyelesaikan tugas,  sekadar menonton film ataupun scroll media sosial. Karena tidak bisa dipungkiri di era digital dan serba online seperti saat ini banyak informasi ataupun pekerjaan dan hiburan bisa kita dapatkan melalui layar gadget/komputer.

Saya juga melakukan hal yang sama, saat saya sedang fokus untuk menulis di blog maka saya bisa menghabiskan beberapa jam di depan layar komputer. Begitu pun saat saya sedang bosan atau jenuh maka mencari hiburan termudah adalah dengan gadget sekedar melihat youtube atau media sosial. Akhirnya hingga beberapa waktu yang lalu saya merasakan sudah terlalu over dengan gadget. Saya merasakan kondisi mata yang mulai sedikit tidak nyaman, kering, sepet dan lelah.

Secara normal, mata seharusnya berkedip 15x permenitnya, namun saat kita dipaksa fokus untuk melihat satu objek saja terutama layar monitor, maka kemampuan berkedip merosot hingga 5-7x saja permenitnya. Berkurangnya kemampuan mata dalam berkedip tersebut membuat mata tidak terlumasi dengan sempurna oleh air mata. Hal tersebut akhirnya memicu kondisi mata lelah yang bisa berujung pada stress mata seperti mata kering, pegal, perih dimana hal tersebut akan semakin parah jika tidak ditangani dengan baik. 

Mata kering adalah kondisi dimana air mata tidak mempunyai cairan yang cukup untuk melumasi lapisan mata dengan baik. Air mata sendiri mempunyai beberapa kandungan diantaranya air, lemak, mucin dan protein. Air mata ini selain berfungsi untuk melumasi mata juga berfungsi untuk menjaga permukaan mata agar tetap halus dan melindungi mata dari kontaminasi benda asing seperti debu, kuman dll. 

Insto Dry Eyes

PENYEBAB MATA KERING

Dalam kondisi normal mata akan terlumasi air mata dengan konsisten berkedip namun saat cairan mata berkurang maka mata tidak terlumasi secara sempurna. Selain karena terlalu fokus mentap layar monitor yang menyebabkan kita menjadi jarang berkedip, ternyata ada beberapa hal lain yang menimbulkan keluhan mata kering. Penyebab mata kering secara umum bisa dibagi menjadi dua :

1. Penurunan produksi air mata
Penurunan produksi air mata ini dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah :
  • Faktor usia
  • Menderita penyakit sistemik seperti lupus,diabetes
  • Kekurangan vitamin A
  • Efek samping obat-obatan seperti hipertensi, parkinson
  • Efek samping tindakan medis seperti raduiterapi, hormon
2. Peningkatan penguapan air mata
Jika tidak mengandung cukup lemak maka air mata cenderung lebih mudah menguap sehingga mata terasa lebih kering. Beberapa hal yang menyebabkan peningkatan penguapan air mata adalah :
  • Terkena polusi udara
  • Reaksi terhadap alergi mata
  • Menatap layar gadget terlalu lama
  • Menderita penyakit parkinson sehingga jarang berkedip

Dan ternyata gangguan mata kering ini akan lebih banyak terjadi pada kaum wanita  karena adanya perubahan hormon akibat kehamilan, penggunaan pil KB maupun menopouse. Serta penggunaan kontak lensa mata yang terlalu lama juga bisa menyebabkan gejala mata kering. 

GEJALA MATA KERING

Ada beberapa gejala yang bisa kita kenali apakah kita mengalami kondisi mata kering atau tidak. Gejala tersebut diantaranya adalah :

  • Mata terasa pegal atau cepat lelah
  • Mata merah
  • Mata terasa panas
  • Mata terasa berpasir atau ada yang mengganjal
  • Penglihata menjadi buram dan membaik setelah berkedip
  • Sensitif terhadap cahaya

Gejala mata kering tersebut bisa semakin memburuk jika kita berada pada lingkungan yang udaranya kering, terlalu lama menatap layar laptop/gadget serta terlalu lama membaca buku.

BAHAYA MATA KERING

Meskipun terlihat sepele namun kondisi mata kering yang dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan situasi yang lebih berbahaya dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit yang bisa disebabkan oleh mata kering diantaranya :

  • Infeksi mata
  • Keratits (peradangan kornea mata)
  • Kerusakan kornea mata
  • Konjungtivitas (peradangan membran mukosa pada bagian putih mata)
  • Gangguan kesehatan mata

SOLUSI MATA KERING

Insto Dry Eyes

Bagi kita, termasuk saya yang sering bekerja terlalu lama di depan layar komputer ataupun gadget ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir gejala mata kerimg tersebut. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan:

1. Atur jarak

Pastikan jarak mata dengan layar komputer/laptop atau gadget adalah sekitar 60cm

2. Gunakan filter layar

Dengan menambahkan filter pada layar komputer atau laptop maka akan mengurangi paparan cahaya biru dari layar yang menyebabkan stress mata

3. Istirahatkan mata

Saat sedang bekerja di depan layar komputer setelah 20 menit maka alihkan pandangan mata pada objek lain selama 20 detik. Atau setiap setelah bekerja selama 2 jam maka istirahatkan mata dari layar monitor selama 15 menit. 

4. Atur pencahayaan

Pilih cahaya ruangan agar tidak terlalu gelap atau terlalu terang sehingga nyaman untuk mata. Kemudian atur pencahayaan pada layar monitor agar sama dengan pencahayaan ruangan sehingga mata tidak bekerja terlalu berat. 

5. Lepas lensa kontak mata

Jika kita menggunakan lensa kontak maka sesekali gantilah lensa kontka dengan kacamata, dan jangan gunakan lensa kontak saat tidur.

6. Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata dapat meningkatkan cairan pelembab pada mata dan mengurangi penguapan air mata sehingga mata tidak mudah kering.

Insto Dry Eyes

Dan untuk mengobati gejala mata kering yang saya alami, saya menemukan #SolusiMataKering yaitu satu jenis onbat tetes mata yang khusus untuk gejala mata kering. Obat tetes mata tersebut adalah #InstoDryEyes. INSTO DRY EYES sangat ampuh dan mudah dalam mengobati gejala mata kering yang saya alami. Cukup dengan 1-2 tetes saja pada setiap mata selama 3x sehari maka gejala mata kering bisa teratasi.  

Kenapa memilih INSTO DRY EYES ?? Karena INSTO DRY EYES mengandung bahan aktif yang berfungsi memberikan efek pelumas pada mata kering dan juga bisa meringankan iritasi mata yang disebabkan karena kekurangan produksi air mata. Selain hal tersebut kemasan #InstoDryEyes yang mungil sekitar 7,5ml saja sahingga bisa dibawa kemana pun saaat kita bepergian. 

Insto Dry Eyes membuat mata menjadi lebih nyaman tanpa keluhan mata kering. Jangan lupa untuk selalu sedia Insto Dry Eyes terutama untuk teman-teman yang banyak bekerja di depan layar kamputer seperti saya. Mata sehat kerjaan lancar 😉




Sumber :

  1. https://www.alodokter.com/mata-kering
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering
  3. https://www.alodokter.com/waspadai-stres-mata-akibat-pemakaian-gadget-dan-laptop

43 komentar

  1. Iyaa kak Ery. Kalau kerja di depan laptop emang rawan banget kena sindrom mata kering. Kalau salah penanganan bisa memerah dan luka, ngeri dah. Oleh karena itu wajib nyetok Insto Dry Eyes, baik di rumah maupun di kantor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em bener banget mbaa...ini pertolongan pertama untuk mata kering akibat terlalu lama di depan laptop sie ini

      Hapus
  2. Aku kerja di depan komputer lebih dari 8 jam/hari. Udahnya masih pake hape pula. Nah emang mata suka gak enak. Terasa kering. Untungnya aku udah pake insto juga sejak lama. Bahkan ini jadi andalan kalo harus ngetrip. Kondisi lapangan yang penuh debu bikin mata iritasi. Saat itulah Insto jadi andalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa mantapp mass....insto selalu menemani kita dimana saja dimana saja yaa...mana kecil praktis juga jd gak makan tempat :)

      Hapus
  3. Sepertinya harus stok Insto di rumah. Kadang terlalu lama di depan ponsel atau laptop bikin penglihatan kurang nyaman dan berujung pusing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak bener banget harus mulai stok insto dirumah..ini ampuh banget buat atasi mata kering akibat terlalu lama terpapa gadget

      Hapus
  4. Cocok banget buat aku yang sering standby di depan laptop, karena memang tuntutan profesi juga hehehe. Bisa 10-12 jam di depan laptop plus HP juga, makanya ga heran kalau kena sindrom mata kering, bersyukur ada Insto Dry Eyes yang bisa jadi andalan sehingga aktivitas ku tetap jalan dan tidak terganggu sama kendala mata kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi jadi secinta itu ya mbaaa sama insto..saat sekarang emang bener2 gak bisa jauh2 dari gadget deh sepertinya..mostly pekerjaan banyak yang kita kerjakan di depan laptop soalnya

      Hapus
  5. Aku sukaaa nyetok insto di dalem kotak P3K portablekuu.. Tapi jujur ya, selama ini masih jarang banget pake. Mungkin karena salah pemahamanku selama ini kali yaa. Yang kutau, biasanya insto tuh dipakenya kalo mata perih kena debu jalanan aja.

    Ternyata oh ternyata, ini tuh cocok juga untuk aku yang suka lama-lama di depan laptop. Okedeh, besok-besok aku mau pake aaaah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. insto ada beberapa macam mass..ada yng buat debu iritasi ada juga insto dry eyes yang buat mata kering karena terlalu lama di laptop jadi nanti tergantung keluhan mata kita biar gak salah netes obat tetes mata ;)

      Hapus
  6. Cocok banget buat teman-teman yang bekerja depan layar laptop terus atau depan hp, seperti pekerja kantoran atau konten kreator dan lainnya yang sering kali cahaya hp atau laptop membuat mata semakin perih dan kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp bener banget kak..kayak kita juga nie yang suka ngeblog karena saking asiknya ngetik sampe lupa waktu juga kan ka hehe...

      Hapus
  7. Pas banget dengan kondisi aku sekarang... jadi, 2 hari kemarin itu aku naik motor dan kelilipan cukup parah sampai mataku bengkak. Sama dokter dikasih obat, ternyata obatnya bikin kering mata... jadi sekitar 2-3 jam abis pakai obat mata bengkak, aku perlu meneteskan insto dry eyes... alhamdulillah membantu banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bener2 bermanfaat untuk mengatasi mata kering ya mbaa,,jadi makin yakin kalo insto dry eyes harus ada di rumah ;)

      Hapus
  8. Aku pake insto kalo mata merah dan gatel. Dan ini selalu ada dalam list obat yg aku bawa tiap traveling trutama ke LN mbak . Kayak kemarin, berguna banget karena negara2 yg aku datangin ternyata banyak angin bersalju.

    Jadi pas masuk mata pediiih. Makanya LGS aku tetesin insto deh, jadi enakan lagi. 👍

    Kayaknya udah dari zaman aku SMU suka pakai ini. ❤️.apalagi kalo mata kemasukan debu, dijamin sering merah dan kotor. Hrs pake tetes mata buat bersihin

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh jadi item waib yang harus dibawa ya mba si insto ini..karena ada banyak jenis nya jadi kita bisa memilih sesuai dengan keluhan mata yang kita alami..
      bener2 pertolongan pertama untuk mengatasi iritasi, mata lelah mata kering ya mbaa..ditetes bentar mata jadu lebih enakan :)

      Hapus
  9. Makasih tipsnya kak. Mmg buat yg sehari²nya kerja dengan gadget, hrs sedia obat tetes mata sih menurutku. Klo merk insto mah udh g diragukan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak..buat yang kerja lama di laptop sepertinya harus sedia insto dry eyes ini deh ya :)

      Hapus
  10. Mata kering amat menyiksa yah Mbak, saya pun beberapa kali mengalaminya. Untung ada Insto yg selalu tersedia di rumah apalagi ada yg lebih bagus, yaitu Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kan kaaa..jadi nya berasa gak nyaman banget kalo mata kering, lama lama jadi berasa panas gitu matanya..dh klo mulai muncul tnda2 kayak gtu saatnya tetes mata insto :)

      Hapus
  11. Emang nggak nyaman banget ya kalau alami mata kering gitu, untung ada Insto Dry Eyes yang bisa bantu atasi masalah mata yang satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertolongan pertama untuk atasi mata kering ya mba..langsung tetes tunggu beberapa saat mata jadi cerah lag :)

      Hapus
    2. Iya mbak, jadi kudu banget stok Insto Dry Eyes ini di rumah, apalagi buat yang kerjaannya rentan mengalami mata kering

      Hapus
  12. sama-sama kak semoga bermanfaat...tips sederhana yang kadang masih sering kita abai ya kak saking asiknya hehehe

    BalasHapus
  13. pas buat aku yang hobby di depan gadget setiap hari, kebetulan emang selalu sedia insto sih dirumah hihi

    BalasHapus
  14. Insto dry eyes jadi andalan aku juga nih. Tiap ke kantor atau ngeblog, udh pasti harus ada insto di meja haha. Rasanya seger bgt kalo mata udh mulai gak nyaman langsung pake insto dry eyes ini.

    BalasHapus
  15. Ini yg dibutuhkan banyak orang. Asli sejak jadi content creator, mata tuh jadi gampang banget capek. Thanks banget tipsnya, kak ^^

    BalasHapus
  16. Kak I feel you aku tuh sering banget berjam-jam di depan gadget entah buat kerja ngeblog ataupun nyari hiburan kayak kakaknya gitu di YouTube atau nonton drama. Dan ngerasain gejala mata kering kayak mata berpasir sampai yang kayak burem gitu dan sempat ketakutan Aku tuh ternyata itu gejala mata kering dan aku juga emang sedia Insto dry eyes juga yang bikin si mata jadi nyaman

    BalasHapus
  17. Aku juga sedia ini di rumah, saban hari berhadapan gadget, bahkan sampai malam hari jadi butuh banget untuk melembabkan mata, bikin nyaman

    BalasHapus
  18. cocok banget buat yang bekerjanya di depan laptop atau hp seharian, pastinya bakal bantu banget untuk mengurangi atau menyembuhkan mata kering akibat menatap layar gawai seharian

    BalasHapus
  19. Ini nih yang jadi masalahku dari dulu, mata kering + perih gara-gara sering main gadget. Sampe minusku nambah huhuhu. Ternyata solusinya cuma dikasih obat tetes mata yang bagus, kayak Insto ini ya?!

    BalasHapus
  20. Asli deh, mata kering dan perih karena keseringan lihat gadget tuh menyiksa banget! Makanya aku selalu sedia obat tetes mata buat jaga-jaga kalo mata tiba-tiba lelah. Membantu banget sih emang.

    BalasHapus
  21. Ternyata mata kering kalau dibiarka malah bahaya, ya. Bisa merusak kornea mata. Jujur tidak pernah aku bayangkan, jadi harus sedia Insto nih, kebetulan kerjaan aku tidak jauh dari laptop. Setiap hari pasti nongkrong depan laptop.

    BalasHapus
  22. mata kering nggak worry lagi sejak ada insto dry eyes ya mbak, apalagi kita yang suka berlama-lama di depan laptop gini

    BalasHapus
  23. Insto sudah jadi andalanku semenjak dulu sii 😍😍😍 dulu jaman kantor selalu kantor stock di kotak p3k

    BalasHapus
  24. aku juga sering menggunakan insto kalo mata udah mulai perih. Cukup membantu sekali.

    BalasHapus
  25. Seperti nya aku harus mulai sedia nih soalnya kadang berasa bgt klo screen time trus yaa. Btw ka ini aman digunakan tiap hari?

    BalasHapus
  26. Iya, kadang nggak terasa udah terlalu lama menatap layar komputer. Mata kadang jadi pedih dan nggak nyaman. Jadi pengen kucek mata terus padahal nggak boleh ya? Bagusnya dittes insto ini biar nggak kering.

    BalasHapus
  27. Terima kasih kak sharingnya, infonya membantu banget. Pantes mataku gampang kering kalau kelamaan ngeliat layar laptop, ternyata solusinya pakai insto aja

    BalasHapus
  28. ho iya ya, selain pake tetes mata supaya mata ga kering, paka filter layar juga bisa jadi solusi nih. yg pasti dari dulu saya selalu ready stok Insto di rumah

    BalasHapus
  29. Iya nih mbak, di kantor saya sering ngerasain gejala mata kering ini. Bagaimana tidak, 8 jam kerja memelototi layar lptop, belum lagi klo dirumah, nulis blog.Jadi sedikit sekalimata istirahat. keknya harus siap sedia Insto nih.

    BalasHapus
  30. Kayanya aku harus stok insto nih dirumah, btw kalo pemakaian insto ini ada batasannya ga?

    BalasHapus
  31. Yuhuu dengan adanya insto aku juga kadang gak takut lagi mata kering akibat sering knatap gadget. KArena emang hasilnya se instan gitu ketika dipakai di mata

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts