Kulineran di RM Thania Banjarmasin dengan Menu Favorit

RM Thania Banjarmasin

Ketemu lagi dengan tulisan tentang rekomendasi kuliner di Banjarmasin. Baru sadar beberapa artikel yang saya tulis terakhir kebanyakan tentang info kuliner, apakah ini tandanya saya terlalu banyak jajan atau memang kurang piknikπŸ˜…. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman kami kulineran seafood di salah satu rumah makan yang memang sudah terkenal di kota Banjarmasin. Rumah makan yang kami maksud adalah RM Ikan Bakar Tania. Teman-teman yang di Banjarmasin pasti tau donk yaaπŸ˜‰

RM Ikan Bakar Tania awalnya berlokasi di Jl A. Yani Km 8,4 Kertak Hanyar, namun tahun kemarin membuka cabang baru di Jl Gatot Subrotono 36 Kuripan. Dan akhirnya rumah makan yang di Kertak Hanyar berpindah menjadi satu dengan yang di Jl Gatot Subroto. Sebenarnya saya sudah pernah mencoba dine-in baik yang di Kartak Hanyar maupun di Gatsu, dan keduanya mempunyai tempat yang bersih dan rapi.

RM Thania Banjarmasin
Buku Menu & Reservasi

Berhubung RM Tania Kertak Hanyar sudah berpindah maka kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman kami di RM Tania Gatsu. RM Tania Gatsu mempunyai area parkir yang cukup luas untuk mobil dan motor di bagian depannya. Masuk kedalam maka kita akan melihat area makan yang sangat lapang dan terdiri dari beberapa meja dan kursi makan, baik kecil ataupun besar. Pada area samping terdapat  ruangan berAC yang dibatasi dengan pintu dan jendela kaca.

RM Thania Banjarmasin
Pintu Masuk RM Thania
RM Thania Banjarmasin
Area Makan Utama

Sesuai dengan namanya maka RM Ikan Bakar Tania tentu menyajikan menu ikan bakar, namun disamping ikan bakar juga ada menu seafood lainnya seperti cumi, udang, kepiting dan aneka macam ikan yang diolah dengan berbagai menu masakan. Untuk beberapa menu seafood seperti ikan dan kepiting biasanya harga dihitung sesuai berat per ons nya jadi kita bisa request ukuran kecil, sedang ataupun besar. 

Tersedia juga aneka sayuran seperti cap cay, tumis kangkung, tumis kecambah dan lain-lain. Untuk minumannya juga cukup lengkap dari berbagai jus buah, teh, jeruk dll, namun sayang beberapa kali kami memesan jus agak failed karena terlalu encer jadi untuk amannya saya lebih sering memesan es teh saja.

Ada dua macam menu wajib yang biasanya kami pesan jika di RM Tania yaitu ikan kerapu steam dan buncis telur asin. Kenapa kami jadikan menu wajib karena biasanya dua menu ini jarang sekali ditemukan di rumah makan ikan bakar ataupun seafood yang ada disini. Selain kedua menu wajib tersebut biasanya kami juga tambah memesan cumi, udang ataupun menu yang lainnya. Kami juga biasanya akan memesan dua buah nasi porsi setengah atau satu porsi dibagi menjadi dua karena porsi nasi yang lumayan banyak menurut kami.

RM Thania Banjarmasin
Kerapu Steam dan Duo Sambal

Malam itu saat kami kesana selain memesan dua menu wajib tersebut kami juga memesan cumi saos padang. Setiap memesan menu, kita akan disediakan dua buah sambal yaitu smbal terasi dan sambal dabu-dabu sebagai pelengkap. Ikan kerapu steam ini kita pesan per-ons jadi kami memesan yang ukuran sedang saja karena kami hanya berdua. Sedangkan jika cumi saos padang harga perporsi.

Ikan kerapu ini cocok untuk dimasak steam karena dagingnya yang tebal dan tidak banyak duri. Ikan steam sangat cocok sebagai penghangat badan karena dihidangkan dalam kondisi panas berkuah dan bumbu yang light yang terdiri dari irisan jahe, bawang putih dan daun bawang. 

RM Thania Banjarmasin
Buncis Telur Asin & Cumi Saos Padang

Buncis teluar asin menurut saya juga sangat crunchy dengan taburan telur asin yang gurih. Buncis teluar asin ini adalah satu olahan sayuran favorit😍. Cumi saos padang yang kami pesan ternyata sedikit berbeda dengan apa yang kami bayangkan, kami pikir cuminya polos ternyata cumi yang disajikan adalah cumi goreng tepung yang kemudian diolah dengan bumbu saos padang. Dan ternyata puedessnyaaa di luar ekpektasi kami juga hehehe alias pedas sekali. Akhirnya kami pilih-pilih cumi yang tidak terkena banyak bumbu agar tidak terlalu berasa pedas. 

Karena cumi yang sudah sangat pedas tersebut akhirnya kedua sambil yang disediakan tidak kami sentuh sedikitpun. Sebenarnya kedua sambal ini juga enak, kami sudah mencobanya pada kedatangan kami sebelunya. Sambal dabu-dabu juga cukup segar dan pedas tinggal kita suka yang sambal masak atau sambal mentah.

Overall setelah beberapa kali kami kesana kami cocok dengan berbagai olahan seafood di RM Ikan Bakar Thania. Para pelayannya juga sangat ramah dan membantu kita dalam memilih pesanan. Untuk harga memang sedikit pricey tapi sepertinya sepadan dengan pelayanan yang di berikan. Tempatnya juga sangat bersih. Jadi buat teman-teman di Banjarmasin dan sekitarnya yang ingin kulineran ikan bakar & seafiod bisa mampir ke RM Ikan Bakar Tania

Terima kasih sudah membaca & sampai bertemu di cerita selanjutnya πŸ’“πŸ’“

25 komentar

  1. Kapaaaan lah aku bisa ke kalimantan yaaa πŸ˜†πŸ˜. Makanannya menggoda semua giniiii. Suamiku yg udah ke semua kota di sana mba, krn tugas kantor. Aku ke kalimantan itu cuma pas ke brunei, ga eksplor kota di negara sendiri malah 🀣.

    Udh pasti bakal cobain seafood di sini sih.. Kliatannha udah enaaak 😍😍. apalagi buncis telur asin. Kenapa yaa segala hal yg diksh telur asin itu selalu enaaak πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. brarti cuma numpang lewat aja ya mba karena sama2 di pulau kalimantan nya hehehe..
      moga next bisa ekplore real kalimantan negara sendiri ya mbaa biar bisa cobain kuliner asli kalimantan karena emang ada beberapa yang beda :)
      iyahhh ini aku suka banget buncis telur asinnya enakkk crunchy bisa habis sendiri satu piring kalo gak ingat kolesterol hehe

      Hapus
  2. Wahh ituu semua menu menggoda sekali. Ternyata gak hanya bisa pesen ikan bakar. Tapi ada menu lain seperti ikan steam dan cumi saos padang ya. Buncis telur asinnya menarik nih, jadi pengen recook.

    Sukaa ama restonya keliatan bersih gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak disini malah aku belum pernah pesen ikan bakar looo pasti pesennya steam ikan ini hehehe...
      cuss kak recook buncis telur asin nya aku kok gak bisa yaa gak dapet crunchy nyaa hehe

      Hapus
  3. Aku pas liat bangunan luarnya ngebatin, "jadul yak" eh pas liat interiornya wah mewah! Ya ampun liat kerapu steamnya. Aku pernah makan ini pas di Ternate kalau gak salah. Duh lupa-lupa inget, karena saat itu makan yang lauknya banyak banget. Nah, liat fotonya di postingan ini, jadi kangeeeen. Rasanya ringan dan segar. Nggak berat santan hehe.

    Btw, tentang kalimat mbak yang "saya terlalu banyak jajan atau memang kurang piknik" menurutku makan/jajan itu termasuk dari piknik juga haha. Jadi bisalah jalan-jalan atau food hunting termasuk kategori piknik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa sie mas kalo tampak dr luar gak nyangka ya kalo ternyata dalamnya mewah, jd dont judge the book from the cover hehehehe...
      bener banget mass light banget kan ya rasanya kalo ikan steam itu,,gak yang banyak bumbu ringan segar anget pula dibadan komplit deh pokoknya :)

      hhmmm bner juga sie ya tapi...kulineran ini bisa masuk dalam kategori healing yachhh..yang biasanya makan masakan rumahan sekali2 jajan buat refresh indera perasa :)

      Hapus
  4. Waahh sudah berapa kali mudik ke Banjarmasin kok aku nggak pernah diajakin makan di RM Tania ini yaa sama keluarga di sana? Wkwk. Kalau ke sana biasanya makan di rumah sih, makanan rumahan dan jajan-jajan di pasar terapung gitu. Memang jarang makan di RM. Pengen banget ke sana lagi bawa suami dan anak yang belum pernah datang ke kampung halaman ibu saya. Nanti tak ajak makan di rumah makan ini. Hoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. loohhh mba ima asli banjarmasin toh ternyata hehehe..mungkin next klo mudik bisa cobain rm thania mbaaa
      atau mungkin karena bukan kuliner yang banjarmasin banget yaa jadi ga diajakin ke sini hehe

      Hapus
  5. Wah.. Boleh juga tuh nanti melipir kesini.. Enak banget kelihatannya dan pasti bikin tambah aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaskennn kak buat dicobaaa...ketagihan nanti pasti ;)

      Hapus
  6. Wowww pagi-pagi lihatt beginian.. Apaaa nggak lapar mata. Mana Hujan diluar. wkwk πŸ˜‚ kondisi belum sarapan..

    Duhh Kalimantaaann.. Semenjak ada kabar IKN, Aku pengen banget kesana sekali-kali.. Lihat IKN dan melanglang buana ke tempat lain terutama kulinernya... Syedaaaapp tentuu. Buncis Telur Asinnya sih menggoda banget minta di sendok..

    Seandainya ada alat Doraemon 'Sendok Pencicip Makanan' bisa langsung scoop tuh.. wkwk πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh bener juga yaaa kok aku juga jadi pengen ikutan nengok IKN yaaa macam mana sekarang perkembangannya hehehe
      waaaa bisa aja nie mas bayyyy aku jug amau donk kalo ada alat doreamon nyaaaa tapi aku mau pintu kemana aja nya aja dehhh haha

      Hapus
  7. Bikin ngiler banget ini πŸ₯° apa lagi pas lihat foto Ikan Kerapu Steam nya dududu.. Kebayang betapa sedap nya. Kebetulan aku pecinta ikan dan seafood berarti nanti aku mesti kesini nih. Tempatnya juga luas, nyaman dan bersih.
    Udah gitu parkirannya luas, jadi ga worry saat bawa kendaraan kesini. Nuansa jadul vintage terasa sejak melihat penampakan bagian depan ya..cakep sih ini mah, harga lumayan kalau makananya enak gapapa banget yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi bener banget kak tempat suasana dan makanan recommended semua sptnya..ada harga ada rasa kan ya biasanya..kalo emang enak kita pasti juga gak akan komplain klo harganya agak pricey :)

      Hapus
  8. paling ngga bisa nolak kalau sudah bertemu dengan warung yang menyediakan aneka olahan seafood begini. Apalagi ada banyak cara penyajian yang bisa dipilih. rasanya kalau sudah diatas meja semuanya terlihat nikmat. Jadi semangat buat makan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gak inget kolesterol pasti dah nyoba aneka macam seafood yang menggoda itu yaaa kakk hehehe...yukkk semangat yukkkk biar bisa jajan lagiiii hihihih

      Hapus
  9. tempatnya luas ini mbak, kalau ajak keluarga cukup banget nget pokoknya
    sayangnya dulu waktu aku ke Banjarmasin belum ada tempat makan ini, soalnya dulu juga minim informasi terkait tempat tempat untuk kulineran

    aku penasaran sama saos padang terus disirami ke udang
    Kalau ke tempat makan seafood kayak gini biasanya aku pesen udang atau cumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa sekarang banjarmasin dah rame banget dah banyak rumah makan apali tempat nongkrong coffeshop gt juga menjamurrr...
      he em bener banget klo di seafood harus ada udang ato cumi yaa biar lengkap gak cuma ikan aja :)

      Hapus
  10. Sedap betul aneka masakan di RM Thania ini. Kerapu Steam emang best sih rasanya apalagi kalau fresh. Disana ga ada jualan Lais kah? Saya kalau ke Banjar suka cari Lais karena di Jawa jarang. Nyaman nian rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lais apa mas??? keliatannya pernah denger juga sie...ouww nama jenis ikan kah mas?? Kurang tau yaa disini ada ato enggak tapi aku juga belum pernah cba deh lais itu hehe

      Hapus
  11. Cumiii.. aku paling demen nih sama seafod yang seger beginii..
    Melihat ragam menu di RM Thania Banjarmasin, langsung ngileerr... Tapi memang Banjar kalau urusan seafood mah juara banget yaa.. Enak enak dan pastinya memasaknya juga kece banget dengan berbagai bumbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena dekat dengan laut juga ya mbaa jadi banyak kuliner seafood baik yg dimasak dengan khas banjar ato yg masakan nasional :)

      Hapus
  12. Duh mantap dan menggoda sekali ya masakan di rumah makannya ternyata Banjarmasin tuh enak-enak masakannya yaa kaya bumbu jadi ketagihan buat balik lagi makan di sana...

    BalasHapus
  13. saya belum sempat ke Bajarmasin, pengen cobain ke sana seru-seruan keliling Banjarmasin, kata teman yang orang sana banyak makanan enak, mungkin ini salah satunya ya kak, lihat krapu steamnya menggoda sekali kak

    BalasHapus
  14. Wah, aku malah penasaran juga sama rasa cuminya kak, padahal dari look enggak terlihat pedas parah. Tapi semua makanannya kelihatan menggugah selera ya

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts