Menikmati Nila Babanam & Baubar di Saraba Nyaman Gambut Banjar

Saraba Nyaman

Kota Banjarmasin yang dikenal dengan kota seribu sungai sudah barang tentu mempunyai banyak olahan masakan ikan air tawar. Mungkin karena itu pula banyak rumah makan ikan bakar bertebaran di kota Banjarmasin. Beberapa rumah makan ikan bakar sudah kami coba salah satunya adalah RM Ikan Bakar Thania yang ada di postingan sebelumnya. Kali ini saya juga ingin bercerita pengalaman kami di salah satu rumah makan ikan bakar khas Banjar  yaitu RM Saraba Nyaman. 

RM Saraba Nyaman adalah salah satu rumah makan ikan bakar khas Banjar yang sepertinya cukup terkenal di Banjarmasin karena selalu ramai. Setahu saya di sekitar Banjarmasin, RM Saraba Nyaman mempunyai dua cabang yaitu di Jl A Yani KM 12,5 Gambut dan di Jl RE Martadinata no 2 (seberang kantor Pemko Banjarmasin). RM Saraba Nyaman yang berada di Jl RE Martadinata lebih sering disebut dengan nama Saraba Nyaman Floating Restaurant karena rumah makan ini berdiri di tepi sungai Martapura sehingga kita juga bisa melihat kapal yang masih sering berlalu lalang di sungai tersebut. Saraba Nyaman Floating Restaurant baru dibuka sekitar bulan April 2022 dan buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00 WITA. 

Karena saya belum pernah mencoba di Saraba Nyaman Floating Restourant jadi kali ini saya ingin bercerita tentang RM Saraba Nyaman Gambut. RM Saraba Nyaman Gambut buka setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WITA. Sepertinya RM Saraba Nyaman Gambut ini adalah restoran pusat dari Saraba Nyaman. Lokasinya berada tepat di tepi jalan raya utama dan terlihat tidak terlalu besar. Rumah makan ini mempunyai konsep yang terbuka dengan sebagian besar bangunannya terbuat dari kayu.

Saraba Nyaman
Area Depan untuk Bebakaran

RM Saraba Nyaman Gambut mempunyai tiga area utama, yaitu area depan untuk bakaran, area makan pengunjung di bagian tengah dan area persiapan/kasir pada bagian belakang. Karena area bakaran yang berada di depan jadi saat kita lewat pasti terlihat asap yang mengepul dan aroma yang tercium menuju ke jalan. Untuk area makan terdiri dari dua bagian yaitu area lesehan dan area meja kursi duduk.

Saraba Nyaman
Area Tengah Lesehan dan Meja Kursi
Saraba Nyaman
Area Belakang untuk Penyajian & Kasir

Kami datang ke RM Saraba Nyaman saat sore hari sekitar pukul 16.00 WITA dan terlihat tidak terlalu  banyak pengunjung. Kami memilih duduk di area meja kursi agar lebih nyaman. Begitu dapat tempat duduk kami pun diberikan daftar menu oleh pelayan. Pertama kali melihat daftar menu saya otomatis bingung dan bengong hehehehe..karena ternyata menu yang ditulis adalah menu masakan khas banjar jadi menggunakan bahasa banjar. 

Saraba Nyaman
Daftar Menu Paket

Saraba Nyaman
Daftar Menu Pelengkap & Minum

Karena suami sebelumnya sudah pernah makan di RM Saraba Nyaman dan melihat saya tampak bingung akhirnya beliau langsung memesankan menu untuk saya. Kami memesan menu paket nila baubar untuk suami dan nila babanam untuk saya. Untuk pilihan sayurnya karena kami datang sudah sore jadi yang tersisa hanya sayur asam. Disini untuk menu paket sudah terdiri dari nasi+lauk+sayur+sambal. Namun untuk porsi nasi tiap paketnya lumayan banyak dan diberikan dalam satu wadah nasi tersendiri setiap porsinya. Kami pun hanya minta satu porsi nasi saja karena pasti tidak habis jika kedua porsi nasi dihidangkan ๐Ÿ˜€

Sembali menunggu pesanan saya pun searching arti masakan-masakan Banjar yang ada di daftar menu. Dari daftar menu ini saya menemukan beberapa jenis masakan baru yang asing untuk saya diantaranya adalah babanam, basanga, baubar dan gangan. Babanam  dan baubar ternyata mempunyai arti yang sama yaitu memasak dengan cara dibakar namun secara bumbu dan rasa terdapat perbedaan. Baubar adalah dibakar dengan bumbu yang cenderung asin sedangkan babanam adalah dibakar dengan bumbu manis seperti dibakar secara umumnya. Itu sepengetahuan saya, tolong dikoreksi jika ada yang salah yaa hehe..Sedangkan basanga artinya cara memasak dengan digoreng dan gangan artinya adalah sayuran ๐Ÿ˜Š

Saraba Nyaman
Nila Bakar Babanam & Sayur Asam

Akhirnya satu persatu pesanan kami diantarkan. Yang pertama datang adalah sayur asam, namun sayur asamnya ternyata berbeda dengan sayur asam yang dari jawa.  Disini sayur asamnya sepertinya menggunakan kaldu ikan karena ada beberapa potongan tulang ikan didalamnya. Sayur asamnya terdiri dari mentimun, kol, dan daun bawang kalo saya tidak lupa ingat. Kuahnya juga keruh tidak yang bening mungkin karena menggunakan kemiri dan dari kaldu ikan. 

Pertama mencoba agak pesimis bakal doyan kalau-kalau rasanya gak cocok, namun ternyata setelah icip kuahnya lumayan juga ternyata๐Ÿ˜. Akhirnya saya pun mencobanya sedikit demi sedikit dan mencicipi semua sayuran isian dalam sayur asam tersebut. Cukup enak dan masih masuk di lidah meskipun tidak seperti sayur asam jawa yang pernah saya coba sebelumnya

Saraba Nyaman
Sambal Banjar

Yang kedua datang adalah menu paket Nila Babanam. Hidangan babanam lebih cepat dihidangkan mungkin karena lebih mudah memasaknya daripada baubar. Nila babanam mempunyai rasa yang manis karena menggunakan kecap sehingga tidak jauh berbeda rasanya dengan ikan bakar pada umumnya. Saya pun menikmatinya dengan cocolan sambal. Sambal yang disediakan juga cukup pedas kalau buat saya. Sepertinya ini juga jenis sambal khas banjar rasanya seperti sambal matang namun sedikit lebih berair.

Saraba Nyaman
Nila Baubar

Tak berapa lama Nila Baubar pesenan suamipun datang juga. Saya pun mencoba untuk mencicipinya. Dari tampilan cenderung berwarna kuning dari bumbu kunyit dan sedikit coklat dari hasil bakarannya. Cicip sedikit ternyata memang rasa asin yang lebih menonjol. Kalau dimakan tanpa nasi sangat berasa asinnya namun jika dimakan dengan nasi maka lebih pas karena rasa asinnya akan berkurang. Kami pun menikmati olahan ikan bakar tersebut sampai ludes๐Ÿ˜Š

Olahan ikan bakar khas Banjar ini lumayan enak menurut saya, dengan ciri khas Banjar yang tentu berbeda namun tetap cocok untuk lidah saya. Mungkin lain kali saya ingin mencoba lagi ke RM Saraba Nyaman untuk mencoba menu yang berbeda seperti ikan goreng atau ikan pepes. Sekaligus untuk merasakan perbedaan lebih jauh antara masakan banjar dan masakan jawa. Harga makanan di RM Saraba Nyaman juga relatif standart dimana kita dapat satu paket menu dengan harga rata-rata 50 ribuan.

Sekian cerita pengalaman kami di masakan banjar RM Saraba Nyaman, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya ๐Ÿ’–๐Ÿ’–

1 komentar

  1. Asyik sskali bisa makan di floating restaurant ya Kakm jadi pengen ikan bakar juga wkwkw apalagi di sana dijamin fresh ya. unik banget ada sayur asem kuah kaldu ikan.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts