Menilik Kampung Persahabatan "Jackie Chan"

Kampung Jackie Chan
Gapura Selamat Datang

Tsunami Aceh pada tahun 2004 meninggalkan banyak kehilangan tak hanya kehilangan harta benda namun juga kehilangan nyawa. Hampir 20th tsunami Aceh telah berlalu namun bayangan ataupun sisa-sisa kedahsyatannya masih ada sampai saat ini. Beberapa tahun yang lalu saya berkesempatan untuk ekploring kota Aceh Darussalam. Saya juga berkesempatan untuk mengunjungi sebuah lokasi baru, yang dibangun karena efek dari Tsunami Aceh pada saat itu.

Tempat yang kami kunjungi adalah sebuah kampung atau kompleks perumahan yang berlokasi di Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Kompleks perumahan ini berjarak sekitar 17km dari kota Banda Aceh atau sekitar 30menit berkendara. Kompleks perumahan ini berlokasi di daerah perbukitan sehingga dari lokasi tersebut kita bisa melihat landscape yang indah dari pantai di sekitarnya.

Kompleks perumahan yang saya maksud disini adalah Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok. Kampung Persahabatan ini juga menjadi salah satu bukti banyaknya sumbangsih negara-negara di dunia untuk membantu kembali membangun Aceh setelah tsunami besar yang hampir meratakan Aceh dan sekitarnya. 

Kampung Jackie Chan
Prasasti Peresmian

Tiba di kompleks Kampung Persahabatan kita disambut dengan sebuah gapura besar bertuliskan Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok yang juga ditulis dalam bahasa Mandarin dan bahasa Inggris. Berjalan lurus setelah melewati gapura tersebut kita akan menemukan sebuah prasasti yang menjadi bukti kerjasama pembangunan komplek perumahan hunian antara Indonesia-Tiongkok. Prasasti ini ditulis dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Mandarin dan juga bahasa Inggris.

Isi prasasti tersebut adalah sebagai berikut : 

Kompleks Rumah Hunian Kampung Persahabatan yang kami persembahkan kepada masyarakat Aceh korban Tsunami, Minggu 26 desember 2004
Ketika saudara-saudara kami di Aceh tertimpa musibah yang maha dahsyat, berjuta-juta masyarakat Tiongkok dari berbagai strata merasakan duka yang sama. Mereka mengulurkan tangan dalam upaya membantu korban bencana dalam membangun kembali kehidupan yang normal dan layak huni melalui kerjasama China Cherity Federation and Red Cross Society of China
Dari lubuk hati yang dalam kami mendoakan kebahagiaan, ketentraman, perdamaian dan kemajuan yang selamanya berada di wilayah Aceh, semoga persahabatan masyarakat Indonesia Tiongkok tetap terjalin sepanjang masa

Proyek Kampung Persahabatan Indonesia Tiongkok ini dilaksanakan oleh Sinohydro Corporation China dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 2007. Sampai sekarang sudah terdapat sekitar 600an keluarga yang menempati lokasi tersebut. Di Kampung Persahabatan juga sudah dilengkapi dengan berbagai area umum seperti masjid, sekolah, puskesmas, pasar dll.

Kampung Jackie Chan
masjid sebagai salah satu fasilitas umum

Untuk masyarakat Aceh dan sekitarnya, Kampung Persahabatan ini lebih dikenal dengan nama "Kampung Jackie Chan". Anda tentu tahu bukan siapa Jackie Chan?? Jackie Chan adalah seorang aktor laga dari Hongkong yang telah terkenal wira-wiri dalam film Hollywood. Kenapa disebut "Kampung Jackie Chan"?? Hal tersebut karena menurut beberapa sumber bahwa Jackie Chan lah yang memotori aksi penggalangan dana di Tiongkok untuk membantu rakyat Aceh yang saat itu sedang tertimpa Musihab. Yang kemudian ditindak lanjuti oleh China Cherity Federation dan Palang Merah China untuk selanjutnya dibangunkan sebuah perumahan huni baru. Jackie Chan sendiri juga sempat mengunjungi Kampung Persahabatan ini pasca bencana tersebut.

Kampung Jackie Chan
pemandangan laut lepas

Lokasinya yang berada di perbukitan dan berkelok membuat Kampung Persahabatan ini mempunyai  pemandangan yang indah. Dari kompleks perumahan ini kita bisa melihat keindahan pantai dengan lautnya yang berwarna biru indah. Dihiasi hamparan hijau pepohonan dan pemukiman warga. Aceh memang terkenal dengan berbagai pantai birunya yang memanjakan mata. Kampung Persahabatan ini berlokasi sekitar 1,5 km dari bibir pantai dan 300 mdpl sehingga aman dari gelombang air laut. 

Saat ini lokasi Kampung Persahabatan sudah semakin ramai karena banyak masyarakat yang ingin menyaksikan keindahan alam dari perumahan ini. Karena semakin ramai dikunjungi masyarakat akhirnya ada beberapa warga yang kemudian membuka warung kopi untuk menemani pendatang menikmati keindahan alam. Pesona alam akan semakin indah saat senja datang dimana kita bisa melihat matahari terbenam dibalik hamparan laut biru. 

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita pengalaman lainnya 💓💓

14 komentar

  1. Duh, kebayang kalo pas sunset ciamiikkk bener ini vibesnya 😍
    sambil ngopi , ngobrol dan bercengkrama dgn Bestie.
    interaksi dgn warga lokal...trus nyetel Kita Bikin Romantiisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbaaaaa...ngopi makan mie instan ditemani senja yang indahh..beuhhhh cakep benerrrr haha

      Hapus
  2. Waaaah walo lama di Aceh 20 thn-an, tapi aku cuma pernah ke Lhokseumawe, Banda Aceh, Pidie, siglie dan Takengon. Aceh besar belum pernah mba. Baru tau loh ada kampung persahabatan ini.

    Dan pas baca tulisan prasastinya , langsung terharu. Aku sendiri kehilangan banyak teman pas tsunami. Sebagian ada yg ditemuin jasadnya, tapi banyak yg ga ketemu. Makanya tiap kali baca ttg tsunami Aceh, masih berasaaa bgt sedihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak temen ya mba berarti di aceh...iyaaa aku yang gak ada ikatan apa2 dengan aceh tapi karena liat foto2 korban tsunami jadi merinding sendiri looo..gak bisa ngebyaangin kalo kita di posisi tsb...semoga tdk ada lagi bencana spt tsb

      Hapus
  3. Indah sekalii ya pemandangan di sana. Arsitekturnya juga bagus. Pasca tsunami malah nambah hubungan persahabatan yg erat dengan negara2 luar termasuk RRC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa banyak negara2 diduni ayang memang benr2 membantu Aceh agar bisa kembali bangkit lagi

      Hapus
  4. Informatif dan menarik banget mba, aku baru tau kalau di Aceh ada Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok. Vibes nya emang terasa banget ya, udah gitu pemandangan alam nya masya Allah, cakep pake banget. Kebayang pas matahari terbit atau jelang tenggelam. Salut juga sama Jackie Chan, beliau beneran punya jiwa sosial yang sangat tiinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em mb lala pemandanagan pantai aceh itu memang bener2 cantik bangett..mau dimana aja klo ketemu laut di aceh keren pokoknya,,

      Hapus
  5. Pemandangan lautnya cantik banget ya nggak terlihat jejak bencana alam yang dahsyat nyaris 20 tahun lalu semoga masyarakat Aceh selalu semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa sudah tidak terlihat sie sisa bencana kecuali kapal2 besar yang karam yang kini dijadikan museum

      Hapus
  6. berita tsunami waktu itu bener bener menggemparkan seluruh dunia, terharu sama charity dari Cina untuk misi kemanusiaan ini
    Apalagi perlahan di Aceh sudah mulai bangkit pasca tsunami dan sekarang ada kampung persahabatan seperti ini, aku jadi penasaran pengen berkunjung langsung kesana jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aceh pemandangannya indah banget mbaaa..lautnya biru karena terhubung langsung ke laut lepas..bbrp sisa bencana juga masih ada terutama kapal2 yang karam ditengah pemukiman

      Hapus
  7. Aku belum jadi2 nih ke Aceh, padahal teman aku yang disana nanyain mulu kapan bakal dateng... Insya Allah semuanya dimudahkan, aku bisa mampir, bisa ke kampung persahabatan Jackie Chan juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dimudahkan mbaaa...bisa segera menginjakkan kaki ke bumi aceh..puas keliling pantai dan kulineran disana :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts