Menikmati Keindahan Samudera Hindia di Puncak Geurutee

Puncak Geurutee
Puncak Geurutee

Pesona Aceh memang tidak bisa jauh dari keindahan pantainya. Provinsi Aceh yang mempunyai lokasi di ujung barat Indonesia dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat Aceh mempunyai daya tarik akan pesona lautnya yang tak terlupakan. Tapi setiap menyebut kota Aceh entah kenapa saya langsung teringat peristiwa Tsunami Aceh yang hampir 20th lalu. Namun Aceh yang sekarang sudah bangkit dan berbenah diri dan semakin banyak menawarkan pesona wisata yang dimiliki. Semoga kejadian bencana tersebut cukup sekali dan tidak terulang lagi.

Saat kami berada di Aceh, saya diajak suami untuk menyusuri Pantai Barat Aceh yaitu menuju ke arah Meulaboh. Meulaboh adalah sebuah kota di pesisir pantai barat Aceh yang juga merupakan ibukota Kabupaten Aceh Barat. Seperti yang kita tahu Meulaboh adalah salah satu kota yang paling parah terdampak bencana pada saat itu karena lokasinya yang memang sangat dekat dengan bibir pantai. 

Menyusuri jalanan dari Banda Aceh ke Meulaboh kami ditemani hamparan sawah kanan kiri. Semakin mendekati ke arah Gunung Geurutee (Geurute) maka kami banyak disajikan perbukitan dan pepohonan hijau yang mempesona. Dalam perjalanan menyusuri Jl Banda Aceh-Meulaboh, kami sempat singgah di sebuah masjid. Masjid tersebut kalau tidak salah adalah salah satu masjid yang masih berdiri tegak saat bencana tsunami menerpa.

Saya lupa masjid apa namanya, namun saya ingat di area pekarangan masjid tersebut terdapat sebuah bangunan yang digunakan sebagai ruang perpusatakaan sekaligus dijadikan semacam tempat untuk menyimpan berbagai benda-benda dan juga foto-foto bencana tsunami. Sayang saya tidak mengabadikannya karena saya sendiri saat melihat foto-foto para korban maupun dampak tsunami berasa trenyuh dan tidak tega. Tidak bisa membayangkan bagaimana kondisi dan perasaan para korban yang terdampak.

Selesai sholat di masjid tersebut, kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi tujuan kami yaitu Gunung Geurutee. Gunung Geurutee berlokasi di Kabupaten Aceh Jaya, berjarak sekitar 70km dari Banda Aceh atau bisa kita tempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara. Puncuk Gunung Geurutee adalah sebuah gunung yang menawarkan keindahan hamparan biru Samudera Hindia. Di sepanjang jalan mendekati Gunung Geurutee kami disuguhi pemandangan perbukitan pada sisi kiri dan tebing jurang laut lepas di sisi kanan.

Puncak Geurutee
Tugu Puncak Geurutee

Di sekitar Puncak Geurutee terdapat banyak warkop yang biasa dijadikan sebagai tempat transit bagi para pelancong sekaligus lokasi untuk mengabadikan keindahan alamnya. Setiba di area Gunung Geurutee, kami memilih salah satu warkop yang berada di pas seberang area masuk menuju puncak Geurutee. Saat itu warkop sedang tidak begitu ramai, kami memesan es kelapa muda, mie instan dan juga buah rambutan yang berderet dijual di bagian depan. 

Puncak Geurutee
Menikmati Mie Instan & Es Kelapa Muda

Tampaknya kami tidak salah memilih lokasi warkop ini karena ternyata dibaliknya mempunyai pemandangan laut yang sangat indah. Kagum rasanya melihat laut biru lepas yang begitu indah dengan beberapa buah pulau kecil diantaranya. Makan mie instan sepertinya hal biasa tapi di Geurutee menjadi luar biasa karena kita bisa menikmati mie instan ditemani pemandangan yang sangat elok. 

Rasanya kami betah berlama-lama di warkop sambil bersantai dan menikmati pemandangan. Disini kadang juga terlihat beberapa monyet yang bebas berkeliaran keluar dari gunung. Katanya kadang juga ada siamang yang turun namun sayang kami tidak mendapati siamang pada saat itu, mungkin dia sedang tidur siang ๐Ÿ˜

Puncak Geurutee
Hamparan Samudera Hindia
Puncak Geurutee
Keindahan Pulau Kecil

Warkop di sekitar Puncak Gunung Geurutee ini biasanya juga dijadikan rest area bagi para pengendara yang melewati jalan tersebut. Jalan Banda Aceh-Meulaboh lumayan ramai karena memang jalan nasional sehingga banyak kendaraan yang berlalu lalang. Jalanannya yang banyak berliku dan tikungan tajam sehingga membutuhkan ekstra kewaspadaan.

Puas menikmati pemandangan di Puncak Geurutee kami kemudian memutar balik untuk berjalan pulang. Di tengah perjalanan saya melihat sebuah lokasi wisata pantai yang tampak dihias warna warni, kami pun memutuskan untuk mampir sejenak. 

Pantai Lhokseudu
Pantai Lhokseudu
Pantai Lhokseudu
Gazebo Warna Warni

Kami berhenti singgah di Pantai Lhokseudu. Di lokasi ini terdapat jembatan diatas pantai menuju sebuah spot foto di bagian ujungnya. Sedangkan di kanan kiri jembatan tersebut terndapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan bersantai sambil memesan makanan dari warung yang terdapat di depan dekat pintu masuk. Pemandangan Pantai Lhokseudu menurut saya tidak seindah saat di Puncak Geurutee tapi menarik wisatawan karena banyak hiasan sehingga cocok untuk spot foto. Kami disana tidak lama hanya mengambil beberapa foto sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan pulang menuju Banda Aceh.

Itulah pengalaman perjalanan kami menuju Puncak Geurutee. Sebuah pengalaman menikmati Samudera Hindia yang pantas untuk dikenang. Yaaa Indonesia mempunyai banyak tempat wisata indah yang sayang dilewatkan, tinggal bagaimana kita memaksimalkan potensi yang ada agar bisa menarik lebih banyak wisatawan๐Ÿ˜Š

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya ๐Ÿ’“๐Ÿ’“

15 komentar

  1. Ya ampun tsunami ternyata udah 20 tahun yg lalu ya.

    dah lamaaaa bangettt. semogaaa semuanya baik2 aja dan senantiasa sehaattt ya utk warga Aceh.
    pengalamaan explore destinasi yg amat mengesankan mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa sudah hampr 20th loo ternyata tapi bayangku tu berasa baru aja gitu gak sie mbaaa..tapi alhamdulillah sekarang Aceh sudah bangkit dan selalu berbenah dalam segala hal

      Hapus
  2. Salam kenal dari Lazwardy Journal. Tempat yang indah nan kece. Sejak dulu impian saya traveling sampai Aceh tp belum kesampaian. Membaca cerita ini agak sedikit mewakili keinginan saya buat kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga kak Lazwardy Journal...semoga suatu saat dimudahkan untuk ekplore wilayah Aceh kak :)

      Hapus
  3. Alam Aceh indah sekalii ya. Kalau naik ke puncak itu medannya berat kah atau biasa aja?

    Nikmat sekali ya bisa istirahat olus makan di warkop puncak sambil menikmati keindahan alam yg luarbiasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalanannya aja mba yang banyak kelokan kelokan tajam jadi mesti waspada untuk arah di depan nya :)

      Hapus
  4. Puncak Geurutee ini cakep banget ya pemandangan ke lautnya. kalau cuaca lagi bagus menyenangkan menghabiskan waktu disini apalagi itu gazebo warna warninya terlihat indah sekali. Semoga suatu saat bisa kesana yah

    BalasHapus
  5. Aceh punya kisah tersendiri dalam masa jelajah Indonesia.

    Birunya langit dan samudera itu oooh, betapa karyaNya sangat indah.
    Melihat dari ketinggian itu memang mempesona ya.

    BalasHapus
  6. Aceh, selalu memiliki pesona yang sangat khas. Indah banget, bikin nyaman. Puncak Geurutee, perjalanan menuju kesana sangat seru ya, mampir jajan di gazebo minum air kelapa dan mie instan sedep banget. Sudah gitu view laut sangat jelas terpampang nyata, amat elok sekali..hasil jepretannya juga keren, bagus semua fotonya mba..suka deh liatin satu persatu fotonya.

    BalasHapus
  7. Pengen banget berkunjung ke Aceh someday, cantik sekali pantainya ya, masyarakat Aceh tegar dan mampu bangkit lagi setelah bencana besar tsunami melanda mereka

    BalasHapus
  8. Cantik sekali pemandangan samudera Hindia dari Aceh ini
    Ah menikmati keindahan alam sambil menyeruput es kelapa muda emang enak ya kak

    BalasHapus
  9. Kalo ingat Meulaboh, aku jadi inget temen kos ku saat di Banda Aceh dulu yg meninggal Krn tsunami. Di pikir2 ternyata banyak juga temen kos dulu yg ga selamat ketika tsunami. Aku beruntung Krn saat kejadian tidak di Aceh.

    Cantiiiik banget tempat ini mba. Aku belum pernah ke Meulaboh. Belum banyak kota di Aceh yg aku udh datangi. Krn dulu blm suka traveling. Skr agak nyesel, Krn mau eksplor Aceh pun ga bisa DTG begini aja. Cuti suami terbatas hahahaha. Semoga nanti bisa balik lagi kesana, dan visit kota Aceh lain yg aku blm datangin.

    BalasHapus
  10. Masya Allah, pemandangannya cakep bener. Sepanjang mata memandang, hamparan biru yang terlihat. Kepengen deh suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki di Aceh dan jalan-jalan ke pantainya. Salah satunya di Geurutte. Aamiin. :D

    BalasHapus
  11. Jadi sepanjang perjalanan ke Puncak Geurutee ini disuguhkan dengan pemandangan Samudra Hindia ya? Dari fotonya aja udah kelihatan indah banget maa syaa Allaah, apalagi bisa lihat langsung dengan mata kepala sendiri. Pasti jadi pengalaman yang berkesan ya

    BalasHapus
  12. cantik sekali gunung Geurutee ini semoga kalau ke Aceh bisa menikmati pemandangan indah gunung ini, kayaknya nyaman banget ya bisa menyaksikan Samudera Hindia dari sini

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts