Nasi Becek & Sate Kambing Khas Nganjuk Sejak 1950

Nasi Becek Khas Nganjuk

Melanjutkan cerita kuliner saat kami di Kediri kemarin, setelah sebelumnya kami mencoba Nasi Pecel Pudakit Kediri maka saya ingin cerita kuliner saat perjalanan pulang kami. Dalam perjalanan pulang dari Kediri ke Solo kami melewati kota Nganjuk. Kebetulan kami lewat Nganjuk saat jam makan siang sehingga memutuskan untuk singgah makan siang terlebih dahulu di Nganjuk. Setelah searching di google akhirnya kami mendapat rekomendasi untuk mencoba salah satu kuliner khas Nganjuk yaitu Nasi Becek. Hhhmmm kok namanya aneh yaa Nasi Becek?? Nasi apakah itu?? Penasaran juga donk ya jadi nya hehe...

Rekomendasi Nasi Becek yang terkenal di Nganjuk adalah Nasi Becek yang terletak di Jl Dr Soetomo/Jl Mayjend DI Panjaitan, Nganjuk. Di lokasi tersebut ada dua warung makan Nasi Becek yaitu Nasi Becek Pojok dan Nasi Becek sejak tahun 1950. Pertamanya kami ingin mencoba Nasi Becek Pojok namun ternyata sudah sold out sehingga kami menuju ke Nasi Becek 1950 yang tepat berada di sampingnya. Dari depan sebenarnya terlihat Nasi Becek 1950 mempunyai warung makan yang lebih luas. Warung makan Nasi Becek ini buka setiap hari dari pukul 08.00 - 21.00 WIB

Nasi Becek Khas Nganjuk

Warung makan Nasi Becek yang berdiri sejak 1950 ini mempunyai konsep yang unik. Warung ini mempunyai area peracikan Nasi Becek yang  berada di bagian depan, menyatu dengan area tamu. Area peracikan Nasi Becek dilakukan pada sebuah alat pikulan yang pada masa awal berdirinya digunakan untuk berjualan keliling. Karena dari tagline-nya yang sudah berdiri sejak tahun 1950 seharusnya bisa dipastikan rasanya enak donk yaa karena masih eksis hingga saat ini hehe...

Nasi Becek Khas Nganjuk

Saat kami tiba terlihat warung makan tidak terlalu ramai, hanya ada dua orang pengunjung lainnya. Kami memesan dua buah nasi becek dan lima tusuk sate kambing. Nasi becek ini sekilas mempunyai tampilan seperti nasi kare karena menggunakan kuah santan yang berwarna kuning. Satu porsi nasi becek disajikan pada sebuah mangkok yang dilengkapi dengan sayuran kol, touge dan seledri serta sambal. Disiram kuah kare dengan beberapa potong daging kambing di dalamnya. Meskipun menggunakan daging kambing namun sama sekali tidak berbau. 

Nasi Becek Khas Nganjuk

Pertama mencicipi kuahnya, saya langsung suka karena rasanya yang gurih dan pas di lidah. Meskipun sudah dicampur dengan sambal namun tidak terlalu pedas. Kuah yang gurih panas sedikit pedas dipadu dengan irisan daging kambing yang lembut membuat nasi becek terasa sangat nikmat dan segar. Rasanya memang mirip dengan kare namun ada sedikit rasa yang berbeda tapi sama-sama enaknya๐Ÿ˜ 

Sate kambing disajikan pada sebuah piring dilengkapi dengan sambal kacang yang lembut dan taburan irisan bawang merah diatasnya. Sate kambingnya juga empuk, tidak alot dan yang pasti juga tidak berbau ditambah irisan bawang membuatnya semakin segar. Nasi Becek yang hangat nikmat dan sate kambing yang empuk menjadi sebuah perpaduan yang menggugah selera๐Ÿ˜‰

Nasi Becek Khas Nganjuk

Nasi Becek dan sate kambing yang kami pesan pun habis tidak bersisa. Selesai makan, saya menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Untuk harga nasi becek @25rb dan sate kambing isi lima kalau tidak salah juga 25rb๐Ÿ˜Š. Secara keseluruhan saya menyukai olahan nasi Becek dan sate kambing khas Nganjuk ini. Jadi buat teman-teman yang sedang melewati atau berkunjung ke daerah Nganjuk bisa mencoba Nasi Becek khas Nganjuk ini.

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya ๐Ÿ’—๐Ÿ’—

54 komentar

  1. Huaa jadi kangen Nganjuk. Rumah alm mbah buyut ada di Nganjuk tapii udah lama banget nggak ke sana. Malah belum pernah cobain nasi becek akutuu, kayaknya enak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa ternyata dari nganjuk juga mbaa leluhurnyaa...bisa tuhhh kapan2 kalo sedang mudik ke nganjuk cobain ini nasi becek nya..enakkk kokk..bangettt hehehe

      Hapus
  2. Gak mudah mempertahankan usaha apalagi sampe 74 tahun. Salut aku sama konsistensi penjualnya yang tetap mempertahankan rasa. Aku pribadi lebih suka makan di tempat sederhana kayak gini. Terasa lebih nyaman aja. Dan rasanya gak bakalan bikin kantong menjerit juga ya haha.

    Terakhir aku makan nasi berenang eh becek ya istilahnya di sini haha pas main ke Semarang. Makan soto yang nasinya langsung dicampur. Awalnya aneh, tapi lama-lama kok pengen nambah hwhwhw

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget om..yang sederhana biasanya otentik rasanya dan ramah dikantong hehe
      kalo dijawa soto sop biasanya memang dicampu dijadiin satu nasinya kecuali kalo kita minta pisah jadi jangan heran klo order soto dah langsung jadi satu sama nasinya tapi tetepp enakkk benerrran kok :D

      Hapus
  3. Unik banget nasi becek, padahal mirip soto gitu tampilannya. Terus padahal kuahnya banyak ya, kenapa namanya bukan nasi banjir ya? Wkwk. Kebayang rasanya gurih santan, ditambah pakai sambal dan sate. Wih maknyuss bener emang kuliner Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa mirip soto betawi sie duhh enak banget ini mbaaa meskipun tampaknya sederhana tapi gurih nikmatnyaa itu loo...aku aja mau kok diajak kesana lagiii heheh

      Hapus
  4. Tulisan ini saya baca saat malam hari dengan kondisi di luar sedang hujan. Wah, peruut auto keroncongan hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hujan hujan ketemu yang anget anget pas banget dehhhhhh :)

      Hapus
  5. authentic banget looksnya, vibes-nya tuh vintage abis! wkwk
    kalo udah ada sejak lama gini pasti rasanya ga kaleng-kaleng yah, mana harganya cuma 25ribuan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kakkk...meskipun tampak sederhana dan murah tapi rasanya gak murahan.... superrrr sedappppp

      Hapus
  6. Di Tuban juga ada Mbak becek mbak
    Dari look-nya sepertinya sama kayak semacam gulai gitu ya. Tapi disini ga hanya daging kambing saja tapi bisa daging lainnya dan yg terkenal malah becek entog

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena sama wilayah jawa timur ya mbaa jadi namanya sama..ini juga mirip2 gulai sie mba meskipun agak berbeda lahh hehehe...wah disana ternyata lebh banyak pilihan ya gak cuma kambing aja,,kapan2 klo ke tuban sptnya wajib coba juga nsi becek tuban :)

      Hapus
  7. Jadi kangen makan becek. Dulu sering banget bungkus bawa pulang karena bapak suka sama becek. Kalau aku kadang makan nasi sama kuahnya plus kerupuk aja udah nikmat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa ternyata mba dari nganjuk juga tohhhh :)
      iyaa lo mbak aku gak expect seenak itu ternyata enak bangettt gurih pedes panas cocok jadi satuuu hhmm jadi pengen lagi hehehe

      Hapus
  8. tampilannya mirip soto/gule gitu ya kak, aku jadi penasaran nih apalagi namanya unik nasi Becek hehe. Kapan2 kalo ke daerah nganjuk mau juga ah mampir kesini hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener banget kak mirip gule atau soto santan...gurih jga rasanya cuma dia pakainya daging kambing kak..

      Hapus
  9. Wuah jadi kangen Nganjuk. Sejak ada trans Jawa jd jarang mampir-mampir :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejak ada jalan tol jadi jarang mlipir2 buat kulineran ya kak

      Hapus
  10. waaa udah jualan benar-benar lama yaa. Warung legend yang masih stay sampai sekarang. Penasaran sama nasi beceknya, sejenis soto-sotoan gitu yaa kak? Harganya juga murah banget untuk porsi segituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhhh mirip soto atau gule gitu kak..rasanya juga gurih pedas karena memang sudah dicampur dengan sambal yaa..meskipun keliatan sederhana tapi enakkk bangettt hihihi

      Hapus
  11. Saya baru tahu tentang nasi becek ini .. disebut nasi becek karena kerendam nasinya ya ... unik juga ... bakal cocok di lidah saya nih karena saya penyuka makanan berbumbu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak sptnya karena nasinya disiram kuah sekalian jadi disebut nasi becek hehe

      Hapus
  12. Saya selalu suka juga cobain warung legendaris. Karena memang cita rasanya khas. Semoga bisa mampir kesini suatu saat. Aamiin. Insha Allah

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih.. Harganya murce tapi enak banget apalagi resep dari turun menurun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt kak mesti cobain deh klo nanti ke nganjuk :)

      Hapus
  14. Nasi becek khas Nganjuk ini autentik banget yaa, ngiler aku baca nya. Kebayang betapa sedap nya makan nasi becek di temani sate kambing. Perpaduan yang sangat epik dan ciamik. Tempat makannya juga terasa nyaman serta rapih yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba lala,,,tempatnya meski sederhana tapi bersih dan rapi kok jadi tamu yang datang juga berasa nyaman ditambah masakan yg TOP BGT :)

      Hapus
  15. Namanya unik banget, nasi becek. Jadi penasaran deh sama rasanya. Kayaknya kudu banget mampir kesana kalo pas ke Kediri. Thank you rekomendasi kulinernya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak semoga jd ide kuliner nanti kalo pas lewat daerah kediri nganjuk :)

      Hapus
  16. Ya ampuuun, Nganjuk ini kampung Abang iparku, kok dia ga ksh tau ada kuliner ini pas kami kesana ๐Ÿ˜‚.

    Keliatan enak mba, tapi pastinya aku bakal skip itu bawang mentah dr atas sate ๐Ÿคฃ. Ga akan ketelen.

    Aku mah msh mending cuma singkirin bawangnya, tapi kalo kakak iparku, ngeliat bawang aja dia ga bisa, langsung lari ๐Ÿ˜….

    Aku suka makanan Nganjuk Krn cendrung pedas.makanya cocok Ama kuliner Abang ipar, soalnya dia juga penyuka pedes.

    BalasHapus
  17. Unik ya nama menu nasinya. Pantesan saja karena penuh dengan kuah yang kalau dilihat seperti soto ya tapi pas dirasa mirip nasi kare karena ada kuah santannya. Well dari ulasannya di atas saya gak ragu untuk mampir makan di warung yang udah nerdiri sejam 1950 ini karena (katanya) rasanya enak dan harganya pun masih terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe aku pas pertama kali di kasih tau juga mengerutkan kening mbaa..kok namanya aneh,,enak gak ini..ternyata diatas ekspektasiiii...gurih pedes panass enakkk pokoknya klo buat aku :)

      Hapus
  18. Kirain aku salah baca, Nasi Bebek, ternyata beneran Nasi Becek karena berkuah ya. Sebuah menu kuliner yang unik sekali. Apalagi ditambah pakai sate kambing pasti maknyus sekali deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk kok ngakak ya aku haha...recommended masss

      Hapus
  19. Aku baru tau kalau di Nganjuk ada kuliner khas bernama nasi becek
    kirain tadi kayak pecel campur gitu mbak

    Biasanya aku nggak begitu doyan kambing, karena baunya yang menyengat saat dimakan, tapi ada kalanya menyantap kambing kalau dimasaknya nggak berbau sama sekali

    aku penasaran sama nasi becek ini, jarang jarang nemuin kuah kare dipadu sama kambing, unik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba ainun..unk ini nasi becek..meskipun dari daging kambing tp sama sekali tidak berbau kok..nanti klo pas mlipir ke nganjuk bisa mampir mbaa ;)

      Hapus
  20. Aku penasaran rasanya nasi becek kayak gimana. Kayak bubur gak? Di daerahku gak ada jualan soalnya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kak,,,ini masih berasa nasi kok...mirip nasi kare atau gule menurutku ;)

      Hapus
  21. Belum pernah makan nasi becek khas Nganjuk.
    Rasa gurihnya ini karena santan kali ya..
    Enaknya tuh ditemenin ama sate kambing juga. Aku suka banget sate kambing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem mba sptnya karena pakai santan jadi berasa gurihnyaa :)

      Hapus
  22. Saya masih mengingat-ngingat apakah saya pernah ke Nganjuk kadang suka pernah tapi ga ngeh itu tempatnya hehehe, btw ngomongin soal makanannya kayak enak banget ya mba, dan namanya unik banget nasi becek dan berdirinya sudah sejak tahun 1950 wah udah 73 tahun ya, pasti udah turun temurun ya kayaknya kak, kalau ke Ngajuk semoga bisa nyobain ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak sudah turun temurun sepertinya ini sudah generasi ke 3 kalo gak salah hehe

      Hapus
  23. Masukin wajib list ah. Kampungku deket Nganjuk tapi belum pernah coba. Nanti pas mudik pasti coba, secara udah legendaris

    BalasHapus
  24. Aku cukup penasaran sama rasa nasi beceknya kak. Tapi kalau sate kambingnya, berhubung nggak terlalu doyan, jadi mungkin akan aku skip. Sepertinya kalau mudik, harus mampir ke sini

    BalasHapus
  25. Lucu namanya... sekilas mirip gultik ya ๐Ÿฅน duh enak banget yaa rasanya pengen coba langsung di kotanya

    BalasHapus
  26. pas baca nasi becek,penasaran gimana rasanya, duu apalagi disini lagi hujan deres autolaperlagi lihat foto-fotonya,apalagibahan utamanya kambing duu ngiler

    BalasHapus
  27. Belum pernah ke daerah2 sperti ini, kukira td typo nasi besek lho, next klo jalan2 bakal coba ah

    BalasHapus
  28. Senang banget perjalanan kalau bisa c0bain kuliner ya mbak. Btw penasaran sama nasi becek. Semoga ada kesempatan main kemari mbak.

    BalasHapus
  29. Lucu banget ada makanan namanya nasi becek. Jadi penasaran deh sama rasanya, kalau main ke nganjuk aku mau coba ah..

    BalasHapus
  30. Nasi becek khas Nganjuk aku belum pernah cobain sekilas mirip kuah gulai pakai santan ya ? Pengen cobain kapan kapan

    BalasHapus
  31. Meski gak makan kambing tapi bayangin nasi pake kuah kare plus kol aja udah ngiler. Yum :p

    BalasHapus
  32. Penampakan dari nasi becek itu kayak nasi soto yaa heheheh, tapi penasaran seh, semoga bisa kesana menikmatinya.

    BalasHapus
  33. pengen banget cobain nasi becek, keliatan enak :D

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Ibu Ibu Doyan Nulis Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts