Kuliner di Kampung Kecil Banjarbaru yang Asri dan Nyaman

Kampung Kecil Banjarbaru

Di kota Banjarbaru kini telah hadir salah satu restoran yang telah mempunyai banyak cabang di kota-kota besar di Indonesia. Restoran yang baru di buka pada bulan Maret 2023 ini kini menjadi salah satu destinasi kuliner yang banyak dikunjungi, tidak hanya rakyat biasa namun juga para pejabat yang sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan. Restoran di Banjarbaru ini adalah cabang ke 35 dari seluruh cabang di Indonesia.

Restoran yang terkenal ini mempunyai nama "Kampung Kecil". Kampung Kecil Banjarbaru berlokasi di Jl A Yani No 30, KM 37, Loktabat Utara, Banjarbaru Utara atau lebih mudahnya berlokasi di seberang Q-Mall Banjarbaru. Kampung Kecil Banjarbaru buka setiap hari dari jam 10.00-22.00 WITA. Kampung Kecil adalah restoran dengan konsep masakan sunda yang tentu sudah tidak asing untuk lidah kita, siapa sihh yang tidak suka masakan sunda??😁

Hari itu kebetulan hari libur dan karena kami sedang berada di Banjarbaru maka kami memutuskan untuk mencoba kulineran di Kampung Kecil. Sesampainya disana, saya cukup heran dan kagum dengan area parkirnya yang sangat amat luas. Area parkirnya ini bisa menampung beberapa puluh mobil serta bus, karena kebetulan saat kami tiba disana terlihat rombongan yang mengendarai bus. 

Memasuki ke area restoran maka kita akan disambut dengan gerbang masuk yang sangat khas dari Kampung Kecil. Gerbang dari bambu dengan tulisan "Kampung Kecil" diatasnya. Bangunan yang digunakan di restoran ini hampir semuanya menerapkan konsep yang sama yaitu bambu beratapkan jerami. 

Kampung Kecil Banjarbaru

Begitu masuk maka kita akan disambut oleh waitress yang akan menanyakan berapa jumlah rombongan untuk dipilihkan tempat duduk yang sesuai. Setelah san waitress mendapatkan konfirmasi dari pelayan didalam maka kita akan diberikan no meja dan buku menu. 

Kampung Kecil Banjarbaru

Terlihat area dalam restoran yang sangat luas dengan berbagai gazebo kecil ataupun besar. Terdapat juga area kolam dengan gazebo-gazebo kecil diatasnya. Menurut saya Kampung Kecil Resto ini dibagi menjadi empat area, yaitu area depan, area kolam, area tengah yang berupa bangunan yang cukup besar dan luas serta area dalam. 

Setiap area terdiri dari beberapa gazebo kecil yang bisa digunakan untuk sekitar 2-6 orang. Kecuali di area tengah yang merupakan bangunan utama, disitu terdaapat beberapa meja kursi yang cukup banyak. Area ini biasanya digunakan untuk area pertemuan yang bisa digunakan hingga 100 tamu. Setiap gazebo di Kampung Kecil Resto mempunyai nama yang unik karena diberi nama dengan nama RT ataupun RW.

Kampung Kecil Banjarbaru

Kami saat itu mendapatkan tempat duduk diarea tengah atau di bangunan utama. Setelah melihat-lihat buku menu akhirnya kami memesan kakap cabe hijau, sayur asem, bakwan jagung serta paket iga bakar yang sudah terdiri dari nasi, iga bakar, sayur karedok serta es teh. Untuk menunya sendiri di Kampung Kecil sangat lengkap dari olahan aneka seafood, ikan, ayam, bebek, daging, soto iga, aneka sayuran, camilan dll. Untuk pilihan menu lengkapnya, teman-teman bisa cek di Menu Kampung Kecil

Kampung Kecil Banjarbaru

Awalnya kami kira bakal menunggu agak lama namun ternytaa pesanan kami lumayan cepat datang kecuali bakwan jagung yang datang agak belakangan. Kakap gorengnya digoreng cukup garing dengan sambal cabe hijau yang menggoda. Iga bakarnya juga sangat empuk sekali dan porsi dagingnya sama saekali tidak pelit lengkap dengan sambal dan lalapan mentimun kol. Untuk karedoknya karena memang porsi personal sehingga tidak terlalu banyak namun sayuran yang digunakan sangat segar.

Nah untuk sayur asem-nya adalah jenis sayur asem yang selalu dicari yaitu sayur asem khas sunda dengan kuah merahnya dan rasa asem pedas yang segar. Saya sendiri selalu suka dengan sayur asem merah ini karena rasanya yang sangat komplit dan segar. Bakwan jagung yang dihidangkan porsinya juga cukup banyak, namun sayang keskip buat foto😁. Ini adalah jenis bakwan jagung dengan jagung pipil sehingga masih berbentuk butiran jagung digoreng dengan tepung yang krispi.

Untuk kami berdua, pesanan tersebut sudah cukup banyak dan lengkap. Jika teman-teman ingin menu personal yang lengkap maka teman-teman bisa memilih menu paket. Untuk yang menu satuan menurut saya porsinya cukup banyak dan cocoknya untuk dimakan bareng-bareng. Karena memang menu satuan harganya lebih mahal dari menu paket sehingga porsinya tentu juga lebih besar. Selain itu juga terdapat menu paket untuk ber-4 ataupun ber-6 dengan menu yang sudah ditentukan.

Kampung Kecil Banjarbaru

Selesai makan dan bersantai sejenak kami kemudian menuju kasir untuk membayar. Area kasirnya terdapat di bagian depan dekat dengan pintu masuk sekaligus pintu keluar. Untuk harga saya rasa juga standar berkisar antara 40-80rban. Secara keseluruhan saya suka dengan masakan dan juga suasana yang ditampilkan di Kampung Kecil Resto Banjarbaru ini. Tempat yang bersih, nyaman dan asri cocok untuk makan bersama keluarga besar ataupun kolega. Apakah teman-teman juga ada yang pernah mencoba kuliner ke Kampung Kecil Resto di kota teman-teman?? Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar yaπŸ˜‰

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita pengalaman selanjutnyaπŸ’—πŸ’—

14 komentar

  1. Tempatnya cakepp ya dan memanjakan mata, jadi bisa makan sambil refreshing. Itu sayur asemnya juga keliatan seger banget, pas dimakan dengan ikan dan bakwan jagung. Kalau datang bersama keluarga emang enaknya pesan menu paketan gini ya, komplit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa bun...enak buat mkaan bareng2 rombongan ini tempat nyaman pilihan menu juga banyak :)

      Hapus
  2. Aku sampe browsing dulu di jakarta di mana, kok ga pernah denger. Ternyata di Kedoya Jakarta barat πŸ˜…. Lumayan jauh sih dari rumahku mba.

    Tapi ratingnya tinggi. Jadi kepikiran mau ajak temen2 Malaysia ku makan di sana kalo ntar mereka datang.

    Kalo utk makanan Sunda, aku doyaaan. Apalagi lalapan dan aneka sambalnya. Krn selaku segar dan sambel mereka tuh ga pernah failed sih. Selalu pedes segar kan 😍😍.

    Sayur asem yg aku suka juga yg merah gitu mba. Yg rasa nya asam pedas..Krn ada juga sayur asem tp manis hahahah. Aku ga doyan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh sepertinya pas tu mbaaa nanti buat aja temen2 blogger malaysia buat kuliner disana karena memang kuliner khas sunda. Meskipun bahan2nya sama tapi cara masak dan penyajiannya beda kan pasti hehehe..semoga mereka juga suka nanti mbaaaa :)

      Hapus
  3. Asik sekali ada tempat makan seperti ini karena selain tempatnya yang menarik , makanannya juga bisa membuat kita puas dan senang hati. Makin penasaran sama bakwan jagung yang gak foto balik lagi mbak foto bakwan jagungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha siapppp masss nti klo kesana lagi tak fotoin yaaa buat nambah referensi hihihi

      Hapus
  4. Ini kemaren pas bukber aku juga di kampung keciiil mba. Cuma aku yang di cabang Jatibening. Sama persis layoutnya, parkiran gede dan luas banget.

    Cuma bad experience pas bookingnya asli deh, LAMAAA BANGET.
    Tapi selebihnya, pas di hari-H itu bener-bener ga ada yang miss. Semuanya datang ontime, lengkap dan akurat. Makanannya juga enak bangeet untuk harga yang ga terlalu mahal 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya lay out nya memang dibikin sama semua yaa mass,,nuansa pedesaan bambu bambu gitu serasa masuk wilayah yg berbeda hehe...
      mungkin karena acara booking jd mereka jadi banyak yg booking mass jadi nya lama hehehe..bener kan yaa enak2 menunya recommended cocok buat rombongan :)

      Hapus
  5. Sepupuku dulu sempet di Banjarbaru lamaaa..
    Aku sendiri belum pernah, tapinyaa..ehhe.. Seneng yaah, ada Kampung Kecil.
    Tempat makan yang nyaman dengan fasilitas lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwwww sekarang dh pindah ke jawa ya mba lendy?
      mb lendy juga sudah pernah coba kampung keci di jawa kah? aku baru tau satu ini soalnya hehe

      Hapus
  6. Unik banget namanya Kampung Kecil aku suka desain interior restonya cakep dan nyaman banget, ternyata hidangannya menu Sunda yaa belum ada nih di kotaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa di jawa tengah belum ada ya mbaa..semoga segera menyusul soalnya tempatnya nyaman dan masakannya juga enak2 menurutku sie

      Hapus
  7. Wheee dalemnya baguuuss bangeett, bersih dan nyaman. Cocok ini buat halbil, reuni, silaturahmi gitu yaaa... Tambah kaget lagi tahu menunya ternyata menu sunda, ahahaha... obat kanget buat yang rantau nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaaa tempatnya nyamannn buat acara2 bareng rombongan gt menunya juga enak2 kok mnrt aku :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts