4 Tempat Wisata di Aceh Besar

Wisata Aceh Besar

Melengkapi cerita pengalaman keliling Aceh, kali ini saya ingin berbagi beberapa tempat wisata yang berhasil kami singgahi saat menyisir pantai utara Aceh atau lebih tepatnya di kawasan Aceh Besar.  Setelah kemarin berhasil menyusuri pantai bagian selatan dan singgah di Puncak Geurutee sambil menikmati hamparan laut Samudera Hindia yang mempesona maka kali ini kali menyusuri tempat-tempat wisata di bagian utara kota Banda Aceh. Ada beberapa tempat wisata yang berhasil kami singgahi di kawasan Aceh Besar, diantaranya adalah : 

1. Kampung Persahabatan Indonesia Tiongkok

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok adalah sebuah kompleks perumahan yang dibangun bagi para korban yang terdampak oleh Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Kampung Persahabatan ini berlokasi di Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Kompleks perumahan ini berjarak sekitar 17km dari kota Banda Aceh atau sekitar 30menit berkendara. 

Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok
Gapura Selamat Datang di Kampung Persahabatan

Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok adalah salah satu bentuk sumbangsih pemerintah China untuk revitalisasi daerah terdampak bencana. Berlokasi di atas bukit, Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok ternyata juga menawarkan pemandangan laut yang biru dan indah.

Kampung Persahabtan Indonesia-Tiongkok juga dikenal dengan nama Kampung "Jackie Chan" karena dipercaya bahwa artis tersebutlah yang pertama kali menggagas untuk memberikan sumbangan dan membantu rakyat Aceh yang sedang ditimpa bencana. Kampung "Jackie Chan" sekarang sudah dihuni lebih dari 600 kepala keluarga dan dilengkapi berbagai fasilitas umum.

2. Benteng Kerajaan Indraprata

Benteng Indraprata berlokasi di desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar atau sekitar 19km dari Banda Aceh. Sehingga lokasi Benteng Kerajaan Indra Prata ini juga sangat dekat dengan Kampung Jackie Chan. 

Benteng Indraprata
Benteng Indraprata

Benteng Indraprata adalah situs sejarah peninggalan Kerajaan Lamuri pada abad ke 7M. Kerajaan Lamuri adalah kerajaan Hindu pertama di Aceh yang dikemudian hari berubah menjadi kerajaan Islam hingga lahirnya kesultanan Aceh. 

Benteng Indraprata berlokasi persis di bibir pantai menghadap ke Selat Malaka. Benteng Indraprata pada saat itu berfungsi sebagai bangunan pertahanan dari serangan musuh yang ingin masuk ke wilayah Aceh. Dari sebuah prasasti disana disebutkan bahwa benteng Indraprata juga pernah digunakan sebagai tempat pertahanan utama untuk membendung serangan dan mengusir musuh yaitu Portugis yang masuk Aceh melalui Selat Malaka.

Benteng Indraprata
Langsung menghadap Selat Malaka

Ada dua benteng yang masih berdiri kokoh hingga saaat ini salah satunya adalah benteng utama yang berukuran 70x70 meter dengan ketinggian 4 meter dan tebal 2 meter. Didalamnya terdapat juga dua buah kubah yang didalamnya adalah sebuah sumur.

3. Pemandian Air Panas Ie Seum

Wisata selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Ie Seum yang masih berlokasi di desa Ie Seum Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar dan berjarak sekitar 40km dari kota Banda Aceh. Lokasi Pemandian Air Panas Ie Seum agak jauh dari pemukiman warga sehingga kita harus melewati jalan berkelok-kelok.

Pemandian air panas ie seum
Kaki Gunung Seulawah Agam

Nama "Ie Seum" secara harfiah berarti "air panas". Sumber air panas alami ini berasal dari mata kaki pegunungan Seulawah Agam yang merupakan gunung api tipe A di Aceh. Mata air panas ini keluar ke permukaan melalui jalur lemah realising bend/pelepasan akibat adanya sesar mendatar di Ie Seum.

Masuk menuju area wisata pemandian air panas kita harus membayar biaya masuk hanya @5rb. Terdapat area parkir yang cukup luas baik untuk kendaran roda dua ataupun mobil. 

Pemandian air panas ie seum
Berteduh sambil menikmati es kelapa muda

Untuk kolam pemandian air panas, kalau tidak salah ada 3 jenis yaitu untuk anak-anak, wanita dan pria yang masing-masing kolamnya berada pada bangunan terpisah. Saat itu kami tidak hendak berendam di pemandian air panas, kami berjalan ke samping bangunan kolam menuju area kaki gunung yang merupakan area keluarnya sumber air panas. Terdapat aliran-aliran air kecil yang mengelurkan uap panas di sekitar kaki bukit. Di sekitar lokasi tersebut terdapat banyak gazebo dan penjual makanan dan minuman. Kami disana berteduh di gazebo sambil memesan es kelapa muda.

Pemandian air panas ie seum
Uap panas yang keluar dari sumber air panas

Sumber air panas Ie Seum mempunyai suhu berkisar antara 80-85℃ dan mempunyai volume air yang cukup banyak. Karena suhunya yang relatif tinggi tersebutlah banyak yang mengatakan bahwa air panas yang keluar bisa digunakan untuk merebus telur dengan cara meletakkannya di sumber air panas tersebut selama beberapa menit. Karena hal tersebutlah banyak dijual telur mentah yang kemudian bisa digunakan pengunjung untuk bereksperimen.

4. Kebun Kurma Barbate

Kurma yang biasanya tumbuh di habitat subtropis seperti gurun ternyata bisa juga tumbuh di Indonesia. Salah satu lokasi pembibitan kebun kurma terbesar berada di wilayah Aceh tepatnya di Jl Lintas Blangbintang-Kreungraya, Meurandeh Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Di lokasi ini terdapat banyak kebun kurma namun kebun kurma terbesar adalah Kebun Kurma Barbate yang mmepunyai luas sekitar 500ha.

kebun kurma barbate
Kebun Kurma Barbate

Untuk masuk ke area wisata kebun kurma Barbate maka kita cukup mambayar 5rb saja sebagai biaya parkir. Disni kita bisa melihat hamparan luas pohon kurma di setiap sudutnya. Terdapat juga sebuah cafe di bagian tengah dimana kita bisa memesan aneka minuman dan makanan. Di cafe tersebut juga dijual berbagai kurma, kurma muda dan buah tin. 

Selain melihat hamparan kebun kurma, di Barbate juga dilengkapi berbagai fasilitas bermain seperti ATV, berkuda, memanah dan kereta api mini. Masing-masing area bermain akan dipungut biaya tersendiri

Itulah empat macam destinasi wisata yang berhasil kami kunjungi saat menjelajah daerah Masjid Raya, Aceh Besar. Keempat lokasi wisata tersebut berada di kawasan yang sama yang saling berdekatan. 

Terima kasih sudah membaca petualangan kami dan sampai bertemu di cerita selanjutnya๐Ÿ’—๐Ÿ’—

32 komentar

  1. Cantik sekali destinasi wisata Aceh Besar :) Aku belum pernah main ke Pulau Sumatera. Semoga suatu hari nanti kesampaian mampir dan bermalam di Aceh aamiin. Ada Kebun Kurma juga ya bagus banget pemandangannya. Asyik juga abis mandi air panas trus minum es kelapa hehehe. TFS ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin semoga dimudahkan wishlist nya mbaa...bisa jalan2 ke serambi makkah ini :)

      Hapus
  2. Aceh itu punya kisah mendalam dalam langkahku dan masih ada rindu, eh itu kebun kurmanya kok aku jadi pengen liat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. singgah lagi mbaa untuk menghapus rindu disana...aku juga baru tau itu ternyata ada kebin kurma disana :)

      Hapus
  3. Waaahhh Aceehhh ๐Ÿ’ฏ๐Ÿคฉ๐Ÿ˜ป
    penuh pesona bangettt yha
    Aku paling tertarik sama Kampung "Jackie Chan" mbaaa
    Warbiyasaakkk ya....artis yang pertama kali menggagas untuk memberikan sumbangan dan membantu rakyat Aceh yang sedang ditimpa bencana.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakkk mbaaa..masyarakat aceh sangat terbantu dengan ada nya kmpung Aceh ini..mereka yg tempat tinggalny ahancur akhirnya bisa mendapat tempat tinggal baru

      Hapus
  4. Waah ada kebun kurma di Aceh Besar, benar2 jadi serambi Mekkah yaa. Aku juga penasaran ama buah tin di sana.

    Ternyata Aceh asyik banget ya buat tempat traveling, bisa makan ayam tangkap dan mie aceh lalu main di pemandian air panas dan kampung Jackie Chan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaaaa wisata di Aceh bener2 lengkap wisata di Aceh itu...wisata alam nya indah, kulinernya juga enak2 :)

      Hapus
  5. Keempat wisata yang sangat rekomen buat dikunjungi kalau pas lagi ke Aceh Besar ya mba ๐Ÿฅฐ๐Ÿ˜ Suka banget sama view nya cakep-cakep banget, serta masih sangat asri. Enakeun ya liburan ke tempat seperti ini, dekat dengan alam dan menambah wawasan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbak...ke empatnya adalah tempat2 wisata yang lumayan rame dikunjungi..selain wisata alam kita juga dapat wisata edukasi nya juga :)

      Hapus
  6. Whaaa baru tau kalo di aceh ada kebun kurma sebesar itu. Iitu hasil produksinya bisa kita beli juga ga ya?

    Pengen gitu kebun kurma kuga ada di jawa. Jangan kelapa sawit muluuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang dijual kebanyakan tetep import mas karena hasil dr kebun kurma ini juga belum terlalu banyak dan panen nya juga butuh waktu yg lama ;)
      di jawa emang ada kebun sawit mas? setauku di kalimantan sama sumatera aja hehe

      Hapus
  7. Suhu sepanas itu bisa dijadiin kolam pemandian juga mba??? Seriuuus ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ. Ga melepuh apa kulit?

    Aku baru tahu yg objek wisata pemandian air panas ini. Tp memang aku belum pernah sih ke Aceh besar. Butuh cuti lama kalo mau eksplor Aceh ๐Ÿ˜„. Suamiku yg ga bisa masalahnya.

    Kebun kurmanya juga baru tahu. Menarik sih. Apa mereka jual juga kurma muda? Soalnya aku ga doyan kurma. Tp kurma muda suka banget... Krn rasanya kayak jambu, msh kries.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwww kalo yg dikolam pemandiang sudah hangat mbaaa enggak sepanas dari sumbernyaa hehehe sudah dicampur dengan air biasa :)
      kurma muda ada juga mba disini,,lengkap...iyaa kurma muda krenyes2 manis kayak berasa gak makan kurma hehe

      Hapus
    2. Oalaaaah... Kaget aku kalo suhunya sepanas itu hahahhahaha. Soalnya tiap ke pemandian air panas aja, atau onsen di Jepang, aku tuh ga sanggup juga ama airnya. Padahal udh suhu panas yg bisa diterima kulit sebenarnya๐Ÿคฃ. Memang akunya yg ga kuat sih, krn terbiasa air dingin. Jadi butuh lamaaaa bgt utk bisa masukin seluruh badan hahahaha

      Hapus
    3. Aku juga terbiasa pake air dingin kalo dari pemandian air anget habis itu jadinya gerah haha..jadi klo ga yg bener2 sakit aku gak pake tu air anget heh...
      aku belum pernah onsen an haha...mba fanny kalo onsen cewek apakah juga "polosan" gitu mba?? kan katanya kalo cowok2 itu emang gt yaa..apakah cewek juga sama? hehe..aku bayangin buat kita yg gak terbiasa kan ya berasa gimana gitu yaaa

      Hapus
  8. Aku penasaran sm kebun kurma itu mbak, beneran berbuah dan manis kaya kurma timur tengah? Mbak coba icip nggak kurma nya? Jd pengen jg kesana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku engga icipin kurma dari situ mbaa karena pas belum panan sepertinya hehe

      Hapus
  9. aku penasaran sama sumber air panasnya, uapnya sampe keliatan pas difoto dan ternyata suhunya bisa sampe 85 derajat, astagahhh ini kalau kita berendam disana ga bisa lama-lama ya
    mau memasak telur aja udah dijamin bakalan mateng

    wisata di Aceh sebagian besar bernuansa alam ya, masih alami gitu, semoga suatu saat bisa main main ke Aceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa saking panasny ampe keliatan banget uapnya...tapi klo yg masuk ke kolam berendam udah hangat kak karena sdh dicampur air biasa...

      Hapus
  10. Aceh tuh cantik banget ya pemandangannya indah dan alamnya kaya semoga selalu terjaga kelestariannya ya pengen banget ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak...wisata alamnya bener2 cantik banget apalagi kalo perawatan nya bisa lebih dimaksimalkan pasti akan lebih banyak menarikwisatawan

      Hapus
  11. Saya sudah lama tidak ke Aceh, ini sih menarik banget tempat-tempatnya karena ada aneka macam kebudayaan yang bisa kita lihat kolaborasi dengan China Lalu ada kebun kurma. ini menarik sekali untuk dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. paket komplit ya kak wisata alam ada wisata edukasi juga ada :)

      Hapus
  12. Belum pernah ke Aceh dan baca ini jadi nambah pengetahuan terkait tempat wisata yang ada di sana. Tertarik deh dengan Pemandian Air Panas Ie Seum eh tapi ku juga baru tahu di Aceh ada kebun kurma ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe idem kak aku juga baru tau looo itu kalo ternyata ada kebun kurma juga disana..jadi semacam mini nya makkah kali ya :)

      Hapus
  13. Destinasinya unik dan khas untuk dikunjungi, baru tau ada nama kampung Jackie Chan di sana. Terus kebun kurma yg menarik buat dikunjungin serta aktivitas2 kaya panahan atau naik ATV :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi bener kak ada berbagai pilihan wisata disana dan jaraknya lumayan deket2 juga

      Hapus
  14. Penasaran dengan kampung Jacki Chan sama peninggalan sejarah itu selalu menarik untuk dilihat dan dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mbaa...yg berbau-bau sejarah memang menarik buat diulik :)

      Hapus
  15. Penasaran ama pemandian air panas, secara di Pekanbaru ga ada pemandian air panas. Terakhir pernah itu di Brastagi. Emang enak sihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh iyaa di brastagi banyak ya mbaa pemandian air panas disana...dulu aku juga sempat tinggal di daerah brastagi :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts