Bebas Masalah Perut Berkat Jamu Kunyit Asam

Jamu Kunyit Asam

Jamu telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia. Hal tersebut membuat kita rakyat Indonesia semakin bangga dengan keberadaan jamu. Memang jamu tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari. 

Sebagai orang Jawa, saya sudah dikenalkan dengan jamu dari kecil. Di depan rumah saya, sejak kecil hingga sekarang tiap hari pasti ada ibu penjual jamu keliling. Biasanya ibu penjual jamu ini keliling dengan menggunakan sepeda. Saya termasuk yang sering membelinya tiap pagi. 

Pada umumnya jamu identik dengan rasa pahit tapi jangan salah karena tidak semua jamu itu pahit๐Ÿ˜‰. Jamu andalan saya adalah kunyit asam dan beras kencur. Saya juga pernah mencoba beberapa jamu pahit lainnya seperti jamu daun pepaya dan brotowali. Dan ternyata pahitnya nempel lama di lidah, meskipun sudah minum manis namun rasa pahitnya masih terrsisa. Karena hal itulah saya tidak ingin mencoba aneka jamu lainnya kecuali kunyit asam dan beras kencur๐Ÿ˜€.

Jamu Kunyit Asam

Kalau harus memilih kunyit asam atau beras kencur, saya lebih memilih kunyit asam. Kenapa?? Karena jamu kunyit asam meninggalkan rasa yang segar, apalagi jika diminum saat dingin. Meskipun terbuat dari bahan sederhana, namun ternyata jamu kunyit asam mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah :

1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Kunyit asam mengandung senyawa antioksidan seperti kurkumin yang bermanfaat sebagai antioksidan, antiinflamsai dan antibakteri. Kandungan tersebutlah yang membantu menjaga daya tahan tubuh dengan melawan radikal bebas.
2. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
Senyawa aktif pada kunyit juga merangsang produksi enzim pencernaan dan menambah nafsu makan. Hal tersebut membantu memperlancar kinerja otot saluran pencernaan sehingga bisa mengatasi perut kembung dan gangguan lambung.
3. Membantu mengontrol gula darah
Mengkonsumsi kunyit secara teratur bisa meningkatkan kerja hormon insulin sehingga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah untuk pasien diabetes.
4. Membantu melawan depresi
Dengan minum jamu kunyit asam akan meningkatkan kadar serotin dan dopamin dalam darah sehingga membantu mengatur suasana hati.
5. Memelihara fungsi otak
Mengkonsumi kunyit asam secukupnya bisa membantu meningkatkan daya ingat otak sehingga bisa mencegah dari penyakit Alzheimer
6. Meredakan nyeri datang bulan dan dan menjaga kesehatan organ kewanitaan
Kandungan kurkumin juga membantu menghambat produksi horman prostaglandin yang menyebabkan peradangan dan nyeri datang bulan. Kunyit asam juga telah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisonal untuk mencegah gatal, peradanagan dan bau tak sedap pada organ kewanitaan.

Itulah beberapa manfaat dan masih banyak lagi manfaatnya dari konsumsi kunyit asam secara rutin. 

Dan karena berfungsi untuk meredakan nyeri haid tersebutlah sehingga sampai sekarang saya juga masih mengkonsumsinya. Saya termasuk tipe wanita yang mengalami nyeri perut parah setiap kali datang bulan. Nyeri perut ini sudah saya alami sejak masih sekolah, bahkan jika sedang parah-parahnya saya bisa sampai muntah dan seperti ingin pingsan. 

Dengan rajin konsumsi jamu kunyit asam, nyeri perut saat datang bulan berangsur-angsur mulai berkurang. Saya mulai meminumnya saat menjelang dan selama datang bulan atau hingga rasa nyeri sudah mulai hilang. Dengan konsumsi jamu kunyit asam, perut yang berasa begah saat haid juga menjadi lebih enakan.

Jamu Kunyit Asam

Saat saya tinggal di Solo, saya sering konsumsi jamu kunyit asam dari penjual jamu keliling. Kadang saya juga stok jamu kunyit asam dalam beberapa botol dan saya simpan di kulkas. Jamu kunyit asam ini jika disimpan di kulkas bisa tahan beberapa hari dan akan terasa lebih segar saat meminumnya. 

Namun karena sekarang saya tidak tinggal di Solo, susah menemukan penjual jamu keliling dan tidak telaten membuat sendiri, maka saya sekarang lebih memilih stok jamu kunyit asam dalam bentuk serbuk. Saya biasanya stok jamu Herbadrink Kunyit Asam dari Konimex. Sangat mudah membuatnya tinggal diseduh dengan air dingin dan jamu kunyit asam siap diminum.

Sekarang saya sudah mulai jarang merasakan nyeri perut lagi saat datang bulan, hanya pegal-pegal di area kaki dan itu masih wajar menurut saya. Saya tetap konsumsi jamu kunyit asam meskipun sudah tidak setiap hari. Biasanya saya meminumnya saat awal datang bulan ataupun saat saya ingin kesegaran dari kunyit asam.

Jamu Kunyit Asam

Sedikit berbeda dengan saya, pak suami juga stok jamu kunyit asam untuk mengatasi rasa kembung dan begah di perut. Beliau juga ada sakit lambung, sehingga saat perut mulai tidak nyaman maka beliau akan meminum jamut kunyit asam. Beliau lebih memilih jamu Kunyit Asal plus Fiber dari Sido Muncul. Biasanya setelah meminum jamu kunyit asam tersebut maka perut akan berasa lebih nyaman.

Menurut salah satu sumber, jamu kunyit asam aman untuk dikonsumsi secara tidak berlebihan. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 200ml atau satu cangkir gelas perhari. Jadi jangan khawatir meskipun konsumsi jamu kunyit asam tiap hari tidak akan membawa efek samping. Apalagi jamu juga terbuat dari bahan herbal alami sehingga Insya Allah aman untuk tubuh.

Teman-teman yang mempunyai permasalahan kesehatan seperti saya dan suami bisa mencoba rutin konsumsi jamu kunyit asam dari sekarang. Tubuh sehat, Keluarga ceria dengan Jamu Indonesia!!




Sumber :

  1. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/manfaat-kunyit-asam
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan
  3. https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-kunyit-asam-untuk-kesehatan-tingkatkan-imunitas-tubuh
  4. https://www.indonesia.go.id/kategori/budaya/7831/jamu-resmi-masuk-warisan-budaya-takbenda-unesco

29 komentar

  1. Samaa Kak Eryka, aku juga suka minum jamu kunyit asam. Ternyata selain bisa mengatasi sakit perut karena haid juga bisa atasi rasa begah di perut ya?

    Selain kunyit asam juga suka jamu beras kencur karena bikin badan jadi segerrrr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe idem kak...aku doyan nya juga cuma dua jamu itu aja...yg pahit skip dehhh hehe

      Hapus
  2. Akupun demen bangettt aneka jamu,๐Ÿ˜†๐Ÿš karena bikin tubuh jadi segaarrr, mood juga makin membaik pasca minum jamu.
    aku biasanya uring2an klo lagi PMS.
    dan ajaibnyaaaa abis minum jamuuu, jd membaiiikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ikut bantu kontrol emosi juga ya kak biar gak uring2an gak jelas hehe

      Hapus
  3. Duuuh samaaa mba, di JKT Deket rumahku susaaaah bener cari jamu gendong enak. Makanya selama di sini ga pernah minum jamu. Kalo sedang ke Jogja atau solo baru minum. Waktu itu di lobby hotel Novotel Solo ada yg jual kunyit asam enaaak bgtttttt. Tapi Giman mau beli kalo akunya di JKT hahahahah.

    Aku suka kunyit asam. Tapi skr ini untungnya langganan kombucha ku bikin kombucha dengan rasa kunyit asam. JD pake kunyit juga. Dan ENAAAAK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kombucha aja udah seger apalagi ditambah kunyit asam jadi makin seger lah mbaaa...jadi bayangin ikut nyessss hehe

      Hapus
  4. Aku bersyukur sekeliling rumahku masih ada jamu gendong yang keliling. Tiap ada kesempatan, aku pasti minta jamu kunyit asem sama beras kencur juga. Yaah, 2 itu aja sih yang secara cukup universal. Ga bikin pahit berlebihan di mulut.

    Keingetan juga deh, kalo dulu waktu masih kecil mah hampir tiap hari minumnya jamu buyung upik, wkwkwk

    Sekarang jamu udah go internasional juga sih. Produk-produk kita mulai banyak yang bertebaran di pasar, diproduksi pabrik besar dan dikonsumsi kawula muda juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh enak donk masss masih banyak ketemu jamu gendong..beberapa kali pindah belum ada nemu jamu gendong nie...
      dl sempet sie istri temen suami bikin jamu kunyit asam botolan gitu jadi aku simpen di kulkas..dingin2 makin seger

      Hapus
  5. Aku juga lagi mencoba nih minum jamu. Masih pilah pilih dari online shop, jadi belum dapat yang cocok yang mana. Jamu gendong sesekali suka lewat, tapi jam dia lewat gak cucok sama saya, karena saya pasti sudah berangkat kerja. Boleh juga nih kalau ada yang sachetan begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kaka sekarang banyak jamu yang serbuk jadi kita tinggal tuang air saja..selain sachetan ini aku juga dh pernah coba jamu seduh dari jsr kak enak juga kok :)

      Hapus
  6. sebagai penggemar jamu kunyit asem, ini jadi pilihan yang menyenangkan buat dinikmati pagi hari. Banyak efek segar ke badan terutama masalah pencernaan. Beneran bisa bikin sehat sih ini. Kalau aku biasanya borong sebotol gede hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh sama ternyata suka beli yg botolan juga ya kak...tinggal masukin ke kulkas yaa jadi tambah seger ;)

      Hapus
  7. Dulu jaman aku masih SMA, ibuku sering buatin jamu kunyit asem karena pencernaan ku kala itu rada buruk. Setelah rutin konsumsi, alhmdulillah membaik banget dan emang cari mbak jamu agak jarang sekarang itu. Mesti ke tempat-tempat tertentu. Syukurlah ada Sido Muncul, solutif sangat ini tuh. Apalagi kita para perempuan suka nyeri pas mau haid, bisa bantu atasi nyeri dan khasiatnya oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kan ya mba..kunyit asam ini memang mujarah buat atasi segala macam keluhan di perut dari nyri haid sampai perut begah bisa membaik berkat kunyit asam :)

      Hapus
  8. DUlu waktu masih SD nggak asing dengan jamu, biasanya yang sering dibeli adalah beras kencur, maklum maunya yang manis-manis.
    pas udah gede kayak sekarang, kalau lagi pengen jamu aja belinya, lagi-lagi yang paling sering dibeli beras kencur
    sesekali beli yang agak pahitan, lupa namanya
    Sekarang praktis ya, jamu kunyit asam ada versi praktisnya, tinggal seduh langsung minum

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaaa waktu kita kecil gampang banget ya nemu penjualn jamu keliling, sekarang memang agak susah sie..jadi biar bisa tetep bisa konsumsi jamu aku beli yang serbuk biar tinggal seduh ;)

      Hapus
  9. Duh, tadi di CFD lihat ada yang jual jamu tapi tak saya gubris karena sudah banyak yang dibeli huhuhu padahal minum jamu bikin seger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi dah banyak tentengan hasil jalan2 di CFD ya kak ;)

      Hapus
  10. Aku juga suka minum jamu kunyit asam, apalagi kalau mau datang bulan atau habis datang bulan rasanya kayak perlu banget minum. Apalagi ini sudah praktis banget ada Jamu Kunyit Asam ya, tinggal seduh aja. Jadi inget pas main ke kampung suami malah kaget banget harga kunyit asam tuh cuman 3K, padahal kalau kita di Makassar sini segelas tuh harganya 10K.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak minum kunyit asam jadi nyaman ya di perut kita...
      btw di jawa sie jamu murahhh kak...kadang 5rb aja dh dpt 2 gelas loo kak hehehe...

      Hapus
  11. Saya termasuk orang yang meyakini bahwa kunyit asam banyak sekali manfaatnya, obat herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit dan sehat, apalagi banyak yang praktis ya sekarang minumnya tinggal seduh seperti kunyit asam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak kunyit asam ini banyak banget manfaatnya ternyata buat kesehatan tubuh kita :)

      Hapus
  12. Aku juga suka minuman kunir asem Mbak rasanya segar ya dan badan jadi lebih nyaman terutama perut..jadi pengen beli deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbaaa jadi bikin nyaman perut ya mbaa..cuss mbaa beliii hehe

      Hapus
  13. Suka deh aku dengan jamu Kunyit Asem. Bikin perut enak dan adem rasanya. Ke badan juga jadi sehat. Dulu sih aku rutin minum di si mbok jamu yang lewat depan rumah. Kalo sekarang, dia udah gak jualan. Untungnya ada yang versi modern kayak yang ini. Sesekali aku minum juga. Jadi kangen minum lagi. Nanti siang nyari ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak sekarang penjual jamu keliling makin susah yaa hehe..tapi untungnya skrg dh mulai ada jamu serbuh jadi gampang kalo kita lagi pengen minum jamu kunyit asam :)

      Hapus
  14. Aku juga sukaa jamuuu..
    Tapi selama ini biasa ndeplok sendiri. Eh, bukan aku diink yang ndeplok.. Ibuk sama Bapak. Karena dulu, Bapak rahimahullah pernah sakit dan setelsh rutin minum herbal, qodarullah sehat.
    Jamu memang bukan obat, tapi lebih ke pencegahan dan tetap yang terbaik adalah imunitas tubuh. Dibantu jamu-jamuan dari bahan alami, si imun ini lebih cepat recovery dan membaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah enaknya bisa menikmati jamu bikinan sendiri mbaaa...pasti rasanya lebih seger dan nikmat apalagi yang bikin orang tua sendiri :)

      Hapus
  15. aku baru tau jamu bisa membantu melawan depresi, nice info kak :D

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts