Tambah Daya dan Pasang Baru Listrik lewat PLN Mobile Semudah Scroll Medsos

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat tugas dari pak suami untuk mengurus pasang baru listrik. Sebagai istri yang baik, maka tugas siap dilaksanakan hehehe... Sempat beberapa kali menimbang untuk memilih daftar online atau langsung ke kantor PLN yaa?? 

Saya kemudian ingat, dua tahun sebelumnya pernah pengajuan tambah daya melalui PLN Mobile. Saat itu prosesnya lumayan cepat karena tidak sampai seminggu sudah diproses. Akhirnya setelah searching cara dan syarat pasang baru listrik melalui PLN Mobile yang terlihat mudah, saya memutuskan untuk mengajukan permohonan pasang baru listrik melalui PLN Mobile.

TAMBAH DAYA

Pertama kali menggunakan PLN Mobile adalah saat permohonan tambah daya listrik dirumah dari 1300VA menjadi 2200VA. Kenapa memutuskan untuk menambah daya? Karena waktu itu sedang ada promo diskon tambah daya dan juga saat itu jika mesin cuci dioperasikan sering mati listrik dirumah kami. Sepertinya daya mesin cuci kami lebih besar daripada mesin cuci kami sebelumnya yang sudah rusak. 

Promo tambah daya listrik saat itu hanya bisa kita dapatkan jika kita mengajukan permohonan melalui PLN Mobile, sehingga mau tidak mau saya harus instal apliaksi tersebut. Promo PLN saat itu diadakan dalam rangka HUT RI, sehingga biaya tambah hanya sebesar Rp 170.845, murah bukan??? Dari yang awalnya hampir 1 jt menjadi 170rban saja😊

Pertama kali kita hanya perlu download aplikasi PLN Mobile melalui playstore kemudian lengkapi akun sesuai data diri. Setelah log in maka kita tinggal memilih menu Ubah Daya/Migrasi. Selanjutnya akan terlihat resume proses Pembuatan Permohonan, dan kita tinggal pilih menu "MULAI" pada bagian paling bawah. 

Tahapan Permohonan Tambah Daya

Disini kemudian kita cukup melengkapi data-data yang diminta seperti IDPelanggan, Detail Lokasi, perubahan daya yang kita inginkan dan data pelanggan. Namun jika ID Pelanggan sudah kita simpan sebelumnya saat pendaftaran PLN Mobile maka kita tinggal pilih ID Pelanggan mana yang ingin diajukan permohonan.

Kemudian jika semua data sudah terisi akan muncul detail jumlah yang harus dibayarkan dan cara pembayarannya. Pembayaran PLN bisa menggunakan Gopay atau Virtual Account beberapa bank besar seperti BNI, Mandiri, BRI dan beberapa bank lain. Saya saat itu memilih pembayaran melalui Gopay.

Saat dalam proses pengajuan tersebut kita juga mendapatkan email dari PLN sesuai dengan email yang kita daftarkan saat melakukan Log in. Kita akan mendapatkan 3 jenis email yaitu : 

  1. Email Pengajuan Permohonan, berisi detail permohonan yang kita ajukan
  2. Email Pengajuan Permohonan disetujui
  3. Email Bukti Pembayaran jika kita sudah melakukan pembayaran
Sesudahnya kita tinggal menunggu follow up dari pihak PLN. Kita bisa memantau pengajuan yang kita lakukan melalui riwayat transaksi yang bisa kita lihat melalui menu "Aktivitas" pada bagian bawah.

Saat itu sekitar 2-3 hari setelah pengajuan, saya mendapatkan telfon dari petugas PLN untuk konfirmasi melakukan perubahan daya. Praktis dan cepat bukan😀

PASANG BARU LISTRIK

Untuk proses pasang baru, tahapannya agak sedikit panjang. Sebenarnya prosesnya mirip dengan tambah daya yaitu mengisi alamat, jenis pemasangan prabayar/pascabayar, besar daya, serta data pelanggan tapi disini juga ada istilah IML, NIDI dan SLO. Di form pengajuan tersebut kita diberikan pilihan apakah sudah mempunyai IML, NIDI dan SLO atau belum. 

Tahapan Permohonan Pasang Baru

Karena saya tidak tahu arti dari istilah-istilah tersebut sayapun memutuskan untuk cancel permohonan. Saya kemudian searching maksud dari istilah-istlah tersebut. Sebagai orang awan yang hanya tahu tentang stop kontak dan saklar lampu tentu semua istilah tersebut membuat saya bingung😅 

Setelah searching melalui google dan youtube akhirnya sedikit banyak saya mulai memahami, meskipun mungkin hanya luarnya saja. Secara sederhana dan secara singkat sebatas pengetahuan saya dari hasil searching tadi, maka arti ketiga istlah tersebut adalah sbb :

  1. IML adalah singkatan dari Instalasi Listrik Milik Pelanggan, sederhananya adalah bangunan yang akan kita pasang listrik harus sudah ada instalasi listrik didalamnya yang meliputi sambungan kabel-kabel ke lampu dan stop kontak serta sudah ada MCB (miniatur circuit breaker). MCB sendiri berfungsi sebagai pemutus jaringan listrik saat aliran listrik melebihi normal
  2. NIDI yaitu Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik, NIDI ini meliputi catatan lokasi, tanggal selesai pemasangan listrik, spesifiksai komponen hingga gambar instalasi listrik. Dengan adanya NIDI maka memberikan keselamatan ketenagalistrikan bagi masyarakat.
  3. SLO atau Sertifikat Laik Operasi, menunjukkan bahwa instalasi lisrik yang kita miliki sudah aman dan layak beroperasi sehingga bisa melakukan proses sambungan baru listrik.
Dalam proses registrasi pasang baru terdapat opsi apakah kita sudah memiliki IML, NIDI dan SLO. Untuk IML kita pilh "sudah", karena tentu bangunan yang akan kita aliri listrik sudah ada instalasi listrik didalamnya. Sedangkan untuk NIDI dan SLO kita pilih "belum" karena keduanya dikeluarkan oleh instansi survey yang bekerjasama dengan PLN. Saat kita memulih "belum", maka kita akan diberikan beberapa pilihan instansi untuk mengurus kedua item tersebut. Kita pilih saja instansi yang mempunyai alamat terdekat dengan bangunan yang akan kita pasang baru.

Langkah terakhir adalah mengisi NIK dan nama lengkap pada form data pasang baru tersebut. Setelah semua data lengkap dan semua langkah terlewati maka kita akan medapatkan jumlah total yang harus dibayarkan. Kebetulan saaat itu saya mengajukan pemasangan baru untuk Listrik Prabayar dengan token 100rb dan daya 2200 VA sehingga total biaya sebesar Rp 2.519.530. Pembayaran saat itu saya lakukan dengan Mandiri Virtual Account.

Total Biaya Pasang Baru 2200 VA

Selang dua hari setelah saya melakukan pembayaran, datang pihak dari surveyor NIDI SLO yang melakukan survey ke lokasi untuk meninjau apakah benar bangunan kita sudah tersedia jaringan instalasi listriknya. Setelahnya pihak surveyor akan membuatkan laporan dan meneruskan pekerjaan kepada PLN sebagai pihak petugas pasang baru. Sekitar 2-3 hari kemudian, pihak PLN menghubungi saya dan melakukan konfirmasi lokasi untuk pemasangan sambungan listrik baru. Akhirnya sambungan baru telah terpasang dan listrik siap digunakan😉

Sama seperti pengajuan tambah daya maka dalam permohonan pasang baru, kita mendapatkan 3 email yaitu email pengajuan, email permohonan disetujuai dan email kuitansi serta satu email lagi berupa pemberitahuan bahwa pasang baru telah dilakukan dan listrik telah bisa digunakan.

KESIMPULAN

Itula cerita pengalaman saya dalam melakukan tambah daya dan pasang baru melalui PLN Mobile. Sangat praktis dan cepat responn yang kita dapat. Kita juga bisa mengecek riwayat pengajuan permohonan kita sudah samapi mana melalui menu aktivitas yang ada dibawah. 

Saran saya jika ingin melakukhn tamban daya dan tidak tergesa-gesa, maka tunggu saat PLN mengadakan promo. Promo tambah daya PLN biasanya dilakukan saat menjelang hari raya dan juga HUT RI, sangat hemat dibandingan dengan tarif normalnya. Sedangkan untuk pasang baru sepengetahuan saya belum ada promo diskon.

Teman-teman juga bisa mengetahui jumlah biaya penyambuangan ataupun perubahan daya melalui menu "Simulasi Biaya". Di situ nanti kita juga memasukkan data lokasi penyambungan dan daya yang kita inginkan. Sehingga kita bisa memperkirakan berapa dana yang harus kita siapkan untuk melakukan pengajuan.

Jadi untuk teman-teman yang berencana melakukan tambah daya ataupun pemasangan baru listrik, lebih baik ajukan permohonan menggunakan PLN Mobile. Tanpa harus berpanas-panasan dan antri, dengan cara yang cukup mudah dan praktis!! 

Daftar PLN Mobile sekarang dan dapatkan reward dengan menggunakan kode GP9JSS saat melakukan pendaftaran. Bisa daftar di Playstore ataupun Appstore

Selamat mencoba!!!

41 komentar

  1. Praktis banget ya kalau pakai aplikasi PLN mobile. Bisa satset tanpa harus ke kantornya, ngantri, dll. Promo lagi kapan ya? Daku lagi pengen naikin daya listrik di rumah nih, maklum perumahan lawas, dayanya masih 900 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kak,,jadi lebih praktis kalo pake pln mobile..biasanya ada promo saat 17an dan hari raya kak jadi tunggu aja nanti pas bulan agustus gede banget diskon nya biasanya :)

      Hapus
  2. PLN makin ciamiikkk
    selalu berinovasi dan memudahkan konsumen bangetttt ya
    Bravooo PLN!
    seneeengg bgt lihat terobosan kyk gini

    BalasHapus
  3. Setuju sangaaat mbak, hehehe. Aku juga udah 2x lho pake cara ini, alhamdulillah dapet diskon terus jadi sesuai tanggal kemerdekaan.
    Cuma yang ketiga kalinya agak zonk. Katanya mau dapet hadiah kompor listrik, eh sampe sekarang ga dapet-dapet. Ketelen kali yak hadiahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kan ya mass kalo pas 17an diskon nya gede banget hehehe,,,
      walahhhh dh hampir setahun lah itu brarti hadiah kompornya?? wkwkwk...mungkin petugasnya lupa mau klo mesti dikirim hehehe

      Hapus
  4. PLN Mobile semakin mempermudah pelanggan banget, apalagi bisa bayar pake Gopay atau virtual account. Terpenting kalau enggak urgent kita bisa memantau tanggal berapa akan ada diskon, sangat efektif dan lebih hemat juga jadinya. Suka sama inovasi PLN jaman now, makin mempermudah pelanggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa kita makin seneng kalo semua dipermudah gini jadi gak perlu antri gak perlu panas2an yaaa secara sekarang sudah serba mobile & instan juga :)

      Hapus
  5. Oh ic.... JD pas hari raya atau hari kemerdekaan ya mbak . Ada rencana sih utk tambah daya..yg sekarang 2200 udh ga cukup. JD kalo mau hidupin water heater salah satu AC mesti mati.

    Dan lagi nanti kalo si adek udh bisa tidur di kamar sendiri, itu mau kami tambah ac, mau ga mau memang hrs naikin daya. Tapi blm buru2 memang. Kyk saran mba aja, tunggu mereka promo 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh iyaa tunggu aja mbaa pas bulan agustus nanti..pantau aja di IG nya hehehe..kan lumayan yg seharusnya 1jtan cuma jadi 170rban :)

      Hapus
  6. tidak perlu lagi repot-repot antri di kantor PLN. Cukup buka aplikasi PLN Mobile di smartphone, ikuti langkah-langkahnya, dan dalam hitungan menit, daya listrik di rumahmu sudah bertambah atau sambungan baru sudah terpasang! sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jadi mudah berkat PLN Mobile kakakk :)

      Hapus
  7. Saya sudah pernah menggunakan aplikasi PLN Mobile ini tapi terkait gangguan listrik. Pelayanannya cepat dan bisa kita cek riwayatnya, jadi nggak perlu datang ke kantor PLN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh iyaa bener kak bisa juga untuk keluhan gangguan listrik yaa..PLN sekarang memang gesit kerjanya :)

      Hapus
  8. harga waktu ada promo jauh banget ya mbak selisihnya, mantap banget nih promonya
    Sekarang bikin pengajuan tambah daya kayak gini ga perlu dateng lagi ke kantor PLN, lebih mudah juga ya
    selama ini, dikeluargaku seringnya kalau bayar listrik milih manual hahaha, agak ga praktis sebenernya
    truss beberapa tahun terakhir barulah aku bayar via transfer bank, mungkin karena dulu belum ada e-commerce untuk pembayaran tagihan listrik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa selisihnya banyak banget kannnn tu dehh yg bikin kita seneng wkwkwkwk...
      aku juga bayar listrik sekarang lebih seringnya vi ecommerce mba kadang kan ada pot diskon juga yakk hehe

      Hapus
  9. Aku baru tau soal semudah itu urusan PLn di PLN mobile ya. Apalagi biayanya juga cukup terjangkau dan banyak kemudahan lain ternyata.Asli ini mempermudah pelanggan PLN bgt.makasih infonya mbak eryka

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mb enny semoga bermanfaat biar kita gak perlu antri dan berpanas2an lagi klo ada urusan dgn PLN yaa hihihi

      Hapus
  10. PLN Mobile ini sangat memudahkan para pelanggan ya
    Tak hanya untuk tambah daya atau pasang baru, aku biasanya juga melakukan pengaduan layanan lewat PLN mobile ini

    BalasHapus
  11. PLN makin kesini makin digital ya, jadi lebih mempermudah kita dalam bertransaksi juga.

    BalasHapus
  12. Kebantu banget ada PLN Mobile yaa..
    Aku kagum sama PLN sii.. pas kapan lalu rumahku bermasalah, sering mati mendadak dan cuma 2 rumah aja yang kaya gini. Pas aku laporin ke PLN, gak sampai 30 menit, semuanya beres. Alhamdulillah banget.

    Tapi kalau tambah daya, mesinnya ganti jadi token kah?
    Kalau yang pasca bayar aja, gabisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa sekarang PLN gercep kalo ada keluhan2 kayak gitu mbaaa...gak kayak dl berlama2 yaakk hihihi...
      tambah daya bisa pasca ataupun pra bayar kok mbaaa bebas :)

      Hapus
  13. Paksu sekarang apa² pakai pln mobile juga. Beli token ama pernah nambah daya. Tipsnya dapat harga murah, tambah daya pas momen 17 Agustus gitu. Waktu itu bayar cuma 200ribuan aja 🥳

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp bener banget kak..aku dl juga tambah daya pas 17an jadi cuma bayar 170rban gak mpe 200rb yakkk :)

      Hapus
  14. benerrr.. pengalaman tamba daya PLN sendiri jauh lebih gercep dan murahnya ga kira-kira dibandingin pake jasa orang yang ngasih tarif luar biasa.. TOP banget da PLN bikin aplikasinya..

    BalasHapus
  15. wah mau tambah daya ga perlu repot yah sekarang karna tinggal lewat app aja!
    sayangnya lagi belum perlu untuk tambah daya, semoga promo tambah daya-nya berlangsung lama deh yah biar banyak yang kebantu juga dengan harga promo hihi

    BalasHapus
  16. Aku yang kurang inisiatif browsing nih kalo buka aplikasi PLN mobile ada istilah bingung langsung tutup ga jadi 🤭

    BalasHapus
  17. Era sekarang mah memang harus semakin mudah yaa, masyarakat jadi mudah kalo mau akses apapun

    BalasHapus
  18. Wah, kalau ada aplikasinya gini lebih membantu dan gak ribet lagi deh! Apalagi tampilannya juga gak ribet. Kayaknya bisa gampang diakses juga

    BalasHapus
  19. Simple dan praktis banget ya sekarang.. aku pernah naik daya sekitar 10 tahun yll belum pake aplikasi tapi pengajuan by phone.. duh ternyata ada drama.. keren sekarang sih pasti less drama lagi deh

    BalasHapus
  20. Dengan berbagai aplikasi yang disediakan pihak perusahaan sekarang melakukan apapun semudah itu ya
    pernah dulu urus tambah daya ke kantor PLN prosesnya lama, eh sekarang di rumah saja pun bisa

    BalasHapus
  21. wah murah itu mbak. apalagi sekarang daftarnya mudah gitu ya? lewat online, muahdan nggak perlu wira-wiri ke kantor PLN

    BalasHapus
  22. Sekarang emang serba mudah ya cuma melalui online. Gak perlu antri kayak zaman dulu. Worth it banget sih itu tambah daya cuma bayar 170 ribuan. Mau download aplikasinya dulu deh kali aja nanti ada lagi promo untuk tambah daya. Makasih kak informasinya!

    BalasHapus
  23. Baru tahu banget sama PLN Mobile. Jadi mudah banget ya ini kalau mau nambah daya, tinggal lewat aplikasi saja.

    BalasHapus
  24. Inovasi PLN ini sangat membantu menurutku. Di mana dulu kalau mau tambah daya itu ribeeeet banget.

    BalasHapus
  25. Ih kebeneran saya juga ada niatan tambah daya di rumah kak. Ternyata sepraktis itu buat tambah daya lewat aplikasi PLN Mobile ya. Waaa noted banget, aku mau nunggu promo ah biar kayak kakaknya bisa diskon banyak tambah dayanya. Mayan banget itu dari sejuta jadi 170k

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak tungguin aja dl tinggal bbrp bulan lagi heheh..pantenging aja terus sosmed nya biar gak ketinggalan info hihihi

      Hapus
  26. Kadang-kadang proses tambah daya pasang baru bisa jadi bikin ribet, tapi dengan PLN Mobile sepertinya jadi lebih praktis dan efisien ya. Rasanya nyaman banget bisa mengurus semuanya tanpa harus repot datang langsung ke kantor PLN. Dengan adanya layanan ini, proses tambah daya jadi lebih cepat dan mudah dilakukan.

    BalasHapus
  27. wah jadi mudah sekali ya kalau mau tambah daya pasang baru sekarang ga perlu ke PLN atau nelepon minta orang PLN datang, tapi sudah bisa langsung lewat PLN Mobile jadi lebih simpel

    BalasHapus
  28. Tambah daya listrik proses selalu mudah. Bahkan pln sering menganjurkan untuk tambah daya dan mereka sering memberikan diskon atau potongan harga bagi pelanggan yang ingin naik daya.

    Sekarang lebih dipermudah dengan aplikasi pln mobile. Menu pln mobile juga sangat bervariasi dan berfungsi dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh bener banget pake pln mobile ini semua jadi gampang dan promo tambah dayanya memang biasnya hanya bisa dapet klo pengajuan via pln mobile :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts