Review YATS Colony : Keunikan Menginap di YATS Colony

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Yogyakarta mempunyai banyak destinasi wisata dari yang tradisional seperti aneka candi, museum, kesultanan serta destinasi wisata alam berupa pantai, pegunungan yang cantik dan tak kalah menariknya adalah wisata kuliner dimana salah satu menu tradisionalnya adalah gudeg yang sudah diakui secara internasional.

Semakin banyak kunjungan wisatawan secara tidak langsung juga membuat perkembangan hotel yang semakin menjamur dengan menawarkan pelayanan dan ciri khasnya masing-masing. Salah satu hotel yang pernah saya singgahi dan menurut saya menawarkan pesona yang berbeda adalah YATS Colony. 

YATS Colony terletak di Jl. Patangpuluhan No.23, Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta. YATS Colony sendiri masuk dalam kategori BOUTIQUE Hotel. Adakah yang tau apakah itu boutique hotel??😀

yats colony

Istilah boutique hotel mengacu pada hotel yang bergaya unik. Menurut Cambridge Dictionary, boutique hotel diartikan sebagai “a small, stylish, and fashionable hotel that is not part of a chain.” Dalam Bahasa Indonesia, pengertian boutique hotel bisa diartikan sebagai hotel kecil, bergaya, dan modis yang tidak merupakan bagian dari suatu jaringan hotel. Meskipun beberapa boutique hotel juga memiliki butik didalamnya yang biasanya menawarkan produk umkm setempat. Tren boutique hotel muncul sekitar tahun 80-an di Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri boutique hotel lebih sering kita jumpai di daerah-daerah wisata seperti Bali, Bandung dan termasuk di Yogjakarta.

Saat itu saya memutuskan untuk menginap di YATS Colony secara tidak sengaja berdasarkan hasil scrolling di instagram dimana YATS Colony terlihat asri banyak tanaman hijau sehingga hasrat hati ingin mencoba menginap disana. Menawarkan konsep green living dan safe earth maka YATS Colony juga ikut menggalangkan gerakan minim sampah plastik dalam pelayanannya. Kalian juga bisa kepoin keindahan serta promo-promo menariknya di IG YATS Colony disini

Pertama kali sampai kita disambut dengan pepohonan di area parkir sehingga terasa segar. Mempunyai area parkir yang tidak terlalu luas namun cukup untuk menampung beberapa mobil dan motor. Setelah area parkir maka kita akan menuju ke area lobby yang berada di sebelah kiri. Area lobby juga tidak terlalu luas namun terasa nyaman karena terdapat beberapa kursi yang bisa digunakan  saat menunggu proses checkin maupun check out. Di seberang lobby terdapat area restoran coffeshop dan juga area butik yang menawarkan beberapa produk umkm seperti tas, baju, topi dll. Di YATS Colony kita akan mendapati aneka tanaman hijau segar yang mengelilingi hotel terutama di area kolam renangnya.

Sesuai dengan konsepnya yang unik maka tipe kamar di YATS Colony juga mempunyai nama yang sedikit berbeda. YATS Colony menawarkan 5 tipe kamar yang masing-masing namanya adalah HA NA CA RA dan KA. Tipe tertinggi adalah HA dan terendah adalah KA. Tipe HA sendiri menawarkann 2 macam kamar yaitu :

  • HA Sendang dengan luas sekitar 48m2 yang menyediakan area private untuk berendam (sendang). 
  • HA Dhuwur dengan luas 36m2 yang terdiri dari 2 lantai dan menghadap langsung ke area kolam renang.

Untuk tipe kamar CA dan KA mempunya luas yang sama namun yang membedakan adalah desainnya dimana tipe kamar CA yang berada di lantai 2 mempunyai jendela yang menghadap ke area kolam renang sedangkan untuk kamar KA tidak memiliki view kolam renang. 

Saya mengambil tipe kamar yang di tengah-tengah yaitu tipe kamar CA. Kamar CA berada di lantai satu dan dimana terdapat jendela besar dan juga pintu yang menghadap langsung ke arah kolam renang sehingga kita bisa bersantai sambil melihat dan mendengarkan gemericik air. Mempunyai model kamar yang minimalis di kamar ini terdapat 1 kingsize bed kemudian meja dan kursi kerja serta terdapat sofa panjang di samping jendela tempat kita bisa melihat pemandangan secara langsung. 

yats colony

yats colony

Salah satu hal lagi yang tidak kalah menarik dari YATS Colony adalah berbagai pernak pernik kamar yang ditulis menggunakan bahasa jawa. Seperti beberapa gambar dibawah ini :

Karena menawarkan konsep safe earth maka YATS Colony juga tidak menyediakan air minum kemasan di dalam kamar, sebagai gantinya disediakan botol besar yang bisa diisi ulang airnya dengan air galon dispenser yenag terletak di setiap lorong kamar.

Untuk menu sarapan secara umum menunya sama dengan sarapan hotel biasanya seperti sereal, susu, omelette namun YATS Colony juga menyediakan aneka jajanan pasar khas Jogjakarta yang menarik selera. Karena area restoran yang kecil sehingga kami harus bergantian saat sarapan, namun untungnya karena kami termasuk orang yang sarapan siang sehingga saat kami ke datang, restoran sudah cenderung sepi sehingga kami bisa lebih leluasa menikmati sarapan.

Kami di YATS Colony menginap selama dua hari. Secara keseluruhan kami puas dengan pelayanan dan akomodasi yang disediakan. Salah satu hotel yang saya rekomendasikan saat anda berlibur ke kota Yogyakarta. Terutama jika anda suka dengan suasana hijau pepohonan dan hobi foto selfie yang instagrammable maka YATS Colony bisa anda jadikan salah satu spot mengisi album foto 😁

yats colony

Untuk booking kamar kalian bisa langsung pesan melalui berbagai marketplace yang ada. Atau kalian juga bisa pesan secara langsung melalui hotline number yang tercantum di IG YATS Colony dimana kalian juga bisa tanya-tanya lebih detail tentang kamar dan pelayanannya.

Sekian cerita pengalaman saya menginap di YATS Colony, sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

36 komentar

  1. Beberapa kali baca review hotel ini dan sukaaa sih. Cuma belum kesampaian aja mba nginep di sana 🤣. Abisnya Jogja terlalu banyak hotel baguuus, jadi suka bingung kadang mau pilih stay di mana 😂.

    Aku sukaa sih butik hotel, Krn biasanya tiap kamar beda2 kan. Jadi kayak kejutan aja. Ga monoton kayak hotel lain.

    Msh blm tahu kapan balik Jogja. Mungkin bisa lah hotel ini aku masukin list kalo kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena memang terkenal sebagai kota wisata jadinya semakin beragam hotel cantik-cantik di sekitar Jogja mbaa..mau yang hotel low budget, hotel bintang lima ataupun semacam villa resort lengkap disana hehehe

      hihihi....lagi sibuk dengan tour all over the world ya mbaa :)

      Hapus
  2. Kebetulan aku ada rencana buat ke yogyakarta mbak dan blm nemu referensi hotel yg cocok. Baca review mbak boleh nih kayanya jadi salah satu rekomendasi hotel disana. Utk aksesnya dari stasiun lempuyang jauh gak mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh cocok nie mbaa bisa jadi referensi hotel nanti pas ke jogja :)
      klo dari stasiun lempuyangan sekitar 15 mntan mbaa mayan deket lah ya :)

      Hapus
  3. sering ke jogja tapi gatau hotel ini berasa kurang explore, fix banget masuk bucket list next time kalo ke jogja lagi..
    hotelnya cakep banget, super aesthetic dan fasilitasnya juga lengkap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak bisa nie masukin ke list hotel biar agak berbeda gak gitu2 aja hotelnya hehe

      Hapus
  4. Tempatnya enak banget, berasa adem liat desain dan furniturenya. Kalau nginep di sini, otomatis belajar bahasa Jawa ini 😆

    BalasHapus
  5. Uniknyaa ~ belum pernah nih nginep di Boutique Hotel macam ini. Biasanya model Boutique hotel yg ngetren di Jogja tuh yang Javanese vibes gitu. Kalau ini lebih ke tropical island gitu yaa ~ Kerennn ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmmm iyaa bener kak nuansa nya lebih ke tropical cuma nama2nya aja yg jawa hihihi

      Hapus
  6. Wa, nambah lagi wishlist hotel bagus di Jogja.. Mana vibesnya kece banget lagi, jadi pengen liburan ke Jogja sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gassss agendakan kakk liburan ke jogjaaaa :)

      Hapus
  7. ya ampun abis baca ini jadi kangen jogja, bagus banget hotelnya adem estetik dan photoable. btw rate per malam nya berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda2 sie kak tergantung tipe kamar berkisar antara 500-1jt an gt :)

      Hapus
  8. Akkk, sukaa banged suasananya, mudah2an kalo ada rejekinya lagi pulang ke Jogja, pengen nginep disini akh

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dimudahkan mbaaa pulang kampung ke jogja dan stay di yats ;)

      Hapus
  9. Huaaaa ini tu wishlist aku ntar dr kapan.. mupeng banget pokoknya kalo liat yg nginep di yats.. tapi belum ada aja waktunya ke yogya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh ternyata dh masuk wishlist tohhhh semoga segera nemu waktu yg cocok ya kak buat liburan ke jogja :)

      Hapus
  10. Jadi pengen balik lagi ke Yogya dehh baca artikel ini, suasana nyaman ya hotelnya estetik , bakal jadi referensi nih kalau ke Yogya coba nginep di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupppp recommenden kak ini hotelnya meskipun dr luar tampak kecil tapi dalamnya luasss :)

      Hapus
  11. Setelah baca review hotel yg estetik gini pengen Banget bisa balik ke Jogja terus booking hotel ini untuk menginap
    Tak sabar rasanya, semoga bisa secepatnya

    BalasHapus
  12. Memang unik ya semua pakai bahasa jawa... jadi ciri khas khusus, tempatnya nyaman juga

    BalasHapus
  13. Banyak banget ya pilihan hotel menarik di Jogja ini, termasuk yang kali ini hotel nya estetik dan keliatan nya nyaman sekali

    BalasHapus
  14. Waaaah desain hotelnya cakep ya dan homie. Bakalan betah sih kalau staycation di sini.

    BalasHapus
  15. Beneran unik nih desain hotelnya masuk bucket list ah buat libur anak sekolah nanti

    BalasHapus
  16. Wah, pas banget ini! Kebetulan aku lagi cari akomodasi buat ke Jogja habis lebaran, bingung banget cari penginapan yang nyaman dan oke buat stay. Ketemu artikel ini membantu banget kak. Izin aku forward ke grup ya kak, thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang bisa membantu kak...semoga cocok yaaa :)

      Hapus
  17. Hotel YATS Colony keren dan nyaman. Jadi pengin segera di Yogyakarta dan menginap di sini biar bisa ikut merasakan kenyamanan hotel yang asri.

    BalasHapus
  18. Jogja kalo soal hotel selalu aestetic. Wah ini tempatnya benar-benar rindang yaa, biki syahdu gitu.Aku nanti kalo balik ke Yogyakarta sepertinya akan coba nginap ditempat hotel ini. bikin pensirin soalnya

    BalasHapus
  19. wah ternyata benar ya kata beberapa teman yang udah nginap di sini bilang tempatnya cozy banget ternyata bener-bener keliatan cozy banget ya tempatnya, keliatan nyaman banget rasanya sampai ke sini, suka dengan view kamarnya juga look comfortable banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupppp bener banget kak tempatnya tuhhh nyamann deh asli,,menampilkan suasana hotel yang berbeda apalgi klo yg dapt view pool makin mager nti hihihi

      Hapus
  20. Unik banget ya kak, ciri khas dari YATS Colony, pernak pernik kamarnya itu lho estetik dan ditulis menggunakan bahasa jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaahhh kak biar gak terkesan monoton spt hotel biasanya kali ya hehe

      Hapus
  21. YATS Colony unik banget. Aku salfok sama pemandangan dari dalm kamar, bikin hati adem. Save dulu ah, buat nanti kalau liburan ke Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa enak peacefull banget berasanyaa hehehe...masukin ke wishlist klo ke jogjaa nanti ;)

      Hapus
  22. teduh banget ini tempatnya, adem. ada kolam renangnya juga, anak2 pasti seneng berenang main2 air. ah pengen staycation jadinya aku.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts