8 Tempat Wisata Dieng Yang Wajib Dikunjungi

Telaga Warna

Dieng adalah salah satu wisata unggulan di Provinsi Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng atau yang biasa disebut Dieng Plateu mempunyai banyak tempat wisata yang mempesona. Dataran Tinggi Dieng secara administratif wilayahnya terbagi menjadi dua yaitu wilayah Timur masuk Kabupaten Wonosobo dan wilayah Barat masuk Kabupaten Banjarnegara.

Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua suku kata, yaitu "Di" dan Hyang". "Di" diartikan sebagai puncak, dataran tinggi namun bisa juga diartikan sebagai indah, pesona. "Hyang" berarti dewa-dewa, ruh leluhur, sesuatu yang disembah. Sehingga nama Dieng diartikan sebagai dataran tinggi tempat bersemayam para Dewa. Banyak juga yang menjuluki Dieng sebagai negeri diatas awan karena keelokan alamnya. 

Kawasan Dieng Plateu juga mempunyai banyak penginapan keluarga yang berbentuk villa maupun hotel. Untuk teman-teman yang memilih menginap di kota Wonosobo teman-teman bisa menginap di Hotel Daffam. Atau jika ingin memilih penginapan yang berada di kawasan wisata Dieng Plateu maka teman-teman bisa menginap di Amerta Giri. Kedua hotel tersebut memiliki akomodasi dan pelayanan yang memuaskan berdasarkan pengalaman saya liburan kemarin 😁

Kalau boleh saya sarankan untuk teman-teman yang ingin berwisata ke Dieng lebih baik menyediakan waktu minimal dua hari agar bisa mengkesplore keindahan Dieng Plateu. Saya sendiri kemarin menghabiskan waktu 4 hari 3 malam termasuk perjalanan pulang pergi dari Solo. 

Selama di Dieng, untuk mengunjungi berbagai tempat wisata disana teman-teman bisa menggunakan transportasi sendiri atau menggunakan mobil jeep wisata yang banyak disewakan dikawasan Dieng lengkap dengan sopirnya. Salah satu keuntungan jika kita memilih menggunakan jasa jeep wisata adalah kita bisa lebih leluasa menikmati pemandangan serta bisa melewati trek-trek jalan yang kadang tidak diketahui wisatawan yang ternyata mempunyai keindahan alam yang mempesona 😊

Pengalaman kami kemarin, kami menggunakan jasa Jeep Wisata Dieng. Jeep Dieng menawarkan bermacam-macam paket wisata. Ada paket Short Trip, Half Day, City Tour dan juga Camping Off Road. Masing-masing paket mengunjungi destinasi yang berbeda sesuai durasi dan rute yang dilewati. Jasa Jeep Dieng sudah termasuk bensin, sopir, tiket parkir dan jasa pelayanannya pun sangat memuaskan. 

Berikut beberapa tempat wisata yang berhasil kami kunjungi selama di Dieng Plateu dengan menggunakan jasa Jeep Dieng :


1. Bukit Awan Sikapuk

Bukit Awan Sikapuk

Bukit Awan Sikapuk merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk menikmati sunrise. Menghadap langsung ke arah Gunung Sindoro memberikan pemandanagan matahari terbit dengan pesona warna jingganya yang indah. Namun sayang, saat kami berkunjung kesana cuaca sedang mendung sehingga matahari yang terbit tertutup awan yang menggelayut. 

Bukit Awan Sikapuk menyediakan berbagai spot foto cantik dengan latar belakang pemandangan alam deretan pegununang dan perkebunan yang hijau. Lokasinya yang strategis berada di tempat yang tinggi dengan pemandangan alam yang lapang membuat para wisatawan betah berlama-lama disana. Selain untuk berfoto, Bukit Awan Sikapuk juga menyediakan kamar untuk bermalam bagi para wisatawan.

Bagi wisatawan yang tidak menginap, Bukit Awan Sikapuk dibuka mulai jam 05.00 - 18.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000. Wisatawan bebas menikmati berbagai spot foto instagrammable yang tersedia. Bukit Awan Sikapuk berlokasi di Desa Parikesit Kabupaten Wonosobo


2. Candi Arjuna

Candi Arjuna

Candi Arjuna terletak di kawasan Dieng Plateu Kabupaten Banjarnegara. Kompleks Candi Arjuna buka dari jam 07.00 - 16.30 WIB dengan tiket masuk Rp 20.000. Tiket masuk Candi Arjuna adalah tiket terusan dengan Kawah Sikidang, sehingga kita tdak perlu membeli tiket lagi di Kawah Sikidang cukup menunjukkan tiket dari Candi Arjuna. Tiket terusan ini hanya berlaku untuk kunjungan di hari yang sama.

Candi Arjuna merupakan candi tertua di Jawa yang dibangun sekitar Abad ke 8 oleh Dinasti Sanjaya Mataram Kuno. Candi Arjuna digunakan oleh masyarakat umat Hindu untuk melaksanakan upacara keagaaman. Kompleks Candi Arjuna mempunyai lima candi utama yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.


3. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin masuk kawasan Dieng Wetan Kabupaten Wonosobo. Kawasan wisata Batu Pandang Ratapan Angin buka dari jam 06.00 - 17.30 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Kenapa disebut Batu Pandang Ratapan Angin?? Hal ini karena lokasinya yang berada di antara bebatuan yang sangat tinggi dan banyak pepohonan sehingga ketika angin berhembus menghasilkan suara yang unik seperti siulan atau ratapan. Karena itulah kawasan wisata ini diberi nama Batu Pandang Ratapan Angin.

Melalui Batu Pandang Ratapan Angin ini kita bisa melihat keindahan Telaga Warna dengan lebih jelas. Selain itu terdapat banyak spot foto lainnya dengan latar belakang hamparan panorama Dieng yang indah.


4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang masuk dalam wilayah Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sikidang buka dari jam 07.00 - 17.00WIB. Tiket masuk ke kawah Sikidang sudah include dengan tiket masuk ke Candi Arjuna. 

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Kawah Sikidang memiliki kolam kawah dengan air yang selalu mendidih dan lapangan celah gas dengan titik-titik yang selalu berpindah-pindah di dalam suatu lapangan seluas lebih kurang empat hektare. 

Karena merupakan salah satu kawah yang masih aktif, maka kandungan Sulfur atau belerang juga masih tinggi. Karena kandungan Sulfur yang masih tinggi maka disarankan untuk memakai masker selama di area Kawah Sikidang, disamping untuk mencegah keacunan gas juga untuk menghindari bau menyengat yang dihasilkan dari gas Sulfur.


5. Curug Sikarim

Air Terjun Sikarim

Air Terjun atau Curug Sikarim merupakan curug tertinggi yang ada di Pulau Jawa, karena memiliki ketinggian sekitar 125 meter. Air Terjun Sikarim berada di sebelah Desa Sembungan Wonosobo yang merupakan desa tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Air Terjun Sikarim buka dari jam 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000. 

Air Terjun Sikarim ini berada di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir. Untuk menuju lokasi Air Terjun Sikarim, kami harus melewati jalur yang sangat menantang. Karena berada di lokasi tertinggi sehingga kami harus melewati jalan yang berkelok kelok tajam dan kadang tidak rata. Untung kami menggunakan jasa Jeep Wonosobo sehingga perjalanan terasa lebih nyaman karena sopir yang sudah memahami medan.


6. Swiss van Java Wonosobo

Swiss van Java

Swiss van Java adalah sebuah jalan yang berada di sekitar desa Sikunang, Kejajar, Wonosobo. Jalan ini biasanya kita lalui ketika kita turun atau menuju Air Terjun Sikarim. 

Menawarkan pemandangan pegunungan hijau yang tinggi dan indah dengan awan yang menggelayut, ditengah hamparan sawah yang luas membuatnya seperti berada di Swiss yang memang dikenal dengan pemandangan pegunungan hijau. Swiss van Java adalah sisi lain keindahan Dieng yang tidak banyak orang yang menyadarinya.


7. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Telaga Menjer terletak diantara Desa Tlogo dan Desa Paron Kecamatan Garung Wonosobo. Tiket masuk ke Telaga Menjer tergolong murah cukup Rp 5.000. Telaga Menjer menawarkan beberapa spot foto menarik dengan latar belakang telaga dan bentang Gunung Sindoro. Juga terdapat perahu yang disewakan untuk mengelilingi Telaga Menjer.

Telaga Menjer merupakan danau vulkanik/maar yang terbentuk dari letusan vulkanik di kaki gunung Pakuwaja yang terjadi bertahun-tahun yang lalu. Letusan itu membentuk cekungan yang sangat luas dan dalam. Semakin lama, cekungan tersebut dipenuhi air hujan dan air yang berasal dari sejumlah mata air, maka terbentuklah Telaga Menjer. Selain sebagai tempat wisata, telaga ini juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Garung.


8. Patean Tambi

Patean Tambi

Dieng mempunyai banyak perkebunan teh yang indah. Salah satu perkebunan teh yang cukup terkenal saat ini adalah Patean TambiPatean Tambi buka dari jam 07.00 - 16.30 WIB dengan tiket masuk Rp 10.000.

Patean Tambi memiliki luas sekitar 830 Ha, dikelilingi dengan pemandangan pegunungan Sumbing dan Sindoro menjadi daya tarik tersendiri tersendiri. Selain pemandangan kebun teh hijau yang memanjakan mata, Patean Tambi juga menyediakan beberapa spot foto instagrammable yang sayang untuk dilewatkan. 


Itulah beberapa spot wisata yang berhasil kami kunjungi selama di Dieng. Sebenarnya masih ada beberapa spot wisata lainnya yang masuk dalam list Jeep Wonosobo, namun karena berasa sudah lelah akhirnya kami skip beberapa tempat wisata tersebut. 

Jadi buat teman-teman yang ingin menghabiskan masa liburan panjang ini mungkin bisa memilih Dieng sebagai destinasi wisata. Jangan lupa untuk menggunakan jasa Jeep Wisata Dieng untuk merasakan sensasi touring yang berbeda dan berkesan.

Selamat berlibur dan sampi bertemu di cerita selanjutnya 💗💗

2 komentar

  1. Bener mba Ery, aku nyeseeeel ke Dieng cuma sehari. Itu juga mendadak. Jadi ga ada persiapan. Waktu itu sedang road trip kliling Jawa. Trus mampir Dieng Krn udah malem.

    .ternyata malah bagus bangeeet tempatnya ❤️❤️❤️.

    Kami dulu stay di umah warga, cari on spot malam2. Untung masih ada warga yg mau rumahnya dijadiin penginapan buat kami. Pas ditanya harga, masa jawabnya terserah aja mau kasih berapa 😅

    Ya Allah baik banget Orang2 sana.

    Beberapa wisata di atas kami datangin, tapi ada juga tempat yg kami pilih Krn ga banyak turis kesana. Sumur jalatunda, Ama kawah candradimuka. Ini baguuuus.

    Kalo candi aku ga suka, makanya skip. Wisata candi memang ga masuk favoritku soalnya mba 🤣

    Kalo ke Dieng lagi, aku pastiin mau prepare yg bener, termasuk penginapan. Dan mau seminggu kalo bisa hahahahha. Soalnya kalo tempat adem gini aku betah bangettt 😍😍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh enak donk mbaaa bisa numpang nginep di rumah warga,,apa mungkin karena tempat wisata ya jadi warganya juga sudah terbiasa dengan orang asing...

      Heem mbakkk cuaca adem gini kan enak banget yaa buat healing bener2 yang bersantai ria gak keburu2...bikin magerrr haha

      Ternyata masih ada tempat wisata tersembunyi juga ya mba..boleh nie nanti kalo kesana cari tempat2 yang gak banyak didatangin wisatawan :D

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts