Pundut Nasi Isi Intalu Itik Tambak Silver Spoon

Pundut Nasi Silver Spoon

Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai banyak kuliner tradisional, tak terkecuali wilayah Kalimantan Selatan. Sebelumnya saya juga sudah pernah menuliskan beberapa kuliner yang sudah saya coba selama di Banjarmasin diantaranya adalah Soto Banjar Bang AmatItik Panggang Cucu Ma Haji dan Ayam Goreng RM Semua Senang. Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman kuliner khas Kalimantan Selatan lainnya yaitu PUNDUT NASI.

Pundut Nasi adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari nasi dan santan yang dikukus. "Pundut" sendiri adalah bahasa banjar yang berarti "Bungkus" karena Pundut Nasi ini dimasak dengan cara dibungkus daun pisang. Saat ini Pundut Nasi lebih mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun penjual di pinggir jalan. Salah satu warung pundut nasi yang tekenal di Banjarmasin adalah Pundut Nasi Silver Spoon yang berada di daerah Handil Bakti.

Pundut Nasi Silver Spoon

Pundut Nasi Silver Spoon mempunyai dua cabang yang semuanya berada di kawasan Handil Bakti dekat dengan jembatan Sei Alalak perbatasan Banjarmasin-Marabahan. Pundut Nasi Silver Spoon pada awal mulanya dijajakan secara keliling namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya peminat akhirnya Pak Anwar selaku pemilik membuka warung makan yang pertama. Pada saat awal, warung makan ini hanya buka dari pukul 17.30 - 06.30 WITA namun sekarang sudah melayani pembeli 24jam. 

Pundut Nasi Silver Spoon yang semakin laris akhirnya membuka cabang yang kedua yang terletak tak jauh dari cabang pertama. Warung Pundut Nasi yang kedua mempunya tempat yang lebih luas sehingga memberi kenyamanan bagi para pembelinya yang ingin menikmati makan ditempat. O iyaa kalian tentu penasaran kenapa namanya "Silver Spoon"?? Kata Pak Anwar sang pemilik, Silver Spoon diambil dari kata "sendok makan berwarna silver" yang kemudian ditranslatekan ke bahasa inggris agar lebih kekinian menjadi Silver Spoon, menarik bukan πŸ˜€

Pundut Nasi ini cocok untuk menu sarapan ataupun makan malam. Kelebihan Pundut Nasi Silver Spoon adalah penyajiannya yang masih hangat karena langsung diolah dan dikukus di lokasi sehingga pembeli juga bisa melihat langsung proses pembuatan pundut nasi. Pundut nasi juga ada dua macam yaitu dengan telur itik dan tanpa telur itik didalamnya. Atau dalam bahasa banjar disebut Pundut Nasi isi Intalu Itik Tambak.

Pundut Nasi Silver Spoon
Pundut Nasi
Pundut Nasi Silver Spoon
Pundut Nasi Isi Intalu Itik Tambak

Kami menuju ke Pundut Nasi Silver Spoon saat malam hari. Kami memilih cabang yang kedua karena lokasinya yang lebih luas. Tidak susah menemukan lokasi Pundut Nasi Silver Spoon, cukup cari di google map langsung muncul lokasi yang dimaksud. Saat kami tiba disana terlihat beberapa pengunjung yang sedang menikmati pundut nasi. Selain menyediakan pundut nasi juga ada beberapa camilan dan kue khas Banjarmasin lainnya salahsatunya adalah Babongko.

Pundut Nasi Silver Spoon
Sambal Habang & Sambal Bawang

Kami memesan pundut nasi isi telur itik, ayam bumbu habang sebagai lauknya dan babongko sebagai camilan. Saat membuka bungkus daun pundut nasi tercium aroma yang menggugah selera perpaduan antara santan yang gurih dan daun pisang. Rasa Pundut Nasi ini sangat lembut dan gurih, tanpa perlu tambahan lauk apapun sebenarnya sudah cukup nikmat. Sebagai pelengkap tersedia dua buah macam sambal yaitu sambal merah dan sambal bawang. Untuk sambal merah terasa tidak pedas namun jika teman-teman suka pedas maka pilih sambal bawang. Satu bungkus pundut nasi saya rasa cukup sebagai makan malam kali ini😊

Pundut Nasi Silver Spoon
Babongko Pisang

Babongko adalah sejenis jajanan pasar tradisional, tersedia beberapa varian yaitu babongko pisang, gula dan original. Saya mencoba babongko pisang dan ternyata rasanya enak dan lembut. Menurut saya babongko ini kalau di jawa mirip dengan carang gesing. Selain itu tersedia juga jajanan pasar, kerupuk dan camilan-camilan lainnya yang cukup lengkap.

Pundut Nasi Silver Spoon

Pundut nasi salah satu kuliner tradisional yang enak dan wajib teman-teman coba jika sedang berada di Banjarmasin. Lain waktu saya pasti akan kembali untuk menikmati lagi seporsi Pundut Nasi yang nikmat ini.

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnyaπŸ’žπŸ’ž

20 komentar

  1. Aku pasti doyan kuliner INIIII 😍😍😍. Yg penting kalo gurih dan pedas, udh pasti suka πŸ˜„πŸ‘. Kalimantan itu kayaknya emang enak2 ya mba. Selama ini bucketlistku bisa ke Pontianak sih, tapi ngeliat kuliner Banjarmasin, kok JD pengen juga kesana πŸ˜„πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget mbaaaa...lembuttt gurih tambah sambel makin nampol hehehe
      Lumayan mba kuliner di Banjarmasin pinter-pinter aja cari rekomendasi hehe

      Waaaa pengen juga ke Pontianakkkkk belum pernah kesana loo ;D

      Hapus
  2. Kuliner mah aku bangt nih wajib di coba dan harus ini mah
    Serlok tempatnya langsung cuss makan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gmap sudah terpampang nyata kakkkkk gapang banget nemunya ini...cusss lahhhh hehehe

      Hapus
  3. wah mbak erika mereview makanan2 khas banjar dari kalimantan selatan nih, dan kebetulan makan2 jenis ini sangat populer dan disukai di wilayah pulau kalimantan yang lain.. tapi kayanya lebih rekomended kalo nyobain langsung di kota asal makanan2 ini ya.. hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mas tegar..makanan khas itu memang asiknya dinikmati di tempat aslinya biar dapet suasana yang berbeda hehe

      Hapus
  4. wah mbak erika mereview makanan2 khas banjar dari kalimantan selatan nih, dan kebetulan makan2 jenis ini sangat populer dan disukai di wilayah pulau kalimantan yang lain.. tapi kayanya lebih rekomended kalo nyobain langsung di kota asal makanan2 ini ya.. hehehee

    Semangat kak

    BalasHapus
  5. kelihatannya enak bangat. ini makanan khas daerah mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuline banjarmasin ini kakkk :)
      bisa kak dicoba kalo nanti pas lagi maen kesana..enak looo

      Hapus
  6. di daerah bengkulu ada blm ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh...mungkin kakak mau buka cabang disana ;)

      Hapus
  7. Pengen tahu dan pengen nyobain juga pundut nasi khas banjarmasin ini, semoga bisa berwisata ke banjarmasin dan bisa menikmati makanan khas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga dimudahkan maen ke banjarmasin ya kak bisa menikmati kuliner dan wisata disini ;)

      Hapus
  8. Aku baru kali ini ngeliat kuliner pundut nasi, kayanya enak banget yaa huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak..lembut banget ini rasanya..keliatannya semua pasti suka deh pundut nasi ini hehe

      Hapus
  9. Menarik bgt nama makanan sama filosofinya. Bener-bener bermacen-macem yah nama" makanan, luas hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap daerah di Indonesia pasti punya kuliner khas nya ya kak dan pasti ada filosofi dibalik nya ;)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan Ibu Ibu Doyan Nulis
Popular Posts